1. Home
  2. /
  3. Dunia Kampus
  4. /
  5. Mahasiswa, Ini 5 Alasan Kenapa Harus Ikut Organisasi
Dunia Kampus

Mahasiswa, Ini 5 Alasan Kenapa Harus Ikut Organisasi

5 Alasan Kenapa Harus Ikut Organisasi
7284   |   Posted by Seprila Mayang   |   15 March 2023

MAUKULIAH.ID– Kalian pasti sudah pada tahu dong, kalau jadi mahasiswa itu ga cuma kuliah aja? Ada banyak banget hal yang bisa kita lakukan selain menimba ilmu dari buku-buku tebal. Salah satunya adalah ikutan organisasi!

Yup, organisasi mahasiswa! Kegiatan yang mungkin ga terdengar se-keren jadi ketua OSIS di SMA, tapi sebenarnya organisasi mahasiswa itu bisa memberikan pengalaman yang super keren buat kamu. Jadi, buat kalian yang masih ragu-ragu untuk ikutan organisasi, ini dia 5 alasan kenapa kalian harus ikut!

Baca juga : Keuntungan Mengikuti Organisasi Bagi Mahasiswa, Auto Cepet Dapat Kerja!

5 Alasan Kenapa Harus Ikut Organisasi

1. Menambah Pengalaman

Organisasi akan memberikan kamu banyak pengalaman, terutama jika kamu terlibat dalam kepengurusan. Kamu akan belajar bagaimana cara mengorganisir kegiatan, memimpin tim, bekerja sama dengan orang lain, hingga menyelesaikan masalah. Pengalaman-pengalaman ini akan sangat berguna nanti ketika kamu sudah masuk ke dunia kerja.

2. Meningkatkan Kemampuan Sosial

Dalam organisasi, kamu akan bertemu dengan banyak orang yang memiliki latar belakang dan kepentingan yang berbeda. Hal ini akan memperluas pandangan kamu tentang dunia, juga membuat kamu lebih terbuka terhadap perbedaan. Selain itu, kamu juga akan belajar cara berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain secara efektif.

3. Menambah Jaringan

Organisasi merupakan tempat yang tepat untuk memperluas jaringan. Kamu akan bertemu dengan banyak orang dari berbagai jurusan, bahkan dari kampus lain. Siapa tahu, mereka bisa menjadi partner atau rekan kerja kamu di masa depan. Selain itu, bergabung dengan organisasi juga bisa memperluas jaringan di luar kampus, seperti dengan para praktisi atau komunitas di bidang yang kamu minati.

4. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Aktif di organisasi juga bisa membantu meningkatkan kepercayaan diri kamu. Kamu akan memiliki banyak kesempatan untuk tampil di depan umum, memimpin acara atau presentasi, hingga memperkenalkan diri ke orang baru. Semua itu akan membantu kamu mengembangkan kepercayaan diri dan kemampuan public speaking.

5. Belajar Manajemen Waktu

Mahasiswa memang terkenal dengan jadwal yang padat. Namun, terlibat di organisasi juga bisa membantu kamu belajar bagaimana cara mengelola waktu dengan baik. Kamu akan belajar cara membagi waktu antara kuliah, organisasi, tugas kuliah, hingga waktu untuk bersantai. Dengan manajemen waktu yang baik, kamu akan lebih produktif dan sukses di masa depan.

Baca juga : Selangkah Lebih Dekat dengan Himpunan Mahasiswa Jurusan

Nah, itulah 5 alasan kenapa harus ikut organisasi di kampus. Selain manfaat-manfaat tersebut, ikut organisasi juga bisa membuat kamu lebih aktif, terlibat dalam kegiatan sosial, dan menambah skill yang berguna di masa depan. Jangan lupa, pilihlah organisasi yang sesuai dengan minat dan passion kamu, sehingga kamu bisa mendapatkan manfaat yang maksimal. Yuk, segera bergabung dengan organisasi di kampusmu!

Untuk informasi lain terkait dunia kampus, kalian bisa kunjungi laman maukuliah.id ya!

 

Ditulis oleh Salsabilla Tri Andini
Disunting oleh Seprila Mayang

Tags tidak ada

Komentar Anda