1. Home
  2. /
  3. Info Kampus
  4. /
  5. Tips Menjadi Mahasiswa Produktif, Maba Wajib Tahu!
Info Kampus

Tips Menjadi Mahasiswa Produktif, Maba Wajib Tahu!

265   |   Posted by Siti Haliza   |   03 January 2024

MAUKULIAH.ID – Hai, Sobat Miku yang sudah menjadi mahasiswa baru! Wah keren banget nih udah jadi maba. Ketika menjadi mahasiswa, Sobat Miku perlu banget nih mempersiapkan diri agar ketika berkuliah tetap bisa menjadi mahasiswa produktif yang memiliki banyak kegiatan namun juga unggul dalam bidang akademik.

Menjadi mahasiswa produktif itu gak mudah loh! Butuh perencanaan yang matang dan konsisten hingga selesai kuliah. Tapi, gak usah khawatir, Miku mau spill tips agar dapat menjadi mahasiswa produktif. Ada yang kepo? Check this out!

Tips Menjadi Mahasiswa Produktif

1. Atur Prioritas

Mengatur skala prioritas adalah hal paling utama ketika Sobat Miku ketika ingin produktif. Dalam menentukan skala prioritas jangan lupa untuk tetapkan target dan pencapaian. Menetapkan skala prioritas dan target ini penting banget agar dapat mengidentifikasi mana dulu nih yang perlu Sobat Miku kerjakan atau tunda sebagai mahasiswa. 

Contohnya nih, karena Miku sudah menjadi mahasiswa tentunya fokus utama  adalah belajar dan menyelesaikan tugas kuliah. Maka, output-nya adalah mendapatkan IPK yang bagus. Untuk kegiatan lainnya bisa diletakkan pada prioritas kedua atau ketiga. 

Baca juga: Jurusan Manajemen: Mata Kuliah, Keunggulan, & Prospek Karir

2. Susun Rencana Kegiatan

Meskipun terlihat gak penting tapi ternyata membuat jadwal dapat membantu kita teratur menjaga aktivitas harian loh! Memiliki terlalu banyak kegiatan yang membutuhkan waktu dan energi dapat menyebabkan kelelahan dan jadi gak produktif.  

Untuk mengatasi hal ini, buatlah jadwal terkait agenda yang akan Sobat Miku mau lakukan selama periode tertentu. Tuliskan agenda tersebut dalam daftar dan atur jadwalnya, termasuk durasinya. Pastikan jadwal tersebut tidak bertabrakan dengan kegiatan lain ya, termasuk kelas kuliah dan waktu untuk mengerjakan tugas.

3. Buat List Daftar Deadline Tugas

Sebelum mulai mengerjakan tugas, penting untuk mencatat deadline waktu pengumpulan tugas Sobat Miku. Ini memungkinkan kamu mengatur prioritas tugas yang harus diselesaikan terlebih dahulu untuk menghindari keterlambatan. Manfaatkan notebook atau alat bantu produktivitas lainnya untuk mencatat dan mengelola waktu dengan efektif.

4. Jangan Lupa Ikut Kegiatan Kampus

Terlibat dalam organisasi atau Unit Kegiatan Mahasiswa sangat bermanfaat untuk perkembangan diri dan relasi untuk karir masa depan. Aktivitas semacam ini dapat mengembangkan soft skill, hard skill, tanggung jawab, dan komitmen. Namun, pastikan Sobat Miku mengikuti kegiatan kampus yang sesuai dengan minat dan bukan hanya karena mengikuti teman ya!

5. Atur Jadwal Istirahat yang Cukup 

Menentukan waktu untuk beristirahat dari kesibukan adalah kunci untuk tetap produktif. Istirahat yang cukup membantu menjaga kebugaran tubuh sehingga konsentrasi dan produktivitas tetap terjaga. 

Salah satu cara adalah dengan menjaga kesehatan dan tidur selama 8 jam sehari. Ingat nih, menjadi produktif bukan berarti melakukan segala hal secara bersamaan. Produktivitas sejati adalah mempertimbangkan apa yang perlu dilakukan terlebih dahulu pada waktu tertentu. 

Baca juga: Pengin Dilirik Perusahaan? Ini Dia Tips dan Contoh Surat Lamaran Kerja

Nah itu tadi tips menjadi mahasiswa produktif ala Miku. Bisa banget dimasukan jadi referensi buat diterapkan dalam kehidupan kuliah. Oh ya, buat kamu yang sedang mencari informasi terkait informasi jurusan dan tips kuliah jangan lupa cek artikel lainnya di maukuliah.id

 

Sumber: Pixabay

Tags tidak ada

Komentar Anda