1. Home
  2. /
  3. Featured
  4. /
  5. Belajar Apa Saja Sih Di Sekolah Menengah Kejuruan...
Featured

Belajar Apa Saja Sih Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)?

78   |   Posted by Shitny Maukuliah   |   01 August 2023

MAUKULIAH.ID – Pernah nggak sih Sobat Miku bertanya-tanya “belajar apa saja sih di Sekolah Menengah Kejuruan?”? Pertanyaan ini mungkin muncul dari Sobat Miku yang sedang bingung menentukan sekolah setelah lulus Sekolah Menengah Pertama (SMP), ya? Nah, biar nggak bingung, yuk kita lebih mengenal tentang SMK.

Berdasarkan dari laman Kemendikbud, Sekolah Menengah Kejuruan merupakan pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan pada jenjang pendidikan menengah sebagai lanjutan dari SMP, MTs, atau bentuk lain sederajat. Sehingga, diharapkan lulusan SMK siap untuk memasuki dunia kerja atau bahkan berwiraswasta.

Baca juga : 5 Alasan Mengapa Lulusan SMK Haruskah Lanjut Kuliah

Belajar Apa Saja Sih Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)?

Berbeda dengan Sekolah Menengah Atas yang berfokus dengan akademik, SMK menawarkan jurusan yang relevan dengan kebutuhan industri. Jadi, sangat jelas kalau yang dipelajari SMA dan SMK itu berbeda. Lalu, belajar apa saja sih di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)?

  • Jurusan Spesifik

Jika di SMA kita mengenal jurusan IPA, IPS dan Bahasa, di SMK kita akan memilih jurusan yang sangat spesifik, misalnya Akuntansi, Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), dan masih banyak jurusan lainnya.

Nah, kalau Sobat Miku tertarik dengan jurusan tertentu, coba deh cari informasi tersedia di SMK mana. Jangan sampai kamu asal memilih jurusan padahal kamu tidak menyukainya.

  • Pembelajaran Berfokus pada Keterampilan

SMK berfokus pada keterampilan yang relevan dengan sektor industri tertentu. Ibaratnya ya, Sobat Miku yang masuk SMK itu memang sudah dididik untuk menjadi tenaga kerja yang berkompetensi sesuai dengan bidangnya. Sehingga, selama 3 tahun kamu bersekolah akan terus mengembangkan pengetahuan dan keterampilan pada bidang yang kamu pilih. 

  • Belajar Melalui Praktek kerja

Memang teori itu penting, namun jika kamu masuk SMK maka kamu akan lebih banyak mengikuti praktik dan terjun langsung ke lingkungan kerja. Tujuannya agar siswa dapat mengaplikasikan keterampilannya, mengetahui kendala yang dihadapi, memecahkan masalah, dan lainnya yang seringkali dihadapi oleh pekerja.

Baca juga : 10 Jurusan Kuliah Terbaik dan Ideal untuk Lulusan SMK

Nah itulah yang akan kamu pelajari jika kamu masuk SMK. Jadi, pilih SMA atau SMK, nih? Sesuaikan dengan rencana studimu, ya. Kalau kamu mau segera bekerja, lebih baik masuk SMK. Apalagi, SMK juga terdapat kompetensi untuk menjadi wirausaha, sehingga setelah lulus kamu dapat merintis usaha sendiri. Misalnya, siswa teknik komputer dan jaringan, setelah lulus dapat membuka jasa website atau membangun agensi digital. 

Informasi lainnya seputar jurusan, beasiswa serta tips dan triknya bisa kamu baca dengan mengunjungi maukuliah.id, ya. Kamu juga bisa loh memilih jurusan dengan bantuan tes minat dan bakat  di maukuliah.id/riasec-home.

 

Tags tidak ada

Komentar Anda