1. Home
  2. /
  3. Info Kampus
  4. /
  5. 10 Universitas Terbaik di Surabaya dengan Akreditasi A...
Info Kampus

10 Universitas Terbaik di Surabaya dengan Akreditasi A Terbaru

Universitas Terbaik di Surabaya
5483   |   Posted by Seprila Mayang   |   13 April 2023

MAUKULIAH.ID– Halo Sobat Miku, siapa yang ingin melanjutkan kuliah di Surabaya? Wah, pilihannya tepat sekali. Kota Surabaya menjadi salah satu kota yang banyak dituju untuk melanjutkan pendidikan. Sudah jelas, kota ini memang memiliki banyak pilihan sekolah dan kampus.

Banyak kampus negeri maupun swasta di kota Surabaya telah terakreditasi A, loh. Nah, berikut ini adalah 10 universitas terbaik di Surabaya dengan akreditasi A yang bisa kamu jadikan referensi untuk memilih kampus. 

Baca juga: 100 Universitas Terbaik di Indonesia versi Webometrics 2023

10 Universitas Terbaik di Surabaya dengan Akreditasi A 

1. Universitas Airlangga, Peringkat Nasional ke-5

Siapa yang tidak kenal dengan kampus yang satu ini? Universitas Airlangga menempati posisi pertama di kota Surabaya. Universitas Airlangga didirikan pada tanggal 10 November 1954 pada hari pahlawan. 

Berlokasi di kawasan Gubeng Surabaya, kampus ini dikenal sebagai salah satu kampus terpopuler di Surabaya. Saat ini Universitas Airlangga memiliki 14 fakultas dan 1 sekolah pascasarjana yang berada di tiga kampus.

2. Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Peringkat Nasional Ke-12

Tidak kalah dari perguruan tinggi sebelumnya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember atau yang lebih dikenal ITS menjadi kampus terbaik di Surabaya selanjutnya. Kampus ini merupakan kampus berbasis sains dan teknologi yang telah berdiri sejak 1957. ITS menawarkan 39 jurusan yang terdapat pada 7 fakultas unggulan.

3. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Peringkat Nasional Ke-36

Kamu ingin kuliah di kampus Islam? Wah wajib kenalan dengan UINSA. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel atau yang disingkat dengan UINSA merupakan universitas Islam yang terletak di Kecamatan Wonocolo, Surabaya. 

Nama UINSA terinspirasi dari seorang tokoh yang berdakwah Islam di Indonesia yaitu Sunan Ampel. Sama seperti dengan beberapa UIN lainnya, UINSA mewajibkan mahasiswanya untuk masuk asrama selama setahun.

4. Universitas Kristen Petra, Peringkat Nasional Ke-44

Universitas Kristen Petra adalah salah satu universitas di Surabaya yang telah berdiri sejak tahun 1951. Mundur ke sejarah pendiriannya, nama “Petra” diambil dari bahasa Yunani yang berarti “Batu Karang”. Adapun program pendidikan yang ditawarkan di kampus ini meliputi program pascasarjana dan sarjana (S1) dengan enam fakultas.

5. Universitas Surabaya, Peringkat Nasional Ke-56

Universitas Surabaya (Ubaya) adalah kampus lanjutan dari Universitas Trisakti Surabaya yang didirikan pada tahun 1966. Kemudian, namanya diganti menjadi Universitas Surabaya pada 1968. Untuk menjalankan kegiatan belajar mengajar, kampus ini berada di beberapa tempat yaitu Ngagel, Rungkut, dan Trawas.

6. Universitas Negeri Surabaya, Peringkat Nasional Ke-61

Universitas Negeri Surabaya (Unesa) didirikan pada tanggal 19 Desember 1964. Motto perguruan tinggi ini adalah “Growing with Character”. Hingga saat ini, UNESA memiliki 7 fakultas yang tersebar di 2 komplek kampus, yaitu Ketintang dan Lidah Wetan. 

7. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Peringkat Nasional Ke-77

Universitas 17 Agustus Surabaya (Untag) adalah kampus swasta yang didirikan oleh Yayasan Perguruan Tinggi 17 Agustus pada tahun 1958. Untag Surabaya memiliki jenjang pendidikan dari program Diploma 3 (D3), Sarjana (S1), program Magister (S2) dan program Doktor (S3). Kampus swasta juga ada di jajaran  kampus terbaik, loh. Gimana kuliah di kampus swasta tetap keren, ya?

8. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur, Peringkat Nasional Ke-81

Bagi kamu yang tinggal di daerah Rungkut dan sekitarnya, bisa jadi UPN “Veteran” Jawa Timur  ini menjadi incaranmu. Kampus UPN “Veteran” Jawa Timur berlokasi di Jalan Raya Rungkut Madya no. 1, Gunung Anyar. Kampus ini hingga tahun 2020 telah memiliki 7 Fakultas dengan 21 Program Studi.

9. Universitas Ciputra Surabaya, Peringkat Nasional Ke-109

Universitas Ciputra Surabaya adalah salah satu institusi swasta terbaik yang menghasilkan lulusan entrepreneurship. Sejak berdirinya pada tahun 2006 , Universitas Ciputra telah berhasil mendirikan 10 program studi dan sampai saat ini telah memiliki 13 program studi sarjana dan 1 program studi pascasarjana.

10. Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Peringkat Nasional Ke-148

Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) adalah universitas nasional yang didirikan pada tanggal 20 September 1960. Program unggulan yang ditawarkan pun beragam seperti Food Technology, Chemical Engineering, dan lain sebagainya

Daftar Kampus Swasta di Surabaya

Tidak hanya 10 kampus terbaik di atas, Surabaya memiliki banyak kampus lainnya yang tidak kalah keren dan bagus. Berikut ini adalah daftar kampus swasta di Surabaya.

  1. Universitas 45 Surabaya
  2. Universitas Bhayangkara
  3. Universitas Dr. Soetomo
  4. Universitas Hang Tuah
  5. Universitas Kartini Surabaya
  6. Universitas Katolik Darma Cendika
  7. Universitas Merdeka Surabaya
  8. Universitas Muhammadiyah Surabaya
  9. Universitas PGRI Adi Buana
  10. Universitas Sunan Giri Surabaya
  11. Universitas Surabaya
  12. Universitas Teknologi Surabaya
  13. Universitas Tri Tunggal
  14. Universitas W R Supratman Surabaya
  15. Universitas Widya Kartika Surabaya
  16. Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  17. Universitas Wijaya Putra
  18. Universitas Yos Sudarso Surabaya

Baca juga: 10 Kampus Terbaik di Indonesia Berdasarkan Kinerja Penelitian

Itulah 10 universitas terbaik di Surabaya dengan akreditasi A serta kampus swasta lainnya. Jika kamu tertarik untuk berkuliah di Surabaya, wajib banget salah satunya menjadi pilihanmu. Oh iya, jangan lupa kunjungi maukuliah.id untuk mendapatkan informasi yang lengkap lainnya seputar kampus dan jurusan.

 

Ditulis oleh Shitny Dwi
Disunting oleh Seprila Mayang

Tags tidak ada

Komentar Anda