1. Home
  2. /
  3. Info Jurusan
  4. /
  5. Mengenal Jurusan Peternakan, Mata Kuliah, & Prospek Kerja
Info Jurusan

Mengenal Jurusan Peternakan, Mata Kuliah, & Prospek Kerja

301   |   Posted by Siti Haliza   |   27 November 2023

MAUKULIAH.ID – Kalau kamu salah seorang yang senang dengan dunia peternakan, gak ada salahnya lho mencoba masuk di jurusan peternakan. Jurusan peternakan tuh ternyata sangat menyenangkan lho. Apalagi buat kamu yang demen banget sama dunia peternakan, jurusan ini bisa jadi good choice kamu menuju kesuksesan.

Nah, kebetulan banget nih, Miku lagi bahas jurusan yang satu ini. So, buat sobat miku yang penasaran tentang jurusan peternakan, kemon kita bahas tentang jurusan, prospek, dan detailnya di bawah ini. Check it out! 

Mengenal Jurusan Peternakan

Jurusan peternakan adalah jurusan yang mempelajari segala aspek yang berkaitan dengan hewan ternak, mulai dari pemeliharaan, pengelolaan, pengembangan teknologi, hingga pemasaran. Mahasiswa jurusan ini juga akan belajar tentang pengembangan penelitian menggunakan bioteknologi. Selain itu, mereka juga akan dibekali dengan ilmu manajemen, teknik, dan gizi.

Tujuan dari jurusan peternakan adalah untuk menghasilkan lulusan yang mampu berkarya secara mandiri dan produktif, baik di lembaga swasta maupun instansi pemerintah. Lulusan jurusan peternakan juga diharapkan dapat berperan dalam bidang ilmu, penelitian, dan penerapannya.

Mata Kuliah di Jurusan 

Sobat Miku mungkin bertanya-tanya apa saja yang dipelajari di jurusan peternakan. Jadi, jurusan peternakan ini gak cuma sekadar mempelajari gimana sih cara beternak, gak sesempit itu. 

Di jurusan peternakan, Sobat Miku akan belajar seperti cara membuat tempat yang proper untuk kandang peternakan, syarat membangun peternakan dari sisi bangunan, hingga pengaruh iklim, lingkungan, terhadap ternak.

Pada bagian awal nantinya Sobat Miku akan mempelajari hal-hal basik, seperti nutrisi ternak, bahan pakannya hingga nanti di tingkat lanjut akan membangun sistem teknologi pakan. Oh ya, nantinya Sobat Miku akan mempelajari berbagai hewan ternak mulai dari unggas, ternak perah, dan berbagai hewan lainnya. 

Agar Sobat Miku mendapatkan gambaran lebih lengkap terkait mata kuliah jurusan peternakan, berikut mata kuliah lengkapnya.

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Peternakan

Jurusan peternakan ini memiliki prospek yang sangat luas di masa depan. Pekerjaan apa saja yang bisa Sobat Miku lakukan ketika sudah lulus? Berikut prospek kerja lulusan di jurusan peternakan.

1. Peternak

Mempelajari bidang pertanian dengan indepth dapat membuat kamu menjadi peternak yang handal. Jurusan ini akan membentuk mahasiswanya untuk dapat membuat sistem kandang dan memahami sistem manajemen ternak dengan ahli. Peluang yang cukup bagus bukan untuk menjadi peternak di masa depan?

2. Dosen

Sobat Miku juga dapat menjadi pekerjaan dosen sebagai salah satu pilihan. Dosen dengan ilmu ternak yang expert cukup dicari di dunia perguruan tinggi untuk membimbing mahasiswa.

3. Ahli Bioteknologi

Di jurusan ini, Sobat Miku akan mempelajari tentang fisika, kimia, biologi, genetika hingga teknologi. Maka kombinasi pembelajaran ini dapat mendukung karir kamu sebagai ahli bioteknologi yang handal. 

4. Penyuluh Peternakan

Penyuluh ternak adalah orang yang memiliki latar pendidikan peternakan dan memahami teknik peternakan. Sebagai penyuluh, nantinya Sobat Miku akan berkontribusi melakukan penyuluhan terhadap peternak-peternak di berbagai daerah. 

5. Formulator Pakan Ternak

Meracik makanan dan formulasi nutrisi untuk pakan disebut sebagai formulator pakan ternak. Biasanya pekerjaan dibutuhkan di peternakan yang sudah besar demi menjadi hewan ternak tetap berkualitas.

6. Manajer Pertanian dan Peternakan

Setiap peternakan biasanya memiliki manajer untuk mengatur semua sistem di pertanian agar dapat berjalan dengan lancar. Sobat Miku akan bertugas untuk memastikan semua sistem terkendali, ternak memiliki nutrisi baik, sistem kandang aman untuk pekerja dan ternak, serta semua sistem berfungsi secara normal. 

Universitas dengan Jurusan Peternakan Terbaik di Indonesia

Bagi Sobat Miku yang ingin masuk ke jurusan ini, berikut adalah universitas terbaik untuk jurusan peternakan di Indonesia:

  • Universitas Sebelas Maret (UNS)
  • Universitas Mataram (Unram
  • Universitas Udayana (Unud
  • Universitas Jambi (Unja)
  • Universitas Lambung Mangkurat (ULM)
  • Universitas Hasanuddin (Unhas)
  • Universitas Bengkulu (Unib)
  • Universitas Sriwijaya (Unsri)
  • Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed)
  • Universitas Halu Oleo (UHO)
  • Universitas Sumatera Utara (USU)
  • Universitas Nusa Cendana (Undana)
  • Universitas Syiah Kuala (Unsyiah)
  • Universitas Mulawarman (Unmul)
  • Universitas Andalas (Unand)
  • Universitas Padjadjaran (Unpad)

Baca juga: 8 Jurusan yang Cocok untuk Pecinta Tanaman dan Pertanian, Menjanjikan di Masa Depan, Lho!

Nah itu tadi penjelasan lengkap mengenai jurusan peternakan. Kalau Sobat Miku kepo terkait jurusan lainnya dapat langsung mengunjungi maukuliah.id untuk informasi lainnya ya.

 

Sumber gambar: Wikipedia

Tags tidak ada

Komentar Anda