1. Home
  2. /
  3. Info Kampus
  4. /
  5. Tes Kepribadian, Seperti Apa sih?
Info Kampus

Tes Kepribadian, Seperti Apa sih?

Tes Kepribadian
19   |   Posted by Seprila Mayang   |   11 September 2023

Maukuliah.id–  Ngomong-ngomong soal kepribadian pasti sulit banget untuk menilainya. Yaps, mengikuti tes kepribadian ini sangat penting sekali buat kita. Apalagi saat melamar kerja atau masuk sekolah. Tes kepribadian ini bisa diketahui salah satunya dengan mengikuti tes psikotes. 

Melalui tes kepribadian ini, kamu bisa mengetahui bagaimana kondisi serta kemampuan kamu. 

Kira-kira apa sih tes kepribadian itu? 

Dikutip dari halodoc.com, tes kepribadian merupakan salah satu metode yang digunakan untuk menilai kepribadian seseorang. Tes ini dirancang untuk menguji, menilai sifat seseorang dengan menggunakan teknik yang dirancang. Sehingga dapat diketahui pola karakteristik dan juga sifat yang muncul dari pribadi orang tersebut di berbagai situasi yang dihadapi. 

Ada berapa sih tes kepribadian yang ada?

Hingga tahun 2023 ini, terdapat 8 tes kepribadian yang biasa digunakan oleh perguruan tinggi atau pun perusahaan. Nah, di bawah ini adalah contoh tes kepribadian yang kerap digunakan. 

  1. MBTI
    Myers-Briggs Type Indicator atau biasa dikenal MBTI merupakan tes kepribadian yang memiliki total 16 jenis kepribadian. Beberapa di antaranya adalah extrovert, introvert, intuition, thinking, dan feeling.  
  2. EPPS
    Kalau tes ini merupakan kepanjangan dari Edward Personal Preference Schedule. Tes ini biasanya digunakan untuk melihat sisi lain atau bisa dibilang emosi dari dalam diri seseorang.
  3. SSCT
    Sack’s Sentence Completion Test adalah jenis tes yang biasanya menggunakan 50 kalimat yang harus dilengkapi dengan perasaan yang kamu rasakan. 
  4. Rorschach
    Kalau tes yang satu ini digunakan untuk melihat kepribadian seseorang melalui keadaan emosional. Biasanya tes ini digunakan untuk melihat kesehatan mental seseorang dalam bentuk gambar. Kemudian kamu bisa menyebutkan gambar tersebut seusai imajinasimu.
  5. Tes Menggambar
    Siapa yang pernah tes menggambar? Nah tes ini biasanya sangat cocok untuk mengenali perasaan atau kondisi emosional seseorang yang belum terlihat. Biasanya kamu nanti dianjurkan untuk menggambar pohon, orang, dan lainnya.
  6. RIASEIC
    Tes kepribadian RIASEIC merupakan tes untuk mengetahui dan menentukan karier yang cocok untuk kamu. Tes ini dibagi menjadi 6, yaitu investigate, realistic, social, artistic, conventional, dan enterprising
  7. RMIB
    Rothwell Miller Interest Blank atau RMIB adalah tes yang digunakan untuk mengetahui minat dan bakat seseorang. Prosesnya akan dikategorikan menjadi 12 berdasarkan jenis pekerjaan umum yang dilakukan manusia.
  8. Tes Enneagram
    Kalau yang satu ini adalah jenis tes yang digunakan untuk mengetahui kepribadian yang berbeda. Tes kepribadian ini biasanya berisikan beberapa paragraf atau kalimat yang wajib kamu pilih sesuai dengan kepribadianmu. 
  9. WAIS
    Apakah kamu pernah mengikuti tes psikotes untuk mengetahui IQ? Nah, tes yang satu ini adalah jenis tes yang digunakan untuk mengetahui IQ tersebut.
  10. Big Five Personality
    Kalau tes ini merupakan tes kepribadian untuk mengetahui sifat atau domain yang dimiliki seseorang

Dari ke sepuluh tes kepribadian tersebut, adakah tes yang pernah kamu jalani?

 

Gambar: Pexels.com

Tags tidak ada

Komentar Anda