1. Home
  2. /
  3. Dunia Kampus
  4. /
  5. Mau Kuliah di Jakarta? Inilah 10 Universitas Terbaik...
Dunia Kampus

Mau Kuliah di Jakarta? Inilah 10 Universitas Terbaik di Jakarta

Kampus terbaik di jakarta
2303   |   Posted by Seprila Mayang   |   14 April 2023

MAUKULIAH.ID– Jakarta biasanya digambarkan sebagai kota yang bising dan ramai. Tidak hanya terdapat gedung pencakar langit yang menjulang tinggi, kota ini juga menawarkan berbagai fasilitas publik yang semakin ramah dengan masyarakat. 

Menjelang penerimaan mahasiswa baru seperti saat ini, Jakarta menjadi salah satu kota yang banyak dipilih oleh siswa. Di Jakarta, banyak berdiri universitas dengan kualitas bagus. 

Kalau kamu  tertarik untuk berkuliah di Jakarta, kamu wajib baca artikel ini sampai selesai, ya. Di sini kamu akan mendapatkan informasi 10 Universitas terbaik di Jakarta, berikut ini daftarnya.

Baca juga: 7 Universitas Swasta Terbaik, Bisa Jadi Referensimu, lho!

10 Universitas Terbaik di Jakarta

1. Universitas Indonesia 

Universitas Indonesia atau yang biasanya disingkat dengan UI menjadi kampus terbaik pertama yang berada di Jakarta. Meskipun, kampus utama UI berada di bagian utara dari Depok. UI juga memiliki kampus utama lainnya yang terletak di Salemba, Jakarta Pusat. 

Kampus ini memiliki program pendidikan mulai dari vokasi, sarjana, pascasarjana sampai doktor. Hingga saat ini, UI memiliki 14 fakultas yang menaungi 291 program studi. Gimana tertarik masuk UI? Mungkin saja, jurusan pilihanmu ada di kampus ini.

2. Universitas Bina Nusantara Universitas 

Universitas Bina Nusantara menjadi universitas terbaik di Jakarta selanjutnya. Binus memiliki kampus pusat di Kemanggisan, Palmerah, Jakarta. Kampus ini juga memiliki beberapa kampus yang terletak di pulau Jawa. 

Saat ini Binus memiliki 7 fakultas, di antaranya fakultas ekonomika dan komunikasi, fakultas teknik, fakultas teknik informatika, fakultas desain, dan lain sebagainya. Bahkan, Binus juga menawarkan kuliah online untuk program S1. 

Ingin masuk Binus tapi khawatir dengan biayanya yang amazing? Tidak perlu khawatir, Binus memiliki banyak beasiswa, salah satunya adalah beasiswa Widia.

3. Universitas Mercu Buana 

Warga Jakarta mungkin sudah familiar dengan kampus ini. Universitas Mercu Buana memiliki beberapa kampus yang lokasinya tersebar di Jakarta, di antaranya Jakarta Barat, Jakarta Pusat, dan Jakarta Selatan. 

Universitas Mercu Buana menawarkan 6 fakultas unggulan dan sekolah pascasarjana. Tidak hanya itu, kampus ini memiliki program kelas karyawan yang diperuntukan bagi kamu yang ingin bekerja dan melanjutkan pendidikan secara bersamaan.

4. Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta

UIN Syarif Hidayatullah adalah salah satu universitas Islam terbaik di Indonesia dengan akreditasi A. Meskipun Jakarta menjadi nama kampus ini, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta terletak Ciputat Timur, Tangerang Selatan. 

Jika kamu ingin masuk kampus ini, kamu bisa melalui beberapa jalur yaitu SNBP, SNBT, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, Jalur Mandiri, dan Seleksi Jalur Mandiri Prestasi dan Kerjasama.

5. Universitas Gunadarma 

Kampus selanjutnya yang terletak di Jakarta adalah Universitas Gunadarma. Kampus ini memiliki banyak kampus tersebar di beberapa daerah di antaranya, Jakarta Pusat, Bekasi, Depok dan Cimanggis.

Ada beberapa fakultas yang terdapat di kampus ini, di antaranya fakultas kedokteran, fakultas farmasi, fakultas ilmu komputer dan teknologi informasi, fakultas ilmu komunikasi, fakultas ekonomi, dan fakultas lainnya.

6. Universitas Negeri Jakarta 

Universitas Negeri Jakarta (UNJ) adalah universitas negeri yang didirikan pada tahun 1964. Kampus ini berlokasi di Pulogadung, Jakarta Timur. Kamu pasti tau kan? Kampus ini menjadi salah satu kampus yang populer di kalangan siswa Jakarta. 

Biasanya banyak orang mengira UNJ hanya kampus pendidikan. Padahal, kampus ini memiliki 8 fakultas dengan 62  prodi, baik bidang pendidikan dan nonpendidikan.

7. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya 

Kalau kamu bertanya kampus Katolik mana yang menjadi kampus terbaik di Jakarta? Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya lah jawabannya. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya telah memiliki akreditasi A dari  Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Kampus ini terletak di Setiabudi, Jakarta Selatan. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya menyediakan program pendidikan sarjana, magister, hingga doktor. Kampus ini menyediakan 8 fakultas, diantaranya Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi, Pendidikan dan Bahasa, Teknik, Hukum, dan lainnya.

8. Universitas Trisakti 

Siapa yang tidak kenal kampus ini? Sejak tahun 1998, kampus ini semakin terkenal. Universitas Trisakti adalah perguruan tinggi swasta yang didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia. Kampus ini berlokasi di Grogol, Jakarta Barat. 

Universitas Trisakti  menyediakan 9 Fakultas yaitu fakultas hukum, fakultas ekonomi dan bisnis, fakultas kedokteran, fakultas kedokteran gigi, fakultas teknik sipil dan perencanaan, fakultas teknologi industri dan fakultas lainnya.

9. Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka 

Muhammadiyah memang terkenal akan pergerakannya dalam bidang pendidikan. Salah satu perguruan tinggi Muhammadiyah yang terdapat di Jakarta adalah  Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA atau disebut dengan UHAMKA. Lebih Spesifik, kampus ini terletak di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Kini, UHAMKA memiliki 9 fakultas dan sekolah pascasarjana.  

10. Universitas Esa Unggul

Selanjutnya, Universitas Esa Unggul yang terletak di Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Kampus ini telah memiliki  10 fakultas dengan kampus yang tersebar di beberapa wilayah, di antaranya Cikupa, Bekasi, dan Gading Serpong.

Baca juga: Maba Wajib Tahu! Inilah Cara Mengisi KRS Anti Gagal

Nah, itulah 10 universitas terbaik di Jakarta dari maukuliah.id. Bukankah banyak sekali pilihannya? Padahal itu belum disebutkan semuanya, loh. Masih banyak kampus bagus dan berkualitas yang berlokasi di Jakarta. Nantikan informasi lainnya di artikel selanjutnya, ya. 

 

Ditulis oleh Shitny Dwi
Disunting oleh Seprila Mayang

Tags tidak ada

Komentar Anda