1. Home
  2. /
  3. Info Kampus
  4. /
  5. 10 Universitas Swasta terbaik 2024 di Indonesia
Info Kampus

10 Universitas Swasta terbaik 2024 di Indonesia

8   |   Posted by Siti Haliza   |   11 January 2024

MAUKULIAH.ID – Sobat Miku ingin melanjutkan kuliah di perguruan tinggi swasta? Wah pas banget nih, kali ini Miku mau share informasi terbaru peringkat universitas swasta terbaik berdasarkan Quacquarelli Symonds Asia University Ranking (QS AUR) 2024 yang dapat kamu pertimbangkan dalam memilih kampus.

Kepo ya? Apa saja list PTS terbaik 2024 ini? Berikut informasinya. 

10 Universitas Swasta Terbaik 2024

1. Universitas Bina Nusantara (Binus)

Posisi kampus swasta ditempati oleh Universitas Bina Nusantara (BINUS). Kampus ini memang terkenal sebagai kampus swasta yang fokus pada pengembangan skill di bidang teknologi dan seni, gak heran alumni-alumni lulusan BINUS sangat berkualitas. 

Saat ini Binus punya 8 kampus yang tersebar di Indonesia dengan 7 fakultas, 4 program diploma, 51 program sarjana, 6 program magister, dan 2 program doktoral. Sobat Miku tertarik di PTS terbaik ini? 

Baca juga: 4 Jurusan yang Berhubungan dengan Kesehatan Mental

2. Telkom University (Tel-U)

Telkom University atau Tel-U menyusul BINUS pada peringkat kedua. Perlu Sobat Miku ketahui hampir semua program studi terakreditasi unggul baik dari BAN-PT maupun tingkat internasional. Saat ini Tel-U sedang fokus untuk mengembangkan prestasi di kancah internasional dan telah memiliki 35.000 mahasiswa. 

3. Universitas Katolik Atma Jaya (UAJ)

Universitas Katolik Atma Jaya (UAJ) adalah sebuah institusi pendidikan tinggi swasta yang berlokasi di Jakarta. Didirikan pada tahun 1960, UAJ memiliki fokus pada pendidikan Katolik dengan nilai-nilai keadilan sosial dan pelayanan. Kampus ini menyelenggarakan berbagai program studi di tingkat sarjana dan pascasarjana, menciptakan lingkungan belajar yang beragam dan berbasis nilai keagamaan. 

4. Universitas Islam Indonesia (UII)

PTS keempat ditempati oleh Universitas Islam Indonesia (UII) yang merupakan universitas swasta yang berbasis di Yogyakarta. Didirikan pada tahun 1945, UII memiliki akar Islam yang kuat dan mengusung semangat integrasi antara ilmu pengetahuan modern dan nilai-nilai Islam. Kampus ini menawarkan berbagai program studi dari tingkat sarjana hingga doktoral, dengan fokus pada pengembangan akademis, keterampilan, dan karakter Islami. 

5. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) adalah institusi pendidikan tinggi swasta yang terletak di Yogyakarta, Indonesia. Didirikan pada tahun 1981, UMY memiliki akar Muhammadiyah yang kuat dan mengusung nilai-nilai Islam dalam penyelenggaraan pendidikannya. 

6. Universitas Kristen Petra

Universitas Kristen Petra (UK Petra) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang berlokasi di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Didirikan pada tahun 1961, UK Petra memiliki landasan kekristenan dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi. Kampus ini menawarkan berbagai program studi di tingkat sarjana dan pascasarjana.

7. Universitas Pelita Harapan

Universitas Pelita Harapan (UPH) hadir sebagai peringkat universitas swasta  terbaik di Indonesia. UPH menekankan pembentukan pengetahuan dasar yang sejati dengan pendorong iman dalam Kristus dan pengembangan karakter ilahi. Ketika Sobat Miku belajar di sini,  kamu tidak hanya dipersiapkan di dunia profesional, tetapi juga untuk menjadi manusia yang penuh kesalehan.

8. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

Universitas Muhammadiyah Malang dikenal sebagai lembaga yang memiliki fokus pada pengembangan akademis. Kampus ini aktif dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan wilayah sekitarnya. Dengan komitmen pada nilai-nilai Islam dan pendidikan yang berkualitas, UMM menjadi pilihan bagi banyak calon mahasiswa yang mencari lingkungan akademis yang mendukung.

9. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)

Diperingkat selanjut ada Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) yang 

yang menyediakan 12 Fakultas dengan berbagai program studi untuk jenjang sarjana. Kampus UMS ini terkenal dengan kontribusi di berbagai penelitiannya loh Sobat Miku, gimana tertarik kuliah di sini?

10.Universitas Tarumanegara

Terakhir ada Universitas Tarumanegara (UNTAR) yakni lembaga pendidikan tinggi swasta yang terletak di Jakarta, Indonesia. Berdiri pada tahun 1959, UNTAR menjadi salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia dengan reputasi yang kuat. Kampus ini menawarkan berbagai program studi di tingkat sarjana, pascasarjana, dan doktoral, mencakup berbagai bidang ilmu.

Baca juga: 5 Kampus Swasta yang Telah Membuka Pendaftaran 2024/2025

Itu tadi daftar 10 universitas swasta terbaik yang ada di Indonesia. Gimana nih Sobat Miku, apakah kampus incaranmu masuk ke dalam daftar terbaik? Oh ya, bagi kamu yang masih galau untuk memilih jurusan dan kampus, jangan lupa cek artikel Miku lainnya di maukuliah.id ya! 

Tags tidak ada

Komentar Anda