1. Home
  2. /
  3. Info Jurusan
  4. /
  5. Jadi Incaran, Ini 20 Daftar Jurusan Kuliah Terfavorit...
Info Jurusan

Jadi Incaran, Ini 20 Daftar Jurusan Kuliah Terfavorit dan Prospek Kerjanya

42   |   Posted by Shitny Maukuliah   |   04 August 2023

MAUKULIAH.ID – Halo Sobat Miku, di tahun ini jurusan psikolog dan kedokteran masih menjadi primadona atau jurusan dengan peminat paling banyak pada ujian tertulis berbasis komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) 2023, loh.

Seperti yang dilansir pada situs SNPMB, terdapat 20 jurusan dengan peminat terbanyak. Apa saja jurusannya? berikut adalah 20 daftar jurusan kuliah terfavorit pada UTBK SNBT 2023.

20 Jurusan Terfavorit Di UTBK SNBT 2023 

  1. Pendidikan dokter – Universitas Padjadjaran

Jumlah peminat: 3.856 

  1. Sekolah Teknik Elektro dan Informatika atau STEI Komputasi – Institut Teknologi Bandung

Jumlah peminat: 3.848 

  1. Psikologi – Universitas Gadjah Mada 

Jumlah peminat: 3.837 

  1. Pendidikan Dokter – Universitas Indonesia 

Jumlah peminat: 3.827

  1. Kedokteran – Universitas Gadjah Mada 

Jumlah peminat: 3.766 

  1. Ilmu Komunikasi – UPN Veteran Jakarta

Jumlah peminat: 3.728 

  1. Pendidikan dokter – Universitas Hasanuddin 

Jumlah peminat: 3.681

  1. Psikologi – Universitas Diponegoro Jumlah peminat: 3.617 
  2. Kedokteran – Universitas Sebelas Maret 

Jumlah peminat: 3.551 

  1. Psikologi – Universitas Negeri Jakarta 

Jumlah peminat: 3.533 

  1. Ilmu psikologi – Universitas Indonesia 

Jumlah peminat: 3.490 

  1. Ilmu Hukum – Universitas Indonesia 

Jumlah peminat: 3.478 

  1. Kedokteran – Universitas Airlangga 

Jumlah peminat: 3.424 

  1. Ilmu Hukum – Universitas Padjadjaran 

Jumlah peminat: 3.406 

  1. Kedokteran – Universitas Brawijaya 

Jumlah peminat: 3.305 

  1. Hukum – Universitas Diponegoro 

Jumlah peminat: 3.285 

  1. Psikologi – Universitas Brawijaya 

Jumlah peminat: 3. 248 

  1. Psikologi – Universitas Sebelas Maret 

Jumlah peminat: 3.208 

  1. Psikologi – Universitas Pendidikan Indonesia 

Jumlah peminat: 3.192 

  1. Ilmu Komunikasi – Universitas Negeri Jakarta 

Jumlah peminat: 3.176

Baca juga : Super Menarik! 10 Karier di Bidang Teknik Masa Kini

Daftar Jurusan Kuliah Terfavorit dan Prospek Kerjanya

Dari seluruh jurusan beserta kampusnya di atas, setidaknya terdapat 5 jurusan yang menjadi favorit. Salah satu alasan jurusan tersebut menjadi favorit adalah prospek kerja yang menjanjikan. Apa saja jurusan tersebut? Berikut penjelasannya.

  • Kedokteran

Sudah sejak dulu jurusan kedokteran selalu menjadi incaran baik siswa maupun orang tua. Meskipun terbilang mahal, jurusan ini dianggap memiliki jenjang karier yang stabil karena kebutuhan tenaga kesehatan terus meningkat. Apalagi, jurusan kedokteran menawarkan peluang untuk mengambil spesialisasi tertentu. 

Ya, memang jurusan kedokteran sangat menjanjikan, namun perlu diingat bahwa jurusan ini juga membutuhkan komitmen yang besar. Kamu dituntut untuk siap menghabiskan waktu dan tenaga selama masa perkuliahan. Proses tersebut nggak akan sia-sia kok, karena tujuannya agar menghasilkan dokter berkualitas yang dapat memberikan pelayanan kesehatan kepada orang lain.

  • Teknik Elektro dan Informatika (Ilmu Komputer)

Akhir-akhir ini teknologi semakin berkembang pesat, apalagi dengan banyaknya pengembangan teknologi baru seperti kecerdasan buatan dan teknologi canggih lainnya. Nah, menyusul perkembangan tersebut jurusan teknik elektro dan ilmu komputer semakin tinggi peminat.

Alasannya adalah sektor industri membutuhkan tenaga ahli yang dapat mengelola sistem teknologi tersebut. Selain itu, pengembangan perangkat lunak juga terus dilakukan sehingga dibutuhkan para ahli yang memahami teknologi informasi secara menyeluruh. Kalau Sobat Miku minat nggak, nih?

  • Psikolog

Kesadaran kesehatan mental terus digaungkan di Indonesia. Alhasil, jurusan psikolog semakin tinggi peminat atau menjadi jurusan favorit. Apalagi prospek karier jurusan ini sangat bagus. Lulusan jurusan ini dapat bekerja di rumah sakit, lembaga pendidikan, industri, dan klinik.

  • Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi menawarkan berbagai peluang karier di berbagai industri media. Kamu bisa menjadi jurnalis, penyiar, produser dan masih banyak lainnya. Tidak sampai disitu, lulusan jurusan ilmu komunikasi juga bisa jadi public relations, komunikasi bisnis, komunikasi pemasaran dan lainnya.

  • Ilmu Hukum

Jika kamu sudah lulus dari jurusan hukum, kamu akan mendapatkan gelar Sarjana Hukum. Setelahnya, Sobat Miku bisa memilih karier sebagai pengacara, hakim atau jaksa. Kalau kamu pernah nonton miracle in cell No. 7, pasti tahu seberapa kerennya jurusan ini, deh.

Baca juga : 10 Universitas Jurusan Teknik Informatika (IT) Terbaik di Indonesia

Memang pantas kalau semua jurusan di atas masuk jurusan favorit, ya. By the way, Kalau kamu sudah tahu belum mau masuk jurusan apa? Eits, jangan bingung kalau belum tahu. Kamu bisa mencoba tes minat dan bakat untuk mengetahui jurusan yang cocok. Gimana caranya? Nih, gambang banget, nggak sampai 3 menit, kok. Langsung aja kunjungi https://maukuliah.id/riasec-home. Selamat mencoba!

 

Gambar: Canva.com

 

Tags tidak ada

Komentar Anda