1. Home
  2. /
  3. Info Pendaftaran
  4. /
  5. SNBP 2024: Jadwal, Aturan, & Proses Seleksi 
Info Pendaftaran

SNBP 2024: Jadwal, Aturan, & Proses Seleksi 

308   |   Posted by Siti Haliza   |   04 January 2024

MAUKULIAH.ID –  Hola Sobat Miku! Udah siap belum dengan seleksi mahasiswa baru di tahun 2024? Ada kabar terbaru nih dari Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024. 

Dirjen Dikti Ristek kini telah mengeluarkan jadwal dan aturan SNBP 2024 terbaru yang wajib banget kamu ketahui. Yuk kita bahas bersama terkait jadwal, aturan, hingga proses seleksinya. So, sobat Miku biar lebih siap ikut SNBP tahun ini. Penasaran? Berikut pembahasannya. 

Sekilas Mengenai SNBP 2024

Sebelum membahas mengenai proses seleksi SNBP 2024, Miku mau ajak kamu dulu mengenal apa itu SNBP. Jadi, SNBP itu singkatan dari Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi. Seleksi melalui SNBP ini merupakan salah satu dari tiga metode untuk masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN). 

Proses seleksi ini diatur sepenuhnya oleh SNPMB (Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru). Di tahun ini, ada 76 PTN Akademik, 45 PTN Vokasi, hingga PTKIN (Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) dapat Sobat Miku pilih ketika SNBP. Melalui jalur ini, Sobat Miku dapat memilih program S-1, D-4, atau D-3 di berbagai PTN/PTKIN yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Seleksi SNBP 2024 di Sekolah

Sesuai dengan namanya Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi, maka proses SNBP ini sangat mempertimbangan prestasi Sobat Miku selama di sekolah menengah. Penilaian terkait prestasi akademik dan non akademik ini penting banget loh. 

Prestasi akademik Sobat Miku akan diukur dari nilai rapor dari semester satu sampai lima (atau tujuh untuk siswa SMK yang belajarnya empat tahun). Jika memenuhi maka akan masuk ke siswa eligible untuk mengikuti SNBP.  

Nah, berikut adalah syarat eligible mengikuti SNBP: 

  • Memiliki prestasi yang unggul
  • Warga Negara Indonesia (WNI) 
  • Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) 
  • Terdaftar di Pangkalan Data Sekolah Nasional (PDSS).
  • Nilai rapor sudah tercatat di PDSS.
  • Khusus Sobat Miku yang ingin mendaftar di jurusan yang berhubungan seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio.
  • Sehat atau kondisi kesehatan yang tidak menghambat proses belajar.
  • Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh PTN yang dituju.

Semua siswa yang eligible SNBP juga akan diseleksi lagi dengan metode pemeringkatan. Nilai dari semua mata pelajaran yang ada di rapor dari semester satu hingga lima akan dihitung rata-rata. 

Sekolah bisa menambahkan kriteria pemeringkatan jika nilai kamu sejajar dengan siswa lain. Sobat Miku mungkin bertanya-tanya ada berapa siswa yang dapat mengikuti SNBP. Nah jawabannya adalah tergantung akreditasi sekolah. 

Jadi, sekolah dengan akreditasi A dapat mengirimkan siswa yang eligible untuk SNBP sebanyak 40% terbaik, akreditasi B sebanyak 25% terbaik, dan akreditasi C sebanyak 5 terbaik. Pengisian data PDSS dilakukan oleh sekolah.

Ketentuan SNBP 2024

Peluang kamu lolos di SNBP juga dipengaruhi oleh kuota yang tersedia di PTN yang kamu tuju. Untuk kuota minimum 2024, ketentuannya hampir sama seperti sebelumnya, sekitar 20%. Artinya PTN yang kamu tuju bisa menyediakan kuota yang lebih besar. Jadi, biar Sobat Miku memiliki peluang lebih tinggi lolos SNBP 2024, jangan lupa perhatikan beberapa hal ini:

  • Nilai rapor dan prestasi lainnya
  • Rekam jejak dari sekolah
  • Tidak lintas jurusan
  • Kriteria seleksi nasional dan kriteria dari PTN yang dituju

Lalu, bagaimana dengan Sobat Miku yang lebih unggul di bidang non-akademik? Apakah masih bisa mengikuti SNBP? Menurut Permendikbud Ristek RI Nomor 48 Tahun 2022, ada dua komponen penilaian dalam seleksi jalur SNBP:

Pertama, nilai rapor sobat Miku akan memiliki bobot 50% dan portofolio 50%. Kedua, komponen ini akan mendukung kamu untuk menuju program studi impian.  Tapi, it’s okey kok kalau misalnya bobot portofolionya lebih dari 50% yang penting seimbang aja. Kadang, PTN menentukan sendiri prestasi dari siswa yang mendaftar. 

Aturan SNBP 2024 Terbaru

Bagi Sobat Miku yang mengikuti SNBP, wajib memenuhi aturan berikut: 

  • Sobat Miku, siswa yang telah lulus melalui seleksi jalur SNBP 2024 tidak diizinkan untuk mendaftar SNBT 2024.
  • Siswa yang telah lulus melalui seleksi jalur SNBP 2024 tidak diperbolehkan mendaftar melalui jalur Mandiri di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) mana pun.
  • Peserta yang telah lulus melalui seleksi jalur SNBT 2024 dan sudah mendaftar ulang atau melakukan registrasi di PTN yang dituju tidak akan diterima melalui seleksi jalur mandiri 2024 di PTN mana pun.
  • Setiap siswa yang eligible diizinkan memilih program studi di PTN.
  • Tiap siswa dapat memilih dua program studi dari satu PTN atau dari dua PTN.
  • Jika memilih dua program studi, salah satunya harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asal.
  • Jika hanya memilih satu program studi, bisa memilih PTN di provinsi mana pun.

Jadwal SNBP 2024

Setelah mengetahui semua informasinya, berikut Miku lampirkan jadwal SNBP 2024. Harap diperhatikan baik-baik ya Sobat Miku agar tidak ketinggalan timeline SNBP.

Sumber: snpmb.bppp.kemdikbud.go.id

Baca juga: Tips Menjadi Mahasiswa Produktif, Maba Wajib Tahu!

Nah itu tadi penjelasan lengkap mengenai seleksi SNBP 2024 ini, semoga informasi ini membantu Sobat Miku! Oh ya bagi kamu yang sedang mencari informasi jurusan untuk SNBP, jangan lupa kunjungi maukuliah.id ya. 

Tags tidak ada

Komentar Anda