1. Home
  2. /
  3. Info Kampus
  4. /
  5. Mengenal Apa Itu Ospek, Maba Wajib Tau
Info Kampus

Mengenal Apa Itu Ospek, Maba Wajib Tau

30   |   Posted by Siti Haliza   |   10 November 2023

MAUKULIAH.ID – Bagi Sobat Miku yang berada di kelas 12 atau akan segera memasuki kuliah, mungkin beberapa kali mendengar istilah ospek. Apa itu ospek? Harus ngapain aja sih ospek itu?

Yakin deh pasti banyak yang bertanya-tanya tentang apa itu ospek? Kali ini Miku mau ajak kamu nih untuk memahami apa itu ospek, seperti apa kegiatannya, dan manfaatnya untuk mahasiswa. Yuk check this out!

Mengenal Ospek

Ospek merupakan singkatan dari Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus. Kegiatan ospek bertujuan untuk memperkenalkan budaya dan kehidupan mahasiswa ketika berada di kampus. 

Kali ini Miku mau ajak kamu nih sedikit mengenal sejarah ospek. Tahukah Sobat Miku bahwa sebenarnya ospek dulunya adalah warisan kolonial Belanda? Ospek sudah ada sekitar tahun 1927-an di sebuah perguruan tinggi bernama STOVIA. Jadi pada saat itu arti ospek ini lebih mengarah ke perpeloncoan di mana status senior ini lebih tinggi dibanding dengan mahasiswa baru. 

Sistem perpeloncoan ini berlanjut hingga 1942 di Institusi Pendidikan Tinggi GHS. Nah pada saat itu sistem Ospek mulai berubah dan diterapkan dengan lebih formal. Seiring berjalannya waktu, ospek berkembang dan mulai dimodifikasi seperti diwajibkan membawa barang-barang aneh dan sulit ditemukan.

Maka dari sini bermula banyak yang mengecam ospek dan mengubah sistem ospek. Penggunaan atribut dihapuskan dan saat ini pengertian Ospek mengubah tujuannya menjadi pengenalan kampus yang diawasi langsung oleh pemerintah dan pihak kampus. Lalu, apa saja kegiatan ospek saat ini?

Kegiatan Ospek

1. Pembekalan Materi untuk Mahasiswa Baru

Kegiatan ospek sudah pasti diisi dengan pembekalan materi untuk mahasiswa baru. Biasanya ada berbagai pembicara yang akan memberikan materi seperti dosen dan praktisi. Kegiatan ini, Sobat Miku diarahkan untuk mengenal kampus dan gambaran masa depan selama berkuliah. 

2. Mengenal Kehidupan Kampus

Selain diberi pembekalan materi dari berbagai pembicara, Sobat Miku akan dikenalkan pada kehidupan kampus seperti fasilitas kampus. Kamu akan mengetahui kegiatan yang bisa diikuti, peraturan kampus, sistem kampus seperti apa,  dan berbagai hal penting lainnya. Sobat Miku jangan lupa mencatat ya pada sesi pengenalan kampus agar nanti selama kuliah jadi tidak bingung. 

3. Memperkenalkan UKM dan Organisasi

Selain belajar, Sobat Miku dapat menjalani kegiatan dengan mengikuti UKM dan organisasi. Dengan mengikuti kegiatan ini Sobat Miku dapat mengasah skill, menjalin relasi, dan memiliki pengalaman. 

4. Ospek Fakultas dan Jurusan

Setelah mengikuti ospek kampus, biasanya akan ada ospek fakultas dan jurusan. Kegiatan ospek fakultas dan jurusan ini berlangsung cukup lama yakni satu semester. Ospek jenis ini wajib diikuti karena menjadi syarat untuk ikut UKM, Organisasi, dan persyaratan skripsi. Sobat Miku dapat cek informasi terkait ospek ini melalui media sosial jurusan dan fakultas ya. 

Manfaat Ospek

Bagi Sobat Miku yang bertanya-tanya sebenarnya manfaat ospek itu apa sih? Ternyata ada banyak manfaat loh mengikuti kegiatan ospek. Berikut adalah manfaat ospek. 

1. Memahami Sistem Perkuliahan

Sistem perkuliahan dan sistem pendidikan di SMA/SMK itu berbeda loh. Melalui ospek kamu diharapkan dapat memahami sistem perkuliahan kampus

2. Memiliki Relasi atau Teman Baru

Biasanya di ospek kamu akan dikelompokkan menjadi beberapa bagian dan mendapatkan tugas. Jadi melalui kegiatan ospek kamu akan mendapatkan relasi dan teman baru. 

3. Menambah Pengalaman

Kegiatan ospek yang diselenggarakan kampus memiliki ragam manfaat dan keseruan. Kamu akan mendapatkan berbagai pengalaman melalui pengalaman ospek ini. 

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Disiapkan buat Ospek Online, Mahasiswa Baru 2020 Wajib Tahu!

Acara ospek di perguruan tinggi Indonesia

OKK UI (sumber: Fakultas Teknik UI)

Uniknya penyebutan ospek di berbagai universitas di Indonesia ini berbeda-beda. Penasaran? Simak penjelasan di bawah ini.

  • Universitas Brawijaya (UB)= Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB)
  • Universitas Indonesia (UI)= Ospek Orientasi Kegiatan Kampus (OKK)
    Institute Teknologi Bandung = Orientasi Studi Keluarga Mahasiswa ITB (OSKM)
    Institute Pertanian Bogor= Masa Pengenalan Kampus Mahasiswa Baru (MBKM)
  • Universitas Padjadjaran (UNPAD)= penerimaan Raya Mahasiswa Baru Universitas Padjadjaran (Prabu Unpad)
  • Universitas Gadjah Mada (UGM)= Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru (PPSMB)
  • Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)= Masa Orientasi Kampus dan Kuliah Umum (MOKA-KU)

Nah itu tadi penjelasan mengenai ospek dan manfaatnya bagi mahasiswa baru. Semoga dapat menjadi panduan kamu untuk mempersiapkan ospek menjelang perkuliahan nanti ya. Buat Sobat Miku yang ingin mencari informasi terkait perguruan tinggi dan jurusan dapat mengunjungi lama maukuliah.id ya!

Tags mabaospek

Komentar Anda