1. Home
  2. /
  3. Info Sekolah
  4. /
  5. Present Continuous Tense: Pengertian, Rumus, & Contoh Kalimat
Info Sekolah

Present Continuous Tense: Pengertian, Rumus, & Contoh Kalimat

Present Continuous Tenses
43   |   Posted by Siti Haliza   |   08 November 2023

MAUKULIAH.ID – Hai Sobat Miku! Pernahkah kamu mengobrol dalam percakapan sehari-hari dan sedang menjelaskan apa yang sedang kamu lakukan? Dalam Bahasa Inggris obrolan tersebut adalah bagian dari present continuous tense.

Hayo.. apakah ada yang pernah mendengar tenses ini? Bagi kamu yang belum paham apa itu present continuous tense gak perlu khawatir, karena Miku akan ajak kamu mempelajari materi ini. Check this out!

Pengertian Present Continuous Tense

Sebelum membahas apa itu present continuous tenses, Miku mau menjelaskan apa itu present. Jadi di dalam Bahasa Inggris present mengacu pada waktu “masa kini”, sedangkan continuous adalah kejadian (event) yang sedang terjadi pada saat pembicaraan berlangsung.  

Nah berdasarkan penjelasannya, present continuous tense adalah kalimat yang digunakan untuk menjelaskan kejadian pada masa sekarang. Mungkin Sobat Miku bertanya-tanya, apa bedanya dengan simple present?

Simple present tense menjelaskan kalimat yang digunakan pada masa sekarang namun berulang-ulang, seperti “aku pergi ke sekolah setiap hari”, sedangkan kalimat present continuous tense menjelaskan keadaan sekarang, contohnya “aku sedang belajar,”

Jadi kalau Sobat Miku mau menjelaskan kegiatan yang dilakukan pada masa sekarang (now) maka dapat menggunakan present continuous tense. Agar Sobat Miku gak bingung, yuk kita bahas rumus present continuous tense.

Baca juga: Pengertian Simple Present Tense, Rumus, & Contoh Kalimat

Rumus Present Continuous Tense

Rumus present continuous tense (1)

Rumus present continuous tense terdiri dari subject + be (am/are/is) + verb1 -ing + complement. Untuk to be Sobat Miku dapat menggunakan am, is, are ya. Pada penggunaan rumus present continuous tense ini, kata kerja selalu ditambahkan dengan -ing. Jadi misalnya kata dasar read ketika kamu menggunakan present continuous tense menjadi reading, contoh kalimatnya she is reading the book (dia sedang membaca buku itu. 

Contoh Kalimat Present Continuous Tense

Aplikasi dari present continuous tense cukup mudah kok kalau sudah mempelajari rumusnya. Agar Sobat Miku gak bingung, berikut adalah contoh kalimat present continuous tense.

Contoh 1

(+) she is working at the cafe now (dia sedang bekerja di cafe sekarang)

(-) she is not working at all (dia tidak sedang bekerja di cafe sekarang)

(?) Is she working at the cafe now? (apakah dia sedang bekerja di cafe sekarang)

Contoh 2

(+) My mom is cooking for our dinner right now (ibuku sedang memasak untuk makan malam kali sekarang)

(-) My mom is not cooking for our dinner right now  (ibuku tidak sedang memasak untuk makan malam kali sekarang)

(-) Is my mom cooking for our dinner right now? (apakah ibuku sedang memasak untuk makan malam kali sekarang)

Contoh 2

(+) My friend is trying to learn so hard to get the highest score in this exam (temanku sedang mencoba belajar begitu keras untuk mendapatkan nilai tertinggi di ujian)

(-) My friend is not trying that hard to get the highest score in this exam (temanku tidak sedang mencoba belajar begitu keras untuk mendapatkan nilai tertinggi di ujian)

(?) Is my friend is trying so hard to get the highest score in this exam (apakah temanku sedang mencoba belajar begitu keras untuk mendapatkan nilai tertinggi di ujian?)

Baca juga: Pengertian Past Tense, Rumus, & Contoh

Nah itu tadi penjelasan terkait rumus dan contoh kalimat present continuous tense. Semoga membantu Sobat Miku memahami penggunaan tenses ini ya. Untuk materi lainnya terkait dunia sekolah dan info jurusan, Sobat Kuliah dapat mengunjungi maukuliah.id ya!

 

Tags tidak ada

Komentar Anda