1. Home
  2. /
  3. Info Kampus
  4. /
  5. 10 Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Indonesia Versi...
Info Kampus

10 Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2020

1930   |   Posted by Fadhol   |   04 August 2020

Webometrics adalah suatu sistem yang memberikan penilaian terhadap seluruh universitas terbaik di dunia melalui website universitas tersebut. Webometric melakukan pemeringkatan terhadap lebih dari 22 ribu Perguruan Tinggi diseluruh dunia.

Peringkat ini diperbaharui setiap bulan Januari dan Juli, dan Ada empat komponen yang menjadi indikator utama dari penilaian Webometrics ini, yaitu: Presence, Impact, Openness, dan Excellence. Dengan komposisi penilaian Presence : 5 %, Impact: 50%, Openness : 10%, Excellence: 35%.

Daftar 10 Perguruan Tinggi Swasta Terbaik 2020 di Indonesia Versi Webometrics:

1. Telkom University (Tel-U)

image: wartakini.co

Didirikan oleh Yayasan Pendidikan Telkom, Tel-U terletak di Bandung, Jawa Barat. Selain menjadi universitas swasta terbaik di Indonesia, Tel-U juga menempati urutan ke-5 di nasional dan peringkat 1.435 di dunia. Telkom University sudah dibuka sejak 2013 dan dinyatakan menjadi yang terbaik di Indonesia oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) pada tahun 2019.

2. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

Tempat kedua diduduki oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang didirikan sejak 1 Maret 1981. UMY berhasil naik 7 peringkat setelah berada di urutan ke-9 pada tahun 2019. Selain itu, di tingkat nasional UMY berada di posisi ke 11 dan peringkat 1.906 di dunia.

Baca juga: Selain UGM, Ini 5 Kampus Terbaik di Yogyakarta

3. Universitas Bina Nusantara (Ubinus)

Universitas Bina Nusantara (Ubinus) menempati posisi ke tiga perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia. Pada peringkat nasional, Ubinus menempati peringkat ke -14 dan 2.111 pada peringkat dunia.

4. Universitas Narotama (Unnar) Surabaya

Unnar menunjukkan diri dalam pemanfaatan Informasi dan Teknologi bebasis internet di kancah Internasional. Sehingga pemeringakatan Webometrics ini menjadi salah satu pembuktian kiprah Unnar di kancah domestik maupun internasional. Selain menjadi PTS terbaik ke-4, Unnar juga menempati peringkat ke-18 secara nasional.

5. Universitas Mercu Buana (UMB)

Sejak Desember 2016, UMB sudah memperoleh akreditasi “A” atau Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). UMB menempati posisi ke 20 pada peringkat nasional, dan peringkat 2.674 di dunia.

6. Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma yang berlokasi di Depok, Jawa Barat. Setelah 25 tahun berdiri, Universitas Gunadarma berhasil menduduki peringkat ke-6 pada PTS terbaik di Indonesia.

Baca juga: 10 PTN Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2020

7. Universitas Islam Indonesia (UII)

Menjadi universitas swasta tertua di Indonesia, UII berdiri pada 8 Juli 1945 dan mulanya bernama Sekolah Tinggi Islam (STI) yang berlokasi di Jakarta. Resmi berubah nama menjadi Universitas Islam Indonesia pada tahun 1947 dan berlokasi di Yogyakarta. UII menempati posisi ke-31 pada peringkat nasional, dan peringkat 3.125 di dunia.

8. Universitas Dian Nuswantoro (Udinus)

PTS terbaik di Indonesia ke-8 ditempati oleh Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah. Pada peringkat nasional, Udinus menempati posisi di bawah persis UII, yakni ke-32.

9. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menjadi PTS ke-2 terbaik di Jawa Timur setelah Unnar. Berurutan dengan UII dan Udinus, UMM menempati posisi ke-33 dalam peringkat nasional.

10. Universitas Katolik Parahyangan (Unpar)

Pada posisi ke-10 PTS terbaik di Indonesia ditempati oleh Universitas Katolik Parahyangan (Unpar)

Bagaimana apakah kampus favoritmu masuk dalam kampus terbaik versi Webometrics? Kamu juga bisa lihat perguruan tinggi terbaik versi lembaga lain disini: 8 Kampus Terbaik Indonesia 2021 versi QS World University Rankings dan 10 Politeknik Terbaik di Indonesia 2020

Nah untuk teman-teman yang belum nemu kampus yang cocok bisa nih bandingkan beberapa kampus impian kamu dan temukan jurusan yang cocok dengan kamu di: maukuliah.id

Tags tidak ada

Komentar Anda