1. Home
  2. /
  3. Dunia Kampus
  4. /
  5. Mau Jadi Anak Pertanian? Inilah Perbedaan Jurusan Agribisnis...
Dunia Kampus

Mau Jadi Anak Pertanian? Inilah Perbedaan Jurusan Agribisnis dan Agroteknologi 

Perbedaan Jurusan Agribisnis dan Agroteknologi 
1934   |   Posted by Seprila Mayang   |   14 April 2023

MAUKULIAH.ID– Sudahkah kamu memutuskan jurusan pilihanmu? Kalau belum, Miku sarankan pilih jurusan yang berkaitan dengan pertanian saja. Di fakultas pertanian ada banyak pilihan jurusannya, loh. Kamu bisa memilih jurusan agronomi, ilmu tanah, agribisnis, agroteknologi dan masih banyak lainnya. 

Jurusan agribisnis dan agroteknologi menjadi favorit di fakultas pertanian. Meskipun sekilas nampak sama, jurusan agribisnis dan agroteknologi memiliki perbedaan. Apa saja perbedaannya? Berikut perbedaan jurusan agribisnis dan agroteknologi. Baca artikel ini hingga selesai, ya.

Baca juga: Jurusan Teknik Pertanian, Mata Kuliah, dan Prospek Kerjanya

Perbedaan Jurusan Agribisnis dan Agroteknologi 

1. Berbeda Sektor 

Agroteknologi lebih menitikberatkan pada proses produksi atau saat di ladang, yaitu berkaitan dengan proses pemanenan tanaman. Sedangkan agribisnis berfokus pada proses produksi dan pemasaran. 

2. Berbeda yang Dipelajari

Agroteknologi menitikberatkan pada kajian pengetahuan teknologi produksi pertanian. Sehingga, kamu akan mempelajari tentang cara budidaya tanaman, baik itu tanaman hidroponik, tanaman perkebunan dan sebagainya.

Sedangkan, agribisnis berkaitan erat dengan perencanaan produk pertanian. Dengan begitu, mahasiswa agribisnis dapat menghitung biaya, pemasukan dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhinya. 

3. Mata kuliah

jika kamu masuk jurusan agroteknologi maka kamu akan bertemu mata kuliah ekologi tanaman, biokimia tanaman, genetika, mikrobiologi dan pertanian organik, mekanisasi pertanian, dan masih banyak lainnya.

Sebaliknya,Jika kamu masuk jurusan agribisnis maka akan familiar dengan mata kuliah kewirausahaan agribisnis, ekonomi manajerial, akuntansi, risiko, dan negosiasi agribisnis, hukum dan etika agribisnis, usaha tani dan lainnya. 

4. Prospek kerja

Lulusan Agribisnis memiliki prospek kerja yang spesifik untuk mengenalkan cara modern dalam mengelola lahan. Dengan bergabung di Lembaga Swadaya Masyarakat bidang pertanian, kamu dapat menerapkan ilmu yang didapat di lapangan untuk meningkatkan produksinya. Sedangkan, lulusan agroteknologi dapat bekerja sebagai manajemen pertanian, peneliti konsultan dan lainnya.

Baca juga: 8 Jurusan yang Cocok untuk Pecinta Tanaman dan Pertanian, Menjanjikan di Masa Depan, Lho!

Gimana, udah tahu kan perbedaan agroteknologi dan agrobisnis? Jadi, kamu pilih yang mana, nih? cara mudahnya, kamu tinggal pilih lebih condong untuk berkecimpung di ladang atau tidak. Mudah, bukan?

Sobat Miku jangan lupa kunjungi Maukuliah.id, ya. Disana kamu akan mendapatkan informasi seputar kampus dan jurusan, loh. Penasaran? Yuk, langsung kunjungi website-nya.

Tags tidak ada

Komentar Anda