1. Home
  2. /
  3. Featured
  4. /
  5. Kiat Sukses Mendapatkan Beasiswa Unggulan Kemendikbud
Featured

Kiat Sukses Mendapatkan Beasiswa Unggulan Kemendikbud

397   |   Posted by Shitny Maukuliah   |   05 July 2023

MAUKULIAH.ID – Halo Sobat Miku, siapa yang sedang mempertimbangkan untuk mendaftarkan beasiswa? Kalau kamu salah satunya, wajib baca artikel ini hingga tuntas, ya. Kali ini, Kak Ilham Dary, M. Hub. Int. sebagai  Awardee Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2022 dan sekaligus menjabat sebagai Kepala Humas SEVIMA akan membagikan pengalamannya untuk mendapatkan beasiswa di Webinar Maukuliah Online Edufair 2023 dengan tema“ Kiat Sukses Mendapatkan Beasiswa Unggulan Kemendikbud”.

Baca juga:  Zhafira Aqyla Bagikan Tips Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis

Kenapa Kuliah Penting?

Hampir semua orang mengatakan bahwa kuliah bertujuan untuk jenjang karier lebih baik, membahagiakan orang tua dan masih banyak lagi. Hampir sama dengan jawaban banyak orang, Kak ilham menyampaikan bahwa berdasarkan penelitian untuk meningkatkan strata sosial dapat melalui 3 akses yaitu lahir dari keluarga kaya, menikah dengan orang kaya dan melalui pendidikan.

Diantara ketiga cara tersebut, pendidikanlah yang paling terbuka luas untuk semua orang. Dengan  pendidikan kita akan mendapatkan akses ke institusi, ke teknologi, dan memperluas interaksi. Jadi, semakin yakinkan bahwa langkah kita untuk mencari beasiswa sudah tepat. 

Baca juga: Tips Sukses Memilih Jurusan Berdasarkan Kepribadian

Kiat Sukses Mendapatkan Beasiswa Unggulan Kemendikbud

  • Niatkan dengan Penuh Tekad dan Usaha

Mempersiapkan berkas yang banyak harus dipersiapkan dengan niat. Kalau tidak ada niat, pasti tidak akan mudah. Belum lagi proses seleksi yang harus dilalui membuat kita seringkali penat dan lelah. Nah, dari awal Sobat Miku harus sudah membulatkan tekad, ya. 

  • Baca Informasi secara Detail

Pendaftar beasiswa Unggulan itu banyak dan biasanya pertanyaannya hampir sama. Jadi, kamu dapat membaca informasi dengan detail karena semuanya terdapat di buku panduan. Kemudian, Sobat Miku juga dapat menyesuaikan strategi dengan kebutuhan yang perlu diperssiapkan untuk mendapatkan beasiswa.

  • Kepoin Pengalaman Penerimanya

Sobat Miku bisa mencari tahu informasi seputar penerima beasiswa di tahun sebelumnya melalui website. Setiap tahun dan setiap kampus bisa jadi memiliki pengalaman yang berbeda-beda. Jadi cobalah cari para penerima pada kampus tujuan dan ajak sharing untuk mengetahui cara membuat esai atau meminta surat rekomendasi. 

  •  Cari Senior di Kampus yang Sama

Pengalaman dari kakak tingkat di kampus yang sama juga bisa menjadi pengalaman yang mirip dengan yang akan kamu lewati. Misalnya, beasiswa ini memiliki ketentuan waktu reimburse uang beasiswa, sehingga kamu bisa mengetahui bagaimana ketentuan kampus tersebut.

Baca juga: Tips Memilih Jurusan di Kampus Sesuai Bakat, Apa Saja sih?

Nah, itulah kiat sukses mendapatkan beasiswa dari Kak Ilham. Kalau kamu mau mendapatkan informasi yang lebih detail bagaimana pengalaman Kak Ilham dari mulai proses mendaftar, reimburse, apa yang harus dilaporkan dan masih banyak lainnya, kamu bisa menyimaknya melalui Youtube. Juga, kalau kamu tidak mau ketinggalan informasi seputar jurusan, kampus, dan beasiswa, kamu bisa mengunjungi Maukuliah.id. Selamat berjuang!

Gambar: Canva.com

Tags tidak ada

Komentar Anda