1. Home
  2. /
  3. Info Beasiswa
  4. /
  5. Apa Itu KIP Kuliah 2024: Pengertian, Kriteria Penerima,...
Info Beasiswa

Apa Itu KIP Kuliah 2024: Pengertian, Kriteria Penerima, dan Cara Daftar

KIP Kuliah maukuliah
2   |   Posted by Siti Haliza   |   26 January 2024

MAUKULIAH.ID – Program Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP) adalah program bantuan yang diusung pemerintah guna membantu calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan namun memiliki keterbatasan ekonomi. Perlu diketahui bahwa sebelum dikenal sebagai Kuliah, beasiswa ini dulu dikenal sebagai Beasiswa Bidikmisi. 

Sebelum dinamakan dengan KIP, program ini dulu dinamakan dengan Beasiswa Bidikmisi, namun secara keseluruh benefitnya sama kok. Bagi Sobat Miku yang tertarik mendaftar program ini, yuk simak penjelasan apa itu KIP, kriteria penerima, dan bagaimana cara mendaftarnya. 

Apa itu KIP Kuliah?

Kartu Indonesia Pintar atau KIP adalah program bantuan sosial yang dikelola langsung oleh Pemerintah Indonesia melalui Kemendikbudristek. Tujuan dari program KIP adalah memberikan dukungan pendidikan kepada individu yang berasal dari keluarga dengan keterbatasan ekonomi, khususnya pada tingkat pendidikan dasar,menengah, hingga perguruan tinggi.

Melalui implementasi program ini, pemerintah berharap agar mereka yang ingin mengejar pendidikan dari keluarga kurang mampu dapat melanjutkan studi tanpa mengalami hambatan finansial. Peserta yang terdaftar dalam program ini akan diberikan kartu atau nomor identifikasi untuk menerima bantuan finansial guna mendukung biaya pendidikan dan kehidupan sehari-hari.

Kriteria Penerima Program KIP

Bagi Sobat Miku yang tertarik dengan program ini, berikut adalah kriteria penerima program KIP Kuliah 2024:

  1. Penerima KIP kuliah adalah lulusan sekolah menengah yang lulus pada tahun berjalan atau maksimal lulus 2 tahun sebelumnya. 
  2. Telah lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru dan diterima di PTN atau PTS yang telah terakreditasi secara resmi pada sistem akreditasi nasional perguruan tinggi.
  3. Memiliki potensi akademik baik namun memiliki kendala keterbatasan ekonomi yang dibuktikan dengan dokumen sah.

Kriteria Ekonomi Penerima Program KIP

Program KIP adalah beasiswa yang ditujukan untuk calon mahasiswa dengan latar belakang ekonomi tertentu. Berikut adalah kriteria ekonomi penerima program KIP Kuliah 2024:

  1. Mahasiswa pemegang KIP Pendidikan Menengah
  2. Tercatat dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)
  3. Masuk ke dalam kelompok masyarakat miskin/rentan miskin maksimal desil 3 Data Pemasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE).
  4. Mahasiswa dari panti sosial/panti asuhan
  5. Jika penerima tidak memenuhi 4 kriteria diatas, tetap diperbolehkan mendaftar dengan syarat:
  6. Bukti pendapatan kotor gabungan maksimal Rp4.000.000/bulan
  7. Bukti keluarga miskin dalam bentuk Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM)

Baca juga: 10 Kampus Terbaik di Jakarta 2024 Versi Edurank

Besaran Biaya KIP Kuliah

Kalau Sobat Miku, Bantuan dana dari KIP ini dibagi berdasarkan akreditasi program studi yang dituju, maka perhitungannya seperti berikut ini:

  • Prodi Akreditasi A: maksimal Rp 12 juta
  • Prodi Akreditasi B: maksimal Rp 4 juta
  • Prodi Akreditasi C: maksimal Rp 2,4 juta

Untuk biaya hidup, program ini terbagi atas beberapa kluster yang disesuaikan dengan kota yang menjadi tempat kuliah Sobat Miku. Berikut pembagiannya:

Kluster 1 : Rp800.000

Kluster 2 : Rp950.000

Kluster 3 : Rp1.100.000

Kluster 4 :  Rp1.250.000

Kluster 5 : Rp1.400.000

Jadwal Pendaftaran Program KIP 2024

Bagi Sobat Miku yang ingin mendaftar kuliah dengan program KIP, program ini dibuka dengan penyesuaian periode seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Yuk dicatat jadwal pendaftaran KIP kuliah 2024.

  • Pendaftaran akun siswa KIP-Kuliah: Februari hingga Desember
  • Pendaftaran KIP Kuliah untuk Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP): Februari
  • Pendaftaran KIP Kuliah untuk UTBK-SNBT: Maret hingga April
  • Pendaftaran KIP Kuliah untuk Seleksi Mandiri PTN: Juni hingga November
  • Pendaftaran KIP Kuliah untuk Seleksi Mandiri PTS: Juni hingga Desember

Cara Pendaftaran Program KIP 2024

  1. Buka Sistem KIP Kuliah di situs web atau gunakan aplikasi mobile KIP Kuliah.
  2. Klik pada opsi “Login Siswa” dan isi data seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), serta alamat email yang aktif.
  3. Dapatkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses melalui email yang kamu daftarkan sebelumnya.
  4. Lanjutkan proses pendaftaran melalui portal atau sistem informasi seleksi nasional sesuai dengan jalur yang kamu pilih (SNBP, SNBT, Mandiri, dll.).
  5. Setelah diterima di perguruan tinggi, pastikan untuk melakukan verifikasi di kampus sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.

Baca juga: 10 Universitas Terbaik Surabaya 2024 Versi UniRank

Nah itu tadi penjelasan mengenai apa itu program KIP 2024, kriteria, besaran biaya, dan cara daftarnya. Persiapkan berkas kamu dari sekarang ya Sobat Miku. Oh ya, bagi kamu yang ingin mencari beasiswa dan informasi seputar kampus jangan lupa cek artikel Miku lainnya di maukuliah.id.

Tags tidak ada

Komentar Anda