1. Home
  2. /
  3. Info Kampus
  4. /
  5. 10 PTN Ini Punya Rumah Sakit Pendidikan Sendiri
Info Kampus

10 PTN Ini Punya Rumah Sakit Pendidikan Sendiri

1119   |   Posted by Fadhol   |   31 January 2023

MAUKULIAH.ID– Kamu ingin kuliah di fakultas kedokteran? Jurusan kedokteran menjadi salah satu prodi favorit selama bertahun-tahun. Apakah jurusan ini menjadi jurusan favoritmu? Jurusan kedokteran bakal ko-asisten (koas) di Rumah Sakit Pendidikan (RSP), loh guys

Namun, tidak semua PTN mempunyai Rumah Sakit Pendidikan (RSP). Lalu PTN mana saja yang telah memiliki RSP? Berikut 10 dari sekitar 20an Universitas Negeri di Indonesia yang memiliki Rumah Sakit Pendidikan (RSP). Kira-kira kampus impianmu sudah punya Rumah Sakit Pendidikan (RSP) belum?

10 PTN Ini Punya Rumah Sakit Pendidikan Sendiri

1. Universitas Airlangga

RS Unair juga memiliki Airlangga Aesthetic Center (ACC) yang baru diresmikan pada akhir 2018. Indonesia varises, skin and facial aesthetic, stem cell anti aging, dan dental aesthetic menjadi unggulan ACC RSUA. Bahkan, RSUA juga memiliki kantor sekretariat dari 39 RS PTN se-indonesia. 

Rumah sakit Universitas Airlangga berlokasi di Kampus C Mulyorejo, Surabaya, Jawa Timur. Rumah sakit Universitas Airlangga memiliki fasilitas seperti instalasi rawat jalan, rawat inap, farmasi 24 jam, IGD 24 jam, gizi klinik, kedokteran fisik dan rehabilitasi, laboratorium, medical check up, radiologi, serta rekam medis dan informasi kesehatan.

2. Universitas Brawijaya

RSUB mulai dibangun sejak 2010. RS UB dilengkapi dengan IGD, poli anak, poli jantung, poli kandungan, kamar operasi, farmasi, ICU, kamar bersalin. Saat ini RSUB memiliki kurang lebih 63 tempat tidur dalam beberapa pilihan ruang rawat inap yaitu VIP, Kelas I, Kelas II, Kelas III.

RSUB berada di Jalan Soekarno-Hatta, Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur. Visi rumah sakit ini adalah menjadi rumah sakit yang memiliki kualitas yang baik dalam pelayanan, pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di bidang kesehatan yang bertaraf internasional

3. Universitas Gadjah Mada

Rumah Sakit Universitas Gadjah Mada (RS UGM)  berlokasi di Jl. Kabupaten, Kranggahan I, Trihanggo, Kec. Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55291. RS UGM ini ditetapkan sebagai rumah sakit tipe B pada tahun 2014. Layanan RS ini cukup lengkap termasuk laboratorium, bedah, rehabilitasi medis, kesehatan umum, radiologi dan imaging, layanan darurat, dan diagnostic. Bahkan, RS UGM juga dilengkapi dengan fasilitas MCT-SCAN 128 Slices, EEG, BMD, USG 4D, X-Ray Mobile, Unit, dan fasilitas medis lain. Rumah Sakit Akademik UGM membuka layanan Laboratory Service 24 hours yang ditujukan bagi pasien umum. Dengan konsep One Stop Service.

Baca juga: 10 Rekomendasi Jurusan Terbaik Buat Kamu Anak IPA

4. Universitas Indonesia

Rumah Sakit Universitas Indonesia merupakan Rumah Sakit Pendidikan Tinggi Negeri (RS-PTN) pertama di Indonesia yang mempunyai konsep hijau atau green hospital concept yang ramah lingkungan dan mengutamakan pada keselamatan pasien. RS UI juga memiliki konsep one stop health service. Rumah sakit yang berdiri di atas lahan seluas 106.100 meter persegi ini memiliki 300 beds rawat inap, ruang observasi bagi mahasiswa kedokteran, dan infrastruktur teknologi yang mendukung pembelajaran medis. RS UI dibangun dengan konstruksi anti gempa dan kompartemen tahan api di setiap lantai.

5. Universitas Hasanuddin

Rumah sakit Universitas Hasanuddin (UNHAS) adalah rumah sakit yang terletak di KM 11, Jalan P.Kemerdekaan, Tamalanrea Indah, Kec Tamalanrea, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Salah satu RSP di wilayah Indonesia timur ini telah dilengkapi dengan plasmapheresis. Alat yang dibutuhkan dalam perawatan berbagai jenis penyakit neurologis ini baru bisa dijumpai di RS Unhas di Kawasan tersebut.

Rumah sakit ini telah mengembangkan layanan unggulan seperti Cancer Center, Trauma Center, Eye Center, Diagnostic Center, Cerebral and Vascular Intervention Center, Fertility Endocrine Reproductive Center.

6.Universitas Diponegoro

Rumah Sakit Nasional Diponegoro merupakan rumah sakit milik Universitas Diponegoro Semarang dan merupakan rumah sakit tipe C terakreditasi KARS. Rumah sakit ini memiliki 19 klinik rawat jalan dan mengoperasikan 100 tempat tidur dari total 300 tempat tidur yang dimiliki. Melayani gawat darurat, rawat inap, ICU, klinik rawat jalan, apotek, radiologi, laboratorium, rehabilitasi medik, kateterisasi jantung, cuci darah serta Ambulans 24 Jam. Rumah sakit ini berada di Jalan Prof. Moeljono S Trastotenojo, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50275.

7. Universitas Andalas Padang

Rumah sakit ini berlokasi di kompleks kampus Unand Limau Manis, kecamatan Pauh, kota Padang, Sumatera Barat. Rumah sakit ini memiliki 200 tempat tidur dengan fasilitas unggulan pada penyakit keganasan dan gastrointestinal. Pelayanan meliputi pelayanan rawat jalan, pelayanan rawat inap, pelayanan kamar operasi, pelayanan UGD, instalasi farmasi, pelayanan pasien rujukan, pelayanan ICU, ambulance, pelayanan penunjang (radiologi, laboratorium dan gizi) serta dilengkapi fasilitas radioterapi yang sangat modern.

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat dengan Jurusan Kuliah di Bidang Kesehatan

  1. Universitas Udayana

RS seluas 41.000m2 mulai dibangun tahun 2010 dan mulai beroperasi pada tahun 2013 dengan membuka pelayanan kesehatan bagi masyarakat umum sebagai penyedia pelayanan kesehatan tingkat pertama. Pada tahun 2018 Meningkatkan status operasional menjadi Rumah Sakit Tipe C dengan pelayanan empat besar meliputi Obgyn, Anak, Bedah dan Interna. Rumah sakit ini terletak di Jl. Rumah Sakit Unud, Jimbaran, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali 80361

9. Universitas Negeri Sebelas Maret

RS UNS merupakan rumah sakit dengan tipe pelayanan A, B dan C, memiliki 200 kamar. Layanan rawat inap dengan kapasitas 60 pasien dan akan ditambah kapasitasnya seiring dengan ketersediaan sumber daya pendukung pelayanan. Kemudian ada 10 poliklinik spesialis dan fasilitas Instalasi Gawat Darurat beserta Laboratorium yang buka selama 24 jam. Rumah sakit ini berada di Jl. Ahmad Yani 200 Makamhaji Kartasura Sukoharjo, Sukoharjo, Jawa Tengah

10. Universitas Riau

Rumah Sakit Universitas Riau (RSUR) adalah sebuah rumah sakit umum yang terletak di Panam, kota Pekanbaru Provinsi Riau.Tepatnya di Kampus Bina Widya, Jl. HR. Soebrantas Panam No.KM. 12.5, Simpang Baru, Panam, Kota Pekanbaru, Riau 28293 Rumah sakit yang memiliki luas 138.162 m2 memiliki pelayanan unggulan yaitu Research and Healthcare Integrated Medikine, Research and Healthcare Tropical medikine, Research and Healthcare Reproductive Medikine, Research and Healthcare Trauma medikine dan Neurocardiovascular.

Nah sobat semua fasilitas dan kecanggihan yang ada di RSP, tetap saja yang terpenting adalah pendidikan dan penelitian untuk menjadi calon dokter. Still, you can’t disagree that better facility brings better education top. Tapi tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan keberadaan RSP dalam memilih kampus kedokteran ya sobat Miku Sobat bisa cari jurusan dan kampus idamanmu di: maukuliah.id.

Komentar Anda