1. Home
  2. /
  3. Info Kampus
  4. /
  5. 10 Universitas Terbaik Surabaya 2024 Versi UniRank
Info Kampus

10 Universitas Terbaik Surabaya 2024 Versi UniRank

Universitas Airlangga
2   |   Posted by Siti Haliza   |   26 January 2024

MAUKULIAH.ID – Surabaya merupakan salah kota terbesar kedua yang memiliki berbagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) berkualitas. Seiring berjalannya waktu, kota ini menjadi kota impian calon mahasiswa untuk melanjutkan studi. Tak hanya punya deretan kampus yang berkualitas, namun kota ini juga menyimpan keindahan wisata , budaya, dan kuliner. 

Bagi Sobat Miku yang melirik Surabaya sebagai kota tujuan pendidikan, berikut adalah 10 rekomendasi universitas terbaik di Surabaya 2024 versi UniRank, yuk dicek!

10 Universitas Terbaik 2024 Versi UniRank

1. Universitas Airlangga (UNAIR)

Posisi pertama universitas terbaik di Surabaya dipegang oleh Universitas Airlangga (UNAIR) dan terbaik kelima di Indonesia. Kampus ini memiliki 7 Fakultas dan 10 program studi yang dapat menjadi Sobat Miku pilih. 

Peringkat nasional: 3

2. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Next, di posisi kedua dipegang Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Kampus ini fokus pada pengembangan ilmu di bidang sains dan teknologi dengan menawarkan 39 jurusan dan 7 fakultas. Bagi Sobat Miku yang tertarik berkarir di bidang teknologi, kampus ini adalah pilihan yang tepat. 

Peringkat nasional: 14

Baca juga: 10 Kampus Terbaik di Jakarta 2024 Versi Edurank

3. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA)

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) merupakan kampus yang menawarkan pendidikan berbasis penguatan ilmu pengetahuan yang selaras dengan konsep Islam. Kampus unggulan sudah terakreditasi dengan sertifikat unggulan dari BAN-PT. Oh ya, for your information (FYI), bagi Sobat Miku yang tertarik ke kampus ini, ketika satu tahun pertama jadi mahasiswa diwajibkan untuk tinggal di asrama. 

Peringkat nasional: 27

4. Universitas Kristen Petra (UK)

Universitas Kristen Petra merupakan kampus tua yang telah didirikan pada tahun 1951 dan berhasil menempati urutan keempat di Surabaya dan ke-44 secara nasional. Dengan 7 fakultas dan 15 program studi, UK memainkan peran penting dalam pendidikan berbasis rohani di Surabaya.

Peringkat nasional: 43

5. Universitas Surabaya (UBAYA)

Universitas Surabaya (UBAYA) adalah kampus swasta yang telah terakreditasi A. Kampus ini terkenal unggul pengembangan ilmu dan alumni-alumni yang berhasil di berbagai bidang. Saat ini UBAYA telah memiliki 7 fakultas dan 20 program studi.

Peringkat nasional: 65

6. Universitas Negeri Surabaya (UNESA)

Universitas Negeri Surabaya (UNESA) merupakan kampus unggulan dengan motto “Growing with Character,” untuk melahirkan generasi pendidik atau pengajar yang berkualitas. Mostly, kampus ini menawarkan program studi pendidikan yang tersebar di berbagai prodi. 

Peringkat nasional: 71

7. Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur

UPN Veteran Jawa Timur, di posisi kedelapan, berhasil meraih peringkat ke-81 tingkat nasional. Dengan 7 fakultas dan 21 program studi, UPN Veteran Jawa Timur fokus pada pengembangan sumber daya manusia.

Peringkat nasional: 76

8. Universitas Ciputra Surabaya (UC)

Didirikan pada tahun 2006, UC Surabaya menempati peringkat kesembilan di Surabaya dan ke-109 tingkat nasional. Fokus pada kewirausahaan, UC telah mencetak lulusan yang siap berkontribusi dalam dunia bisnis.

Peringkat nasional: 101

9. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (UNTAG)

UNTAG, didirikan pada tahun 1958, menempati urutan ketujuh di Surabaya dan ke-77 secara nasional. Dengan jenjang pendidikan dari D3 hingga S3, UNTAG berkontribusi dalam membentuk generasi unggul.

Peringkat nasional: 135

10. Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS)

And the last, ada Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS). Pengembangan kurikulum yang berkualitas dan relevan dengan kebutuhan industri telah membuat kampus ini melahirkan berbagai alumni yang ahli dibidangnya khususnya di bidang teknologi pangan dan engineering

Peringkat nasional: 137

Baca juga:  Apa itu Tes Potensi Skolastik? Pengertian, Materi dan Contoh Soal

Nah, itulah daftar 10 universitas terbaik di Surabaya untuk tahun 2024 versi UniRank dan Kemendikbud. Pilihlah universitas yang sesuai dengan minat dan passion kalian, Sobat Miku! Selamat menjalani perjalanan pendidikan tinggi yang penuh prestasi!

Tags tidak ada

Komentar Anda