1. Home
  2. /
  3. Dunia Kampus
  4. /
  5. Wajib Tahu! Inilah Cara mudah Lakukan Parafrase
Dunia Kampus

Wajib Tahu! Inilah Cara mudah Lakukan Parafrase

Cara mudah Lakukan Parafrase
723   |   Posted by Seprila Mayang   |   27 March 2023

MAUKULIAH.ID– Pernahkah Sobat Miku membuat parafrase? Mungkin sebagian dari Sobat Miku menjawab belum, ya? Kalau kegiatan menulis ide orang lain menjadi rangkaian kata-kata yang dibuat sendiri, pernah atau belum? Nah, kalau pernah berarti kamu sudah pernah membuat parafrase.

Ketika Sobat Miku melakukan parafrase, maka tulisanmu akan memiliki kata-kata yang baik karena berisi konsep dan pikiran para penulis sebelumnya. Namun, ini juga bisa menjadi bumerang jika kamu hanya memindahkan tulisan yang kamu temukan dari suatu referensi.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui tingkat plagiarisme. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga kualitas penulisan. Maka dari itu, kamu harus berlatih membuat parafrase. Berikut ini adalah cara mudah lakukan parafrase. Disimak hingga tuntas, ya.

Baca juga: 5 Tips Mudah Menulis Karya Ilmiah dengan Benar

Cara mudah Lakukan Parafrase

1. Gunakan Sinonim Tanpa Mengubah Makna

Jika kamu membuka Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kamu akan menemukan banyak sinonim yang bisa dipilih. Pilihlah kata yang paling sesuai. Namun, penting untuk menjadi catatan yaitu jangan pilih kata yang mengubah arti dan malah menghasilkan kata yang sulit untuk dipahami.

2. Jangan Langsung Copy Paste

Saat kamu menemukan kalimat yang bagus, jangan sampai kamu memilih jalan mudah untuk menyalinnya. Dengan melakukan hal tersebut, maka kamu telah melakukan plagiat. Untuk menghindarinya, kamu dapat melakukan langkah selanjutnya. 

3. Perhatikan Poin Pada Kalimat

Langkah ini dapat dilakukan dengan membaca seksama. Perhatikan setiap kata demi kata, terutama untuk kata dengan kalimat yang sulit dipahami. Biasanya kalimat yang sulit membuat kita harus membaca referensi lainnya. 

Meskipun membutuhkan waktu, proses ini bisa menghindari kamu menyalin seluruh struktur kalimat. Sehingga, kamu harus menemukan poin pada kalimat tersebut, kemudian membuat kalimatmu sendiri.

4. Menggabungkan Informasi 

Setelah kamu melakukan langkah sebelumnya, kamu bisa mulai menggabungkan beberapa poin tersebut menjadi satu kalimat. Rangkailah kalimat yang mudah dipahami dan berisi poin penting. Kamu juga harus menghindari informasi yang tidak relevan karena akan memberikan ambigu pada kalimat yang telah dirangkai.

5. Buat Kalimat Pasif-Aktif

Kamu bisa membuat kalimat dari aktif menjadi kalimat pasif. beberapa langkah yang bisa dilakukan yaitu tukar subjek menjadi objek, ganti awalan me- menjadi di-, menggunakan kata oleh di belakang predikat.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Jurnal Ilmiah yang Benar dan Baik

Itulah cara mudah lakukan parafrase. Bagi kamu yang ingin melakukan parafrase jangan lupa mencantumkan nama penulis aslinya, ya. Jika tidak kamu cantumkan, artinya kamu menyampaikan gagasan orang lain sebagai gagasanmu. Tentu itu tidak baik dan dapat disebut sebagai plagiat.

Kalau kamu mau mengetahui cara menulis lainnya, kamu bisa mengunjungi maukuliah.id, ya. Disana, kamu juga bisa menemukan berbagai informasi seputar karier, kampus, jurusan dan informasi lainnya.

 

 

Ditulis oleh Shitny Dwi
Disunting oleh Seprila Mayang

Tags tidak ada

Komentar Anda