1. Home
  2. /
  3. Dunia Kampus
  4. /
  5. Masih Bingung Pilih Jurusan? Ini Dia Tes Minat...
Dunia Kampus

Masih Bingung Pilih Jurusan? Ini Dia Tes Minat Bakat untuk Menentukan Jurusan Kuliah Gratis

116   |   Posted by Shitny Maukuliah   |   03 August 2023

MAUKULIAH.ID – Tes minat dan bakat adalah tes untuk mengidentifikasi minat dan bakat seseorang pada bidang tertentu. Banyak cara untuk mendapatkan hasil tes minat dan bakat, namun biasanya tes ini menggunakan serangkaian pertanyaan yang harus dijawab oleh responden. 

Kalau Sobat Miku sudah pernah belum mencoba isi tes minat dan bakat? Nah kalau belum pernah, wajib banget simak artikel ini. Nanti Miku akan kasih tahu bagaimana caranya tes minat bakat untuk jurusan kuliah yang gratis.

Baca juga : Bingung Pilih Jurusan Kuliah Lulusan IPA? Tips ini akan Membantumu!

Kenapa Tes Minat dan Bakat Penting?

Tes minat dan bakat sangat penting agar kamu mengenali potensi diri yang dapat dikembangkan. Bayangin ya, kalau kita nggak tahu apa minat dan bakat pada diri kita, setiap keputusan yang diambil bisa saja dipenuhi keraguan.

Sehingga, tes minat dan bakat ini sangat penting terutama untuk menentukan jurusan. Kenapa? Karena jurusan yang akan kamu ambil nanti akan mempengaruhi karier kedepannya. Sudah banyak loh kasusnya kakak tingkat kita yang merasa salah jurusan di pertengahan semester.

Nah, tes minat bakat ini dapat menjadi peta untuk memilih jurusan. Yaps, hanya peta karena yang menentukan jurusan kembali kepada individu masing-masing.

Baca juga : 5 Tips Jitu Jika Galau Pilih Jurusan? Simak Yuk! 

Tes Minat Bakat Jurusan Kuliah Gratis

Ada loh tes minat bakat jurusan kuliah yang gratis. Kamu bisa mengunjungi https://maukuliah.id/riasec-home, lalu isi pertanyaannya. Setelah itu, hasilnya akan keluar. Ingat ya! dalam mengisi jawaban ini tidak ada benar atau salah, sehingga isilah sesuai kepribadianmu. Semakin kamu jujur dengan jawabanmu, semakin sesuai hasilnya dengan kepribadian.

Berikut adalah hasil tipe kepribadian setelah kamu mengisi tes minat dan bakat.

Hasil kepribadian tersebut sesuai dengan RIASEC atau enam jenis kepribadian yang dikembangkan oleh psikolog John L. Holland. Mari kita lebih mengenal 6 Jenis Kepribadian RIASEC.

6 Jenis Kepribadian RIASEC

1. Realistic 

Apakah kamu menyukai aktivitas yang berkaitan dengan keterampilan fisik dan teknis? Bisa jadi kamu adalah orang dengan jenis kepribadian realistic. Orang dengan jenis kepribadian ini sangat menyukai pemecahan masalah, mengatur orang dan bekerja menggunakan alat, loh. 

2. Investigative 

Bekerja dengan melibatkan data merupakan hal yang disukai jenis kepribadian  Investigative. Apalagi jika mereka diberikan kesempatan untuk mengeksplorasi dan memecahkan masalah. Namun, berbeda dengan realistic, mereka tidak suka mengatur orang.

3. Artistic 

Kalau kamu punya imajinasi dan kreativitas yang tinggi, bisa jadi kamu memiliki kepribadian artistic. Kepribadian jenis ini sangat menyukai sesuatu yang berkaitan dengan seni. Tidak heran jika mereka bekerja dibidang yang berkaitan dengan musik, visual ataupun desain..

4. Social 

Sudah sangat jelas ya, kalau orang dengan kepribadian social memiliki kepedulian yang lebih terhadap sesama. Kepribadian jenis ini sangat suka menolong dan membantu orang lain. Sehingga, pekerjaan yang cocok yaitu mendidik dan memberikan pelayanan sosial atau kesehatan. 

5. Enterprising 

Orang dengan jenis kepribadian ini adalah seseorang yang suka mengambil resiko dalam pekerjaannya. Mereka cenderung bekerja melibatkan keterampilan negosiasi dan menyukai aktivitas bisnis. 

6. Conventional 

Orang dengan jenis kepribadian ini sangat menyukai sesuatu hal yang terstruktur. Biasanya mereka akan berkecimpung di bagian yang berkaitan dengan pengelolaan data di kantor.

Baca juga: Tips Memilih Jurusan di Kampus Sesuai Bakat, Apa Saja sih?

Nah, semakin paham kan tentang tes minat dan bakat. Jadi kamu jenis kepribadian yang mana? Daripada menduga-duga, mending langsung aja deh tes minat dan bakat di https://maukuliah.id/riasec-home

 

Tags tidak ada

Komentar Anda