1. Home
  2. /
  3. Info Kampus
  4. /
  5. 8 Universitas Terbaik di Semarang 2024 
Info Kampus

8 Universitas Terbaik di Semarang 2024 

2   |   Posted by Siti Haliza   |   30 January 2024

MAUKULIAH.ID – Semarang tak hanya dikenal sebagai Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah, namun Semarang juga punya deretan universitas terbaik yang bisa kamu pilih. 

Kebetulan banget nih, Miku mau kasih info nih 8 universitas terbaik yang ada di Kota Semarang. Nah, bagi sobat Miku yang tertarik berkuliah di kota ini, yuk simak artikel di bawah ini. 

1. Universitas Diponegoro (Undip) 

Posisi pertama ditempati oleh universitas Diponegoro yang merupakan kampus dengan reputasi yang terbaik dengan berbagai program unggulan di berbagai bidang. Fasilitas yang digunakan oleh kampus ini sangat modern dan lengkap sehingga mampu mendukung kegiatan akademik bagi mahasiswa. 

Peringkat nasional: 6 

Peringkat Asia: 285 

2. Universitas Negeri Semarang (Unnes)

Universitas Negeri Semarang dikenal dengan berbagai program pendidikan berkualitas dan lingkungan belajar yang kondusif, menempati posisi prestisius dalam peringkat UniRank untuk kampus terbaik di Semarang. Universitas ini menjadi pilihan yang populer di kalangan calon mahasiswa karena dedikasi terhadap kualitas pendidikan dan penelitiannya.

Peringkat nasional: 11 

Peringkat Asia: 457 

3. Universitas Islam Sultan Agung 

Next, ada Universitas Islam Sultan Agung yang merupakan kampus swasta yang memiliki 11 fakultas. Kampus ini terkenal dengan pendidikan islamnya dan telah terakreditasi Unggul oleh BAN-PT. 

Peringkat nasional: 71 

Peringkat Asia: 1.466

 4. Universitas Dian Nuswantoro 

Universitas Dian Nuswantoro, yang dikenal dengan program-program yang relevan dengan tuntutan industri, memiliki peran penting dalam daftar kampus terbaik di Semarang. Universitas ini menawarkan lingkungan belajar yang inspiratif dan fasilitas modern. Para mahasiswa di Universitas Dian Nuswantoro memiliki akses ke peluang pengembangan diri yang beragam.

Peringkat nasional: 76 

Peringkat Asia: 1.547 

5. Universitas Katolik Soegijapranata 

Universitas Katolik Soegijapranata, yang menekankan pendidikan berbasis nilai-nilai dan etika, menduduki posisi yang kuat dalam peringkat kampus terbaik di Semarang. Program-program akademik yang beragam dan atmosfer akademik yang inklusif membuat universitas ini menjadi pilihan menarik bagi calon mahasiswa.

Peringkat nasional: 83

 Peringkat Asia: 1.751

6. Universitas PGRI Semarang 

Universitas PGRI Semarang merupakan kampus swasta yang telah berdiri sejak tahun 1981. Kampus ini telah terakreditasi B oleh BAN-PT dan fokus pada pengembangan kurikulum untuk menghasilkan alumni pendidik yang berkualitas.

Peringkat nasional: 111

 Peringkat Asia: 2.374 

7. Universitas Semarang 

Universitas Semarang Jawa Tengah, sebuah perguruan tinggi swasta di Semarang, didirikan oleh alumni Universitas Diponegoro. Setelah melalui perjuangan yang panjang, USM Jawa Tengah resmi berdiri pada tahun 1993 dan merupakan bentuk baru dari Politeknik Semarang.

Kini, USM Jawa Tengah memiliki enam fakultas, yaitu Fakultas Hukum, Ekonomi, Teknik, Psikologi, Teknologi Pertanian, dan Teknologi Informasi dan Komunikasi. USM Jawa Tengah juga telah membuka program pascasarjana. 

Peringkat nasional: 172 

Peringkat Asia: 3.278 

8. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang 

Universitas Islam Negeri Walisongo awalnya berkembang dari sebuah sekolah tinggi. Namun, seiring perkembangan waktu, UIN Walisongo yang berada di bawah Kemenag ini kemudian menjadi universitas yang berdiri sendiri. 

Meskipun berada di bawah naungan Kementerian Agama, UIN Walisongo Semarang tidak hanya memiliki fakultas-fakultas Islam. Fakultas Sains, Psikologi, dan Ilmu Sosial juga menjadi bagian dari perguruan tinggi negeri di Semarang ini.

Peringkat nasional: 191 

Peringkat Asia: 3.407 

Baca juga: 

Nah itu tadi rekomendasi universitas terbaik di kota Semarang yang dapat menjadi referensi Sobat Miku dalam memilih kampus. Oh ya, bagi kamu yang tertarik untuk menjelajahi informasi kampus dan jurusan jangan lupa cek artikel terbaru di maukuliah.id ya!

Tags tidak ada

Komentar Anda