1. Home
  2. /
  3. Info Kampus
  4. /
  5. 10 Universitas Terbaik di Makassar Versi UniRank
Info Kampus

10 Universitas Terbaik di Makassar Versi UniRank

Universitas Negeri Makassar
10   |   Posted by Siti Haliza   |   05 January 2024

Sobat Miku, kemarin Miku habis dicurhatin sama temen Miku yang sedang duduk di kelas 12. Dia tuh sekarang lagi galau pilih kampus terbaik di Makassar yang akan dipilih saat SNBP atau SNBT di tahun ini.

Berangkat dari curhatan sobat Miku, akhirnya hari ini Miku putusin untuk kasih info terbaru seputar kampus yang ada di Makassar.

Hm… ada kampus terbaik mana saja sih yang bisa kamu pilih di Kota Makassar?

10 Universitas Terbaik di Makassar

1. Universitas Hasanuddin 

Rangking pertama universitas terbaik di Makassar ditempati oleh Universitas Hasanuddin (UNHAS). Kampus ini merupakan sebuah Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH). 

Pada awalnya, UNHAS merupakan cabang dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI) Jakarta yang dimulai pada tahun 1947. Namun, Unhas kemudian berkembang menjadi lembaga yang mandiri pada tanggal 10 September 1956 dan hingga kini dengan memiliki 15 fakultas.

Peringkat Nasional: 26

Peringkat Dunia: 2589

Baca juga: 10 Tips Kuliah untuk Mahasiswa Baru, Atur Strategi Belajarmu!

2. Universitas Negeri Makassar

Posisi kedua ditempati oleh Universitas Negeri Makassar. Kampus ini merupakan perguruan tinggi negeri yang didirikan pada tahun 1961 yang terletak di Jalan AP Pettarani, Tidung, Makassar.

Perlu Sobat Miku ketahui, UNM ini dulunya bagian dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) di Universitas Hasanuddin yang kini berdiri sendiri. FKIP ini kemudian menjadi lembaga yang mandiri pada tahun 1965 dengan nama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Ujung Pandang.

Kemudian, pada tanggal 4 Agustus 1999, statusnya berubah menjadi Universitas dengan nama Universitas Negeri Makassar (UNM) berdasarkan SK Presiden Republik Indonesia No.93 Tahun 1999. Saati ini, UNM memiliki 20 program studi diploma, 66 program sarjana, dan 23 program studi pendidikan profesi guru. Selain itu, terdapat 21 program studi magister (S2) dan 10 program doktor (S3) yang dijalankan oleh UNM.

Peringkat Nasional: 67

Peringkat Dunia:  4401

3. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Pada tanggal 10 Oktober 2005 status kelembagaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Alauddin Makassar berubah menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Republik Indonesia No 57 tahun 2005.

UIN Alauddin Makassar telah berkembang dengan pesat hingga memiliki tujuh Fakultas yang mencakup bidang-bidang studi seperti Fakultas Syariah & Hukum, Ekonomi & Bisnis Islam, Tarbiyah & Keguruan, Ushuluddin & Filsafat, Dakwah & Komunikasi, Adab & Humaniora, Sains & Teknologi, Kedokteran & Ilmu Kesehatan.

Peringkat Nasional: 90

Peringkat Dunia: 5141

4. Universitas Muhammadiyah Makassar

Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar adalah sebuah perguruan tinggi swasta di Makassar. Lokasinya terletak di Jalan Sultan Alauddin No.259, Rappocini Makassar.

Unismuh Makassar didirikan pada tanggal 19 Juni 1963 sebagai cabang dari Universitas Muhammadiyah Jakarta. Statusnya sebagai perguruan tinggi swasta terdaftar kemudian diumumkan pada tanggal 1 Oktober 1965.

Ketika baru berdiri, Unismuh Makassar hanya memiliki dua fakultas, yaitu Fakultas Keguruan dan Seni serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Namun seiring berjalannya waktu Unismuh Makassar telah berkembang menjadi tujuh fakultas dengan 34 program studi.

Peringkat Nasional: 148

Peringkat Dunia: 6654

5. Universitas Muslim Indonesia (UMI)

Universitas Muslim Indonesia (UMI) adalah satu-satunya perguruan tinggi swasta di kawasan timur Indonesia yang telah mendapatkan akreditasi resmi. Selain itu, mayoritas dari program studinya sudah mendapat akreditasi dari BAN-PT, loh!

Bagi Sobat Miku yang tertarik masuk ke UMI, kamu ini menyediakan 12 fakultas, di antaranya adalah Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Teknik, Fakultas Farmasi, Fakultas Hukum, Fakultas Sastra, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Ekonomi, Fakultas Agama Islam, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran, Fakultas Pertanian, dan Fakultas Perikanan dan Kelautan.

Peringkat Nasional: 162

Peringkat Dunia: 9368

6. Universitas Cokroaminoto Makassar

Universitas Cokroaminoto Makassar merupakan perguruan tinggi swasta yang terletak di Tamalanrea yang berdiri sejak 1968. UCM memiliki tujuh fakultas. Meski swasta, peminat kampus ini sangat banyak loh Sobat Miku. 

Peringkat Nasional: 318

Peringkat Dunia: 10348

7. Universitas Bosowa

Universitas Bosowa merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia yang fokus pada kewirausahaan dan teknologi. Bagi Sobat Miku yang tertarik Universitas Boso, kampus ini memiliki 9 fakultas dengan 32 program studi yang berbeda-beda. 

Peringkat Nasional: 322

Peringkat Dunia: 10422

8. Universitas Fajar

Universitas Fajar (UNIFA) adalah perguruan tinggi Yayasan Pendidikan Fajar Ujung Pandang di Panakkukang. Saat ini UNIFA punya dua fakultas, yaitu Fakultas Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial dan Fakultas Teknik, yang didirikan sudah didirkan sejak Agustus 2008. 

Peringkat Nasional: 358

Peringkat Dunia: 10958

9. Universitas Atma Jaya Makassar

Universitas Atma Jaya Makassar dikelola oleh Yayasan Perguruan Tinggi Atma Jaya. Kampus ini telah berdiri sejak 9 Juni 1980 dan memiliki 5 fakultas dan 10 program studi. 

Peringkat Nasional: 374

Peringkat Dunia: 11228

10. Universitas Kristen Indonesia Paulus

Universitas Kristen Indonesia Paulus atau UKI Paulus Makassar sudah berdiri sejak 2 September 1963. Saat ini, UKI Paulus telah memiliki empat fakultas dan berbagai program pascasarjana. 

Peringkat Nasional: 437

Peringkat Dunia: 12133

Baca juga: SNBP 2024: Jadwal, Aturan, & Proses Seleksi

Nah itu tadi penjelasan lengkap mengenai universitas terbaik di Makassar, gimana nih Sobat Miku, kamu tertarik dengan universitas yang mana? Oh ya bagi kamu yang ingin mencari informasi terkait informasi jurusan dan dunia kuliah dapat langsung mengunjungi maukuliah.com ya!

Tags tidak ada

Komentar Anda