1. Home
  2. /
  3. Dunia Mahasiswa
  4. /
  5. Terdapat 6 Generasi di Indonesia, Kamu yang Mana...
Dunia Mahasiswa

Terdapat 6 Generasi di Indonesia, Kamu yang Mana nih?

6 Generasi di Indonesia
1698   |   Posted by Seprila Mayang   |   14 April 2023

MAUKULIAH.ID– Halo Sobat Miku, tau gak sih? Setiap generasi itu memiliki karakter yang berbeda, loh. Perbedaan karakter ini dapat disebabkan karena perbedaan sejarah, kondisi ekonomi, budaya, sosial, dan politik yang dialami oleh setiap generasinya.

Sering kali, adanya perbedaan pola pikir dan pola komunikasi menimbulkan berbagai kesalahpahaman pada setiap generasinya. Untuk menghindari permasalahan itu, maka kamu perlu mengetahui karakter berbagai kelompok generasi tersebut. Nah, terdapat 6 generasi yang terdapat di Indonesia yang dikutip dari ecampuz, adapun sebagai berikut.

Baca juga: Rekomendasi Jurusan Buat Kamu Si Gen Z

6 Generasi yang Terdapat di Indonesia

1. Pre Boomer (Lahir Sebelum Tahun 1945)

Apa yang ada dipikiran Sobat Miku jika membayangkan era sebelum tahun 1945? Yaps, masa di mana penuh gejolak dan peperangan. Nah itulah yang dialami oleh kakek-nenek kita yang lahir pada masa sebelum tahun 1945. 

Akibatnya, mereka memiliki jiwa yang tangguh karena saat itu sangat sulit untuk memenuhi kebutuhan. Di sisi lain, Pre Boomer memiliki kekurangan yaitu kurang berani dalam menyampaikan pendapat. Hal ini disebabkan karena pada saat itu kebebasan berpendapat sangat dibatasi.

2. Generasi Baby Boomers (Lahir Pada Tahun 1946-1964)

Tahukah kamu bahwa Istilah Baby Boomers muncul karena adanya peningkatan angka kelahiran setelah perang dunia II berlangsung. Sehingga, keadaan saat generasi ini lahir yaitu belum modern dan lapangan kerja masih sedikit.

Dampak dari keadaan sulit tersebut adalah generasi Baby Boomers memiliki karakter yang dewasa, jujur dan mau bekerja keras demi keluarganya. Namun, generasi ini cenderung memiliki karakter untuk bersaing yang tinggi.

3. Generasi X (Lahir Pada Tahun 1965-1980)

Setelah generasi Baby Boomers, muncullah Generasi X. Gen X lahir di masa teknologi sudah berkembang, meskipun tidak pesat seperti saat ini. Sehingga mereka akrab dengan dunia digital dan non-digital. Mereka juga terkenal sebagai orang yang dapat memecahkan masalah dengan baik, banyak akal dan logis. 

4. Generasi Y atau Milenial (Lahir Pada Tahun 1981-1996)

Istilah Milenial dicetuskan oleh William Strauss dan Neil Howe dalam buku mereka yaitu “The Millennial Generation”. Generasi ini lahir pada masa perkembangan teknologi yang lebih pesat, jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Oleh sebab itu, mereka sudah cerdas dalam menggunakan teknologi.

Banyak orang yang lahir pada generasi ini sudah dapat mengakses pendidikan hingga jenjang yang tinggi. Sehingga, pemikiran mereka terbuka terhadap perubahan yang mungkin terjadi.

5. Generasi Z (Lahir Pada Tahun 1997-2012)

Serupa dengan Gen Y, Gen Z hidup pada masa kemajuan teknologi. Dalam kehidupan sehari-hari Gen Z menggunakan teknologi untuk memudahkan kehidupannya.

Namun, Gen Z juga sering dianggap ketergantungan teknologi sehingga menyukai sesuatu yang cepat atau instan.  Sering kali mereka juga disebut sebagai pecandu Media Sosial (Medsos) akibat terlalu berlebihan dalam menggunakan media sosial. 

6. Post Gen Z 

Seperti dua generasi sebelumnya, generasi Post Gen Z sejak kecil sudah mengenal teknologi. Berbeda dengan generasi sebelumnya yang masih bermain dengan permainan tradisional, generasi ini sudah menggunakan teknologi untuk permainannya. Sementara itu, karakteristik mereka belum diketahui karena usia dari generasi ini masih anak-anak. 

Baca juga: 5 Tips Jitu Jika Galau Pilih Jurusan? Simak Yuk! 

Nah, Itulah 6 generasi di Indonesia beserta karakternya. Manfaat yang didapatkan dengan mengetahui karakteristik setiap generasi adalah kamu bisa lebih menempatkan diri. Sehingga, kamu bisa menentukan bagaimana cara berkomunikasi dengan berbagai generasi yang telah disebutkan di atas. 

Oh iya, kalau kamu masuk generasi yang mana nih? Kalau kamu generasi Z dan sedang mencari informasi seputar kampus, wajib banget untuk kunjungi maukuliah.id. Lebih dari itu, kamu juga akan mendapatkan informasi jurusan, dan tips lainnya.

 

Ditulis oleh Shitny Dwi
Disunting oleh Seprila Mayang

Tags tidak ada

Komentar Anda