1. Home
  2. /
  3. Info Kampus
  4. /
  5. Ini Perbedaan D3, D4, S1, Yuk Cari Tahu!
Info Kampus

Ini Perbedaan D3, D4, S1, Yuk Cari Tahu!

15   |   Posted by Siti Haliza   |   11 January 2024

MAUKULIAH.ID- Ketika masuk di perguruan tinggi, pasti kamu bakalan tidak asing dengan istilah D-3, D-4, dan S-1. Di mana ketiga jenjang tersebut ada di setiap perguruan tinggi. Hm, sebenarnya apa sih perbedaan dari ketiganya?  Bukanya sama saja ya?

Ternyata nih guys, ketiga jenjang tersebut memiliki perbedaan, lho. Nah, biar kamu paham dengan perbedaan ketiganya, yuk sini ikut Miku membahas tuntas melalui tulisan di bawah ini. Check it out!

Apa itu Program D3?

Diploma 3 atau D3 adalah level pendidikan yang memiliki durasi cukup singkat sekitar  3 tahun atau 6 semester. Melalui program ini, Sobat Miku berkewajiban untuk menyelesaikan 112 Satuan Kredit Semester (SKS) sebagai syarat kelulusan. 

Untuk tugas semester akhirnya, mirip kayak jenjang Diploma lainnya seperti tugas praktik lapangan kerja seperti magang atau membuat laporan karya ilmiah. Selama kuliah di sini, Sobat Miku bakalan lebih banyak praktikum dibandingkan mempelajari teori.

Jadi fokus jenjang Diploma ini lebih membentuk skill dan mempersiapkan kamu ketika kuliah untuk terjun langsung ke dunia industri. Nantinya setelah lulus kamu akan menjadapatkan gelas A.Md atau Ahli Madya. 

Baca juga: SNBT 2024: Jadwal Pendaftaran, Tahap Registrasi dan Syarat

Apa itu Program D4?

Sobat Miku mungkin bertanya-tanya setelah penjelasan mengena D3, lalu apa bedanya dengan D4?  

Meskipun namanya sama-sama Diploma, D4 (Diploma 4) ini sering dianggap mirip dengan program sarjana. Padahal, meski memiliki gelar yang sama, D4 sebenarnya berbeda dengan sarjana, hanya saja kedua program tersebut punya nama gelar yang serupa. Gelar yang diperoleh dari D4 adalah S.tr atau Sarjana Terapan.

Waktu kuliah di D4 berlangsung selama 4 tahun atau 8 semester atau sekitar 144 SKS, sama seperti program S1. Untuk tugas akhir program D4, hampir mirip dengan D3 yakni menyelesaikan laporan atau tugas.

Apa itu Program Sarjana (S1)

Program sarjana adalah jenjang pendidikan tinggi yang fokus pada pemahaman konseptual dan teoritis. Dari definisinya aja, Sobat Miku tentu dapat menyimpulkan bahwa program sarjana lebih menekankan aspek teori dibandingkan praktek.  

Sarjana merupakan pilihan yang sesuai bagi Sobat Miku  yang memiliki minat kuat dalam bidang ilmu sains, sosial, dan humaniora. Jadi secara pembelajaran di jenjang sarjana ini, Sobat Miku akan lebih banyak mempelajari konsep secara rinci. 

Kalau Sobat Miku memilih program studi ini, maka kamu akan menempuh beban stdu 144 SKS dengan durasi 4 tahun. Berbeda dengan program D-3/D4 yang memiliki tugas akhir praktikum, di jenjang sarjana tugas akhirnya adalah skripsi ataupun implementasi project tertentu sesuai dengan aturan kampus. 

Perbedaan Program D3, D4, dan S1

Untuk memudahkan Sobat Miku membanding, berikut perbedaannya: 

 

Kriteria Perbandingan Diploma 3 (D3) Diploma 4 (D4) Sarjana (S1)
Nama Gelar A.Md (Ahli Madya) S.tr (Sarjana Terapan) S. (sesuai jurusan) contoh S.Sos (sarjana jurusan sosiologi)
Durasi Kuliah 3tahun/6 semester 4 tahun/8 semester 4 tahun/8 semester
Total SKS 112 SKS 114 SKS 144 SKS
Fokus Pembelajaran Lebih banyak praktik daripada teori

(40% teori, 60% praktik)

Lebih mempelajari ilmu-ilmu praktik atau terapan

(40% teori, 60% praktik)

Lebih theory based dibandingkan praktik (60% teori, 40% praktik)
Tugas Akhir Kerja praktik dan laporan karya ilmiah Kerja praktik dan laporan karya ilmiah
  • Skripsi
  • Implementasi project tertentu

Baca juga: 5 Kampus Swasta yang Telah Membuka Pendaftaran 2024/2025

Jadi, D3 dan D4 itu sangat berbeda ya Sobat Miku, jangan sampai salah memilih program studi ya! Buat Sobat Miku yang sedang mencari informasi lainnya terkait jurusan kuliah dan informasi kampus jangan lupa cek artikel lainnya di maukuliah.id ya!

 

Sumber: Pixabay

Tags tidak ada

Komentar Anda