1. Home
  2. /
  3. Featured
  4. /
  5. Hal-Hal yang Harus Dilakukan Setelah Mengikuti Tes SNBT
Featured

Hal-Hal yang Harus Dilakukan Setelah Mengikuti Tes SNBT

1668   |   Posted by Shitny Maukuliah   |   16 May 2023

MAUKULIAH.ID – Halo Sobat Miku, jika kamu sampai di artikel ini artinya kamu sudah melewati Ujian Masuk Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT). Sekarang, yang harus kamu lakukan adalah menunggu hasilnya. Apakah itu berarti sudah berakhir? Oh tentu saja tidak. Menunggu hasil keluar bukanlah waktu yang tepat untuk berleha-leha.

Hasil dari pengumuman UTBK SNBT hanyalah lulus atau tidak lulus. Selama waktu ini, kamu tidak bisa memastikan berada pada posisi yang mana. Untuk itu, kamu tetap harus mengambil langkah untuk menuju kampus impianmu. Berikut ini adalah hal-hal yang harus dilakukan setelah mengikuti Tes SNBT.

Baca juga: 5 Beasiswa Luar Negeri yang Paling Banyak Dicari

Hal-Hal yang Harus Dilakukan Setelah Mengikuti Tes SNBT

1. Move on dari UTBK SNBT

 

 

Pernahkah kamu mendengar kalimat “datang, kerjakan, dan lupakan”? Nah, ini yang wajib kamu lakukan saat ini. Segeralah move on dan berhenti kecewa jika selama pengerjaan soal kamu merasa belum maksimal. 

Bukan move on dari materi yang pernah kamu pelajari, ya. Materi yang pernah kamu pelajari berguna untuk kamu mengikuti ujian lainnya, loh. Jadi, simpanlah tenagamu untuk melakukan langkah selanjutnya. 

2. Kuatkan Mental

 

 

Tenang, apapun hasilnya nanti bukanlah akhir dari segalanya. Jika kamu lulus, itu berarti hasil kerja kerasmu dan para supporting system. Namun jika belum lulus, berarti kamu harus menempuh jalur lainnya. Kuncinya adalah kamu tetap berusaha. 

3. Atur Planning Selanjutnya

 

 

Jika secara perlahan mental sudah kuat, kamu bisa berpikir jernih untuk atur rencana selanjutnya. Misalnya, kamu akan mengikuti ujian mandiri. Maka, tentukanlah kampus mana saja, lalu segeralah daftarkan diri.

4. Cari Informasi Kampus Swasta

 

 

Strategi selanjutnya adalah buatlah daftar kampus swasta yang bisa kamu jadikan rencana terakhir. Biasanya kampus swasta membuka waktu pendaftaran yang lebih lama. Sehingga, jika kamu belum masuk di perguruan tinggi negeri, kamu bisa tetap berkuliah di kampus swasta.

Baca juga: Kampus Swasta yang Menyediakan Beasiswa S-1, Kuliah Gratis Sampai Lulus, Lho!

5. Perbanyak Doa 

 

 

Kamu tidak bisa memprediksi 100% apa yang akan terjadi. Meskipun, sudah belajar siang dan malam, namun banyak hal bisa terjadi diluar kendali kita. Maka, perbanyaklah berdoa agar Tuhan memberikan kemudahan dan kelancaran pada setiap langkahmu. 

Itulah hal-hal yang harus dilakukan setelah mengikuti Tes SNBT dari maukuliah.id. Pastikan kamu menyiapkan strategi terbaik untuk langkah selanjutnya, ya. Tetap semangat!

 

Tags SNBT

Komentar Anda