1. Home
  2. /
  3. Info Jurusan
  4. /
  5. 4 Jurusan yang Berhubungan dengan Kesehatan Mental
Info Jurusan

4 Jurusan yang Berhubungan dengan Kesehatan Mental

193   |   Posted by Siti Haliza   |   09 January 2024

MAUKULIAH.ID – Akhir-akhir ini, bahasan seputar kesehatan mental sedang populer di berbagai kalangan. Hm, pernah gak sih kamu berpikir bagaimana cara menanggulangi kesehatan mental saat ini?

Bagi Sobat Miku yang tertarik dan serius dengan isu ini, Miku mau memberikan rekomendasi jurusan yang berhubungan dengan kesehatan mental. Hm.. yuk kepoin ada jurusan apa aja!

Jurusan Kuliah yang Berhubungan dengan Kesehatan Mental

1. Psikologi

Rekomendasi pertama yang berhubungan langsung dengan kesehatan mental adalah jurusan psikologi. Melalui jurusan ini kamu memiliki kesempatan untuk memahami perilaku dan pola pikir manusia. Mulai dari proses kognitif hingga evolusi psikologi, kamu juga akan mempelajari cara pengumpulan dan analisis data.

Prospek karir dari jurusan psikologi ini membuka kesempatan untuk kamu menjadi psikolog membantu pemulihan kesehatan mental seseorang. Gimana nih, tertarik di jurusan ini? 

Baca juga: SNBT 2024: Jadwal Pendaftaran, Tahap Registrasi dan Syarat

2. Kedokteran

Jurusan kedokteran dapat membawa Sobat Miku menjadi seorang psikiater. Ketika selesai sarjana kedokteran dengan gelar S.Ked, langkah selanjutnya kamu kamu dapat mengambil program spesialis Kejiwaan dengan gelar dr. SpKJ. Pada bidang ini kamu dapat mengambil program secara spesifik pada spesialisasi dalam bidang psikiatri melalui residensi yang biasanya berlangsung beberapa tahun. 

Melalui proses tersebut, Sobat Miku akan mendapatkan pelatihan klinis yang mendalam sebelum mengikuti ujian sertifikasi untuk memperoleh gelar resmi sebagai seorang psikiater. Selalu perbaharui informasi mengenai perubahan terbaru dalam persyaratan pendidikan spesialisasi psikiatri, karena hal ini dapat bervariasi dari satu institusi ke institusi lainnya.

3. Keperawatan

Jurusan keperawatan merupakan salah satu jurusan yang berhubungan langsung dengan pasien di luar jurusan kedokteran. Melalui jurusan ini, sebagai mahasiswa Sobat Miku dituntut untuk dapat merawat pasien dengan baik mulai dari perawatan kesehatan mental, fisik, dan pemahaman terhadap berbagai kondisi. 

Lulusan jurusan keperawatan memiliki prospek tinggi untuk menjadi perawat di berbagai rumah sakit dan rumah sakit jiwa. Kamu yang memiliki jiwa dan dedikasi tinggi dalam ranah sosial, dapat membantu mengurus orang-orang yang memiliki gangguan mental. 

4. Jurusan Bimbingan Konseling

Jurusan Bimbingan dan Konseling adalah salah satu bidang studi di perguruan tinggi yang fokus pada pembelajaran tentang teori-teori psikologi, teknik-teknik konseling, dan metodologi untuk membantu individu dalam mengatasi masalah pribadi, sosial, akademik, dan emosional. Kalau Sobat tahu nih, guru BK di sekolah biasanya mengambil jurusan ini ketika kuliah.

Lulusan jurusan bimbingan konseling berkontribusi membantu tahap konselin seperti mendengarkan, menyelesaikan problematika, hingga memberi saran. Gimana nih, tertarik mengambil jurusan yang erat kaitannya dengan kesehatan mental ini? 

Baca juga: SNBT 2024: Jadwal Pendaftaran, Tahap Registrasi dan Syarat

Nah itu tadi beberapa rekomendasi jurusan kuliah yang berhubungan dengan kesehatan mental yang dapat Sobat Miku pertimbangkan. Kalau kamu masih galau ingin memilih kampus dan jurusan terbaik, kamu bisa banget loh cek artikel Miku lainnya di maukuliah.id.

Sumber: Pixabay

Tags tidak ada

Komentar Anda