1. Home
  2. /
  3. Info Jurusan
  4. /
  5. Rekomendasi Jurusan Buat Kamu Si Gen Z
Info Jurusan

Rekomendasi Jurusan Buat Kamu Si Gen Z

Jurusan Buat Gen Z
221   |   Posted by Seprila Mayang   |   09 March 2023

MAUKULIAH.ID– Gen Z adalah generasi yang lahir antara tahun 1995 dan 2010. Artinya, saat ini adalah waktu yang efektif untuk mengenyam pendidikan, termasuk melangkah ke perguruan tinggi.

Gen Z diidentikkan dengan memiliki kelebihan dalam hal melek teknologi, mudah menerima perbedaan, senang berekspresi dan peka terhadap masalah sosial. Nah, kelebihan-kelebihan tersebut dapat mendukungmu dalam memilih jurusan yang  sesuai. Gak perlu bingung, kali ini Miku akan berbagi rekomendasi jurusan yang cocok untuk Gen Z,  simak sampai selesai, ya.

Baca juga: Suka Perkembangan Teknologi? Ini Dia 10 Jurusan yang Cocok untuk Pecinta Teknologi

Jurusan Buat Kamu Gen Z

1. Ilmu komputer 

Seiring dengan kemajuan teknologi digital yang terus meningkat, lulusan ilmu komputer sangat diminati. Ilmu komputer adalah ilmu yang mempelajari  tentang komputasi, hardware maupun software. Sehingga kamu akan bertemu dengan mata kuliah Mobile Programming, Sistem Otomasi, Analisis Perancangan Sistem dan masih banyak lainnya.

Lulusan ilmu komputer saat ini banyak diminati oleh perusahaan, terutama perusahaan berbasis digital, sebagai Programmer,  Developer Software, Front End Developer

 dan lain-lain. Kalau kamu tertarik dengan jurusan ini, bisa berkuliah di kampus-kampus berikut:

  1. Universitas Gadjah Mada
  2. Universitas Indonesia
  3. Institut Pertanian Bogor
  4. Universitas Sumatera Utara.
  5. Universitas Lampung

2. Arsitektur 

Arsitektur adalah jurusan yang tepat bagi Sobat Miku yang menyukai bangunan. Di jurusan ini, mereka akan belajar tentang penerapan teknik dan prinsip dalam desain dan konstruksi bangunan.

Dengan mempelajari arsitektur, kamu bisa memiliki prospek kerja yang menjanjikan, mulai dari konsultan, developer, hingga kontraktor. Namun tidak hanya itu, kamu juga bisa melakukan ide  out of the box seperti yang dilakukan oleh arsitek Rusia, Rustam Kungurov. Ia membuat toko kue dan menghasilkan kue dengan beragam bentuk.  

Ada banyak kampus yang menawarkan jurusan ini, di antaranya:

  1. Binus University
  2. Universitas Brawijaya (UB)
  3. Universitas Diponegoro (Undip)
  4. Universitas Gadjah Mada (UGM) 
  5. Universitas Padjadjaran (Unpad)

3. Data Science

 Pesatnya perkembangan teknologi yang terjadi saat ini membuat teknik pengolahan data menjadi penting. Jurusan yang mengampu bidang pengolahan data, khususnya data kuantitatif, adalah data science. Dengan begitu, mahasiswa akan belajar bagaimana mengolah data yang jumlahnya banyak dan sangat besar.

Lulusan data science banyak dibutuhkan oleh industri. Sehingga, meningkatkan peluang kerja bagi lulusan jurusan ini. Hal tersebut juga didukung dengan banyaknya kampus yang membuka jurusan ini, diantaranya:

  1. Institut Pertanian Bogor (IPB)
  2. Universitas Airlangga (UNAIR)
  3. Telkom University (Tel-U)
  4. Universitas Bina Nusantara (BINUS University)
  5. Universitas Nusa Mandiri (UNM)
  6. Institut Teknologi Sumatera (ITERA)
  7. Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR)
  8. Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY)

4. Sistem informasi (SI)

Sistem informasi adalah sesuatu yang menyediakan informasi untuk memungkinkan manajemen membuat keputusan atau kebijakan dan melakukan operasional. Jurusan ini ditawarkan di berbagai universitas, meliputi:

  1. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).
  2. Universitas Bina Nusantara.
  3. Universitas Gunadarma.
  4. Universitas Nusa Mandiri.
  5. Universitas Komputer Indonesia.

Suatu sistem merupakan alat yang penting dan dibutuhkan oleh suatu perusahaan atau instansi resmi. Tentu saja, banyak perusahaan yang membutuhkan lulusan jurusan ini.

5. Bisnis digital 

Bisnis digital menjadi salah satu pilihan bisnis yang banyak dicari oleh para bisnis startup saat ini. Kalau kamu masuk  jurusan ini, maka kamu akan belajar banyak tentang big data, artificial intelligence (AI), digital startups, dan marketplace.

 Dikarenakan mahasiswa lulusan bisnis digital masih tergolong jarang, perusahaan tidak segan-segan menawarkan gaji tinggi kepada mereka yang bergelar sarjana. Jurusan ini ditawarkan di kampus-kampus berikut ini.

  1. Universitas Negeri Jakarta.
  2. Institut Teknologi Sepuluh November.
  3. Universitas Padjadjaran.
  4. Universitas Pendidikan Indonesia.
  5. Institut Teknologi Nasional Malang.

6. Kedokteran 

Selama ini ilmu kedokteran menjadi salah satu cabang yang paling populer. Tidak dapat disangkal bahwa profesi kedokteran menawarkan prospek yang bagus dan gaji yang tinggi bagi mahasiswa masa depan.

Jika kamu masuk jurusan ini, kamu akan belajar tentang masalah kesehatan termasuk bagaimana menjaga kesehatan, mencegah penyakit dan juga memberikan pengobatan. kamu bisa belajar jurusan ini di berbagai kampus di Indonesia, meliputi:

  1. Universitas Brawijaya.
  2. Universitas Gadjah Mada.
  3. Universitas Sebelas Maret.
  4. Universitas Airlangga.
  5. Universitas Diponegoro.

7. Teknik Perminyakan

Di jurusan ini berfokus pada kegiatan pertambangan minyak, gas dan panas bumi, pengeboran minyak dan gas, eksplorasi, distribusi dan ekonomi. Meski industri migas global sedang lesu dan prospeknya diprediksi menurun, namun jurusan ini memiliki prospek yang menjanjikan. Jurusan ini terdapat di berbagai kampus, di antaranya:

  1. Institut Teknologi Bandung (ITB).
  2. Universitas Jember (UNEJ).
  3. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPN).
  4. Institut Teknologi dan Sains Bandung (ITSB).
  5. Universitas Islam Riau (UIR).

Baca juga: 5 Tips Jitu Jika Galau Pilih Jurusan? Simak Yuk! 

Nah itulah beberapa jurusan yang cocok banget untuk kamu Gen Z, beserta rekomendasi perguruan tinggi yang bisa kamu pilih. Sudahkah kamu memikirkannya dan membuat pilihan? Jika belum, yuk mulai pertimbangkan jurusan di atas. Jangan lupa kepoin maukuliah.id juga, ya. Tetap Semangat!

 

Ditulis oleh Shitny Dwi
Disunting oleh Seprila Mayang

Tags tidak ada

Komentar Anda