1. Home
  2. /
  3. Info Kampus
  4. /
  5. Mau Kuliah? Cek dulu Akreditasinya, Begini Caranya
Featured | Info Kampus

Mau Kuliah? Cek dulu Akreditasinya, Begini Caranya

211   |   Posted by Shitny Maukuliah   |   20 July 2023

MAUKULIAH.ID – Halo Sobat Miku, kamu mau kuliah dimana, nih? Wah, sudah tahu belum akreditasi kampusnya apa? Kalau belum, kamu wajib banget cek dulu ya akreditasinya. Caranya mudah kok, nanti Miku jelaskan langkah-langkahnya dengan detail.

By the way, Sobat Miku sudah tau belum sih mengapa perlu mencari informasi seputar akreditasi kampus itu penting? Jadi begini, coba deh bayangin suatu kelas terdiri beberapa murid. Murid-murid tersebut akan dinilai dan cek kompetensinya. Nah, sama dengan institusi pendidikan, kampus juga akan di cek kualitas dan mutunya.

Baca juga:  10 Universitas Terbaik di Surabaya dengan Akreditasi A Terbaru

Lalu, Mengapa Cek Akreditasi Kampus Penting?

  • Mengetahui Kualitas Kampus

Pasti kita semua tahu, kalau yang score-nya bagus dianggap kualitasnya baik. Kalau kampus memiliki akreditasi yang tinggi, maka kampus tersebut dianggap memiliki kualitas yang tinggi pula. Karena untuk mendapatkan score akreditasi yang baik, perguruan tinggi harus lulus dari berbagai penilaiannya, seperti kualitas pendidik dan tenaga pengajar, sarana dan prasarana, relevansi kurikulum dan tenaga kerja serta penilaian lainnya.

  • Memberikan Rasa Aman

Pernah dengar “mahasiswa mau lulus eh malah kampusnya tutup”? Banyak kampus yang dipaksa tutup akibat melakukan pelanggaran berat. Meskipun, mahasiswa yang kampusnya ditutup dapat transfer ke kampus lain, namun tetap membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Nah, dengan adanya akreditasi diharapkan dapat memberikan jaminan kepada masyarakat bahwa kampus tersebut memiliki kualitas yang baik.

  • Syarat Melamar Kerja

Akreditasi kampus menjadi salah satu kualifikasi untuk melamar kerja. Memang, tidak semua perusahaan, namun kalau Sobat Miku mau melamar di  Akreditasi lembaga pemerintahan biasanya ini menjadi salah satu persyaratan.  

Cara Cek Akreditasi Kampus dan Program Studi

Kalau Sobat Miku berpikir bahwa cek akreditasi itu sulit, fix itu salah besar. Cek akreditasi kampus dan perguruan tinggi itu mudah banget, loh. Seluruh perguruan tinggi di Indonesia bisa kamu cek akreditasinya secara online melalui website BAN-PT secara online. Gimana, caranya? Ini dia cara cek akreditasi kampus dan program studi.

Cara Cek Akreditasi Kampus

  • Masukkan nama kampus atau pilih Status akreditasi yang ingin di cek untuk, misalnya ingin cek kampus dengan akreditasi unggul, maka, klik “Unggul”. 

  • Selanjutnya, kamu juga bisa memasukkan nama kampus. Misalnya Universitas Indonesia, maka akan di tampilkan hasil filter sesuai pencarianmu.

Cara Cek Akreditasi Program Studi

  • Masuk ke website BAN-PT melalui link https://www.banpt.or.id/direktori/prodi/pencarian_prodi.php

  • Masukkan nama perguruan tinggi
  • Pilih program studi
  • Pilih jenjang strata
  • Hasil pencarian muncul  sesuai filter. Misalnya, Sobat Miku mau mencari informasi akreditasi Program Sarjana Teknik di Universitas Gadjah Mada, maka hasil pencarian akan muncul seperti gambar dibawah ini.

Baca juga: 100 Universitas Terbaik di Indonesia versi Webometrics 2023

Itulah cara cek akreditasi kampus dan program studi dari Maukuliah. Mudah, kan? Oh ya, ada cara mudah lainnya nih, kamu bisa dapat informasi seputar kampus melalui cari kampus Maukuliah. Bukan hanya informasi akreditasi, bahkan Sobat Miku juga bisa mencari sesuai kelas loh. Misalnya, mau cari kelas karyawan, kelas online dan lainnya, semua tersedia di Mau kuliah. Yuk langsung cek akreditasi kampus dan program studi pilihanmu. Jangan ditunda, ya! 

Mau informasi seputar kampus, jurusan, beasiswa dan karier lainnya? Pantengin terus ya website Maukuliah.id

 

Gambar: Canva.com

Tags tidak ada

Komentar Anda