1. Home
  2. /
  3. Info Kampus
  4. /
  5. 5 Rekomendasi PTN yang Membuka Jalur Hafidz Al-Qur’an...
Info Kampus

5 Rekomendasi PTN yang Membuka Jalur Hafidz Al-Qur’an 2024

2   |   Posted by Siti Haliza   |   30 January 2024

MAUKULIAH.ID – Sobat Miku, tahukah kamu jika saat ini ada penerimaan mahasiswa baru (PMB) jalur hafidz Alquran? Ternyata Perguruan Tinggi Negeri (PTN) menyediakan kuota khusus untuk Sobat Miku yang berprestasi sebagai Hafidz Al-Qur’an. 

Yuk cari tahu PTN mana saja yang membuka jalur Hafidz Al Qur’an yang dapat Sobat Miku ikuti pendaftarannya. Check it out!

Rekomendasi PTN yang Membuka Jalur Hafidz Alqur’an

1. IPB University

IPB University memberikan penghargaan melalui jalur Prestasi Internasional dan Nasional (PIN) bagi calon mahasiswa yang berprestasi dalam hafidz Al-Qur’an. Hafal minimal 5 juz hingga 29 juz setara dengan Prestasi Olimpiade Nasional, sementara yang mampu menghafal 30 juz setara dengan Prestasi Olimpiade Internasional. Untuk info lengkapnya Sobat Miku bisa cek persyaratannya di sini Ketentuan dan Syarat Jalur Masuk IPB

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

UGM membuka jalur masuk sekaligus beasiswa untuk calon mahasiswa melalui jalur penghafal Al-Quran, yang difokuskan pada fakultas kedokteran. Beasiswa mencakup uang saku dan biaya pendidikan hingga delapan semester. Cek informasi lengkapnya di sini

3. Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

UNJ menerima calon mahasiswa penghafal Alquran pada jalur Mandiri-Prestasi. Selain itu, jalur ini juga menyokong beasiswa untuk Hafidz Al dan mendapatkan uang saku sebesar Rp500.000. Untuk Informasi terkait pendaftaran dan syarat dapat dilihat di website resmi UNJ.

4. Universitas Syiah Kuala

Universitas Syiah Kuala membuka jalur tahfidz Al-Qur’an pada jalur Mandiri Prestasi dan memberikan beasiswa bagi calon mahasiswa yang menghafal minimal 10 juz. Selain itu, mahasiswa akan mendapatkan keuntungan kuliah gratis selama satu semester, dan hingga pembebasan biaya SPP jika yang menghafal hingga 30 juz.

5. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

ITS di Surabaya membuka seleksi prestasi kategori Tahfidz Al-Quran melalui jalur SNMPTN dan Jalur Mandiri. Peserta harus menghafal Al-Qur’an minimal 10 juz. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi laman resmi ITS.

Baca juga: 

Bagi Sobat Miku yang tertarik dengan jalur ini, pastikan memenuhi syarat dan mendapatkan sertifikat Tahfidz yang diperlukan. Selamat mengejar impian masuk ke PTN melalui jalur Hafidz Alquran. Untuk artikel lain terkait informasi kampus dan jurusan yuk kunjungi maukuliah.id

 

Tags tidak ada

Komentar Anda