1. Home
  2. /
  3. Info Sekolah
  4. /
  5. Yakin Persiapanmu Sudah Matang? Inilah Kesalahan yang Sering...
Info Sekolah

Yakin Persiapanmu Sudah Matang? Inilah Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat SNBT

309   |   Posted by Shitny Maukuliah   |   02 May 2023

MAUKULIAH.ID– Halo Sobat Miku, Ujian Tulis Berbasis Komputer- Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) sudah semakin dekat, nih. Kamu yakin sudah siap bersaing dengan ribuan siswa lainnya? Sebelum terlambat,  yuk segera mempersiapkan UTBK SNBT dengan maksimal. 

Tahu gak, Sobat Miku? Sayangnya, beberapa kesalahan malah dilakukan siswa menjelang ujian, loh. Tentu, hal tersebut  bisa membawa kamu pada kegagalan. Nah, agar kamu semakin mantap saat ujian SNBT, maka kamu wajib tahu informasi ini. Berikut ini adalah 5 kesalahan yang sering dilakukan saat SNBT.

Baca juga: Jangan Panik! Inilah Tips Siapkan Mental Sebelum Tes SNB

5 Kesalahan yang sering dilakukan saat SNBT

1. Meremehkan Ujian

Banyak siswa yang menganggap dengan mengikuti les saja sudah cukup membawa mereka kepada kampus impian.  Kalau kamu salah satunya yang berpikir seperti itu, maka mindset-mu perlu diperbaiki, nih. Tidak ada yang bisa menjamin apakah kamu akan lolos atau tidak, bahkan tentor ataupun tempat lesmu.

Dalam proses belajar kamu jangan hanya mengikuti arus, ya. Namun, kamu perlu memastikan diri bahwa kamu benar-benar memahami materi yang sedang dipelajari. Kamu tidak mau sudah keluar uang tapi hasil tidak maksimal, kan?

2. Tidak Peduli dengan Kesehatan

Sobat Miku, ingat ya! Pola belajar yang salah bisa saja membawamu kepada petaka. Apalagi, kalau kamu mulai menghabiskan waktu semalam suntuk untuk belajar dalam beberapa hari menjelang ujian.  Khawatirnya, saat hari-H ujian kamu malah terkapar tidak berdaya. Akhirnya, hari yang kamu nantikan, malah terlewat begitu saja. Maka dari itu, kamu harus tidur cukup dan makan sehat, ya.

3. Panik Saat Ujian

Biasanya kalau kita sedang tertekan, maka akan muncul perasaan panik. Jika panik mulai menyerang, pikiran kita akan kosong. Jangankan mau menjawab, membaca soal saja kita mulai kehilangan fokus. 

Untuk menenangkan diri, kamu bisa menanamkan pikiran bahwa kekhawatiran ini memang wajar dan akan dirasakan banyak orang. Kemudian, tariklah nafas lalu hembuskan, lakukanlah berulang. Lalu, katakan secara perlahan bahwa kamu bisa melaluinya.

4. Tidak Membaca atau Mendengarkan Instruksi Hingga Tuntas

Sebelum melaksanakan ujian, kamu harus membaca atau mendengarkan instruksi dengan seksama hingga tuntas. Pastikan bahwa semua instruksi telah kamu pahami. Namun, jika kamu belum mengerti maka tanyakanlah.

5. Tidak Efektif Menggunakan Waktu

Sebelum melakukan ujian, pastikan kamu mengetahui jumlah soal yang tersedia. Selain itu, kamu juga perlu mengetahui aturan penilaian yang akan diberikan. Jika terdapat pengurangan nilai pada jawaban salah, maka kamu harus berhati-hati. 

Baca juga: Apa Saja yang Harus Disiapkan Sebelum UTBK-SNBT, Simak Yuk

Itulah Kesalahan yang sering dilakukan saat SNBT dari maukuliah.id. Agar lebih siap tempur, kamu juga bisa cek beberapa artikel sebelumnya, ya. 

Mumpung masih ada waktu, nih, yuk semakin rutin mengerjakan soal. Untuk latihan, kamu bisa loh mengerjakan tryout online dengan daftarkan diri di https://maukuliah.id/tryout

Tags SNBT

Komentar Anda