1. Home
  2. /
  3. Dunia Kampus
  4. /
  5. Jurusan dengan Prospek Kerja Tinggi, Inilah 6 Kampus...
Dunia Kampus

Jurusan dengan Prospek Kerja Tinggi, Inilah 6 Kampus dengan Jurusan DKV Terbaik

5 Kampus dengan Jurusan DKV Terbaik
5223   |   Posted by Seprila Mayang   |   15 February 2023

MAUKULIAH.ID– Halo Sobat Miku, kenalan yuk sama jurusan ini, namanya Desain Komunikasi Visual (DKV).  Desain Komunikasi Visual (DKV) adalah cabang ilmu yang mempelajari penyampaian pesan (komunikasi) dengan menggunakan unsur. 

Menariknya dari jurusan ini yaitu ketika lulus seorang sarjana DKV harus mampu mengolah pesan secara efektif, informatif dan komunikatif. Sehingga, kamu akan mempelajari Fotografer, Animator, Web Designer, Video Director, Composter Artist. Dengan peluang karier di antaranya:

  1. Wirausaha dan freelance, seperti Desainer grafis, ilustrator, fotografer dan lainnya.
  2. Penerbitan
  3. Rumah Produksi
  4. Biro Iklan

Cakupan pekerjaan desain komunikasi sangat luas, antara lain: label produk/makanan, logo yang memberikan citra suatu lembaga/perusahaan (branding), hingga pembuatan iklan di media dan lain-lain. 

Sudah banyak Perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang menawarkan jurusan ini. Berikut adalah 5 Kampus dengan jurusan DKV terbaik. Yuk disimak, jangan sampai nyesel.

Baca juga: Millenial: Ini dia Rekomendasi 10 Jurusan Kece untuk Kamu

6 Kampus dengan Jurusan DKV Terbaik

1. Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar

Sobat Miku mau kuliah dengan vibes liburan, bisa banget di Pulau Dewata Bali. Sejak  26 Juli 2003 telah didirikan Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar sebagai perguruan tinggi seni dengan ditandatanganinya prasasti oleh Menteri Pendidikan Nasional  saat itu yaitu Prof. Drs. Abdul Malik Fadjar, M.Sc.

Terdapat 7 program studi sarjana dan 4 program studi sarjana di bawah naungan Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI. Salah satunya adalah  Program Studi Desain Komunikasi Visual.

Di Program Studi Desain Komunikasi Visual  kamu akan belajar merancang berbagi media promosi, multimedia,  mengembangkan animasi serta kebutuhan periklanan dan promosi.

2. Sampoerna University

Sampoerna University adalah satu-satunya universitas di Indonesia yang menawarkan Pengalaman pendidikan tinggi gaya Amerika. Sebagai bagian dari Sampoerna Schools System, yang merupakan satu-satunya sistem sekolah terpadu berbasis bangsa berstandar kualitas internasional.

Program Desain Komunikasi Visual dari Sampoerna University berada di Fakultas Sains dan Teknologi yang memberikan pengetahuan inti dalam desain grafis, pengkodean kreatif, animasi 2D/3D, fotografi, penyuntingan pengarahan audio/visual, media interaktif dan penceritaan transmedia, dengan pengantar bisnis dan kewirausahaan.

3. Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS)

Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) terletak di Jalan Ir. Sutami 36 Kentingan, Jebres, Surakarta, Jawa Tengah. Kampus ini menyediakan  jenjang pendidikan program Sarjana sampai dengan Doktor.

Program Studi Desain Komunikasi Visual didirikan pada tahun 1979 dengan nama Studio Grafis dan saat ini memiliki kurikulum yang terfokus pada tiga bidang: gambar, suara dan teks.

4. Universitas Negeri Malang (UM)

Warga Malang pasti sudah tahu Universitas Negeri Malang (UM). Yaps, kampus ini terletak di Malang dan Blitar, dengan kampus utama terletak Jl. Semarang 5, Malang. Desain Komunikasi Visual (DKV) di kampus ini terdapat pada Fakultas Sastra. 

Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang  sudah terakreditasi A. Lulusan jurusan ini dipersiapkan untuk dapat mengelola bisnis desain komunikasi visual sesuai perkembangan zaman dan responsif terhadap kaidah dan norma.

5. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Kalau warga Malang punya UM, warga Bandung punya Institut Teknologi Bandung (ITB). Kampus ini memiliki kompetensi dan capaian yang baik di jurusan Desain Komunikasi Visual.

Kurikulum yang dipelajarinya yaitu semester 1 hingga 5 melewati berbagai mata kuliah komunikasi visual dasar. Kemudian, di semester 6 akan diarahkan pada 3 jalur minat program studi:

  • Komunikasi Grafis
  • Komunikasi Visual Periklanan
  • Komunikasi Multimedia

6. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Berdiri pada 8 Februari 2018, Departemen Desain Komunikasi Visual Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital Institut Teknologi Sepuluh Nopember telah menunjukkan pertumbuhan yang pesat. Mahasiswa DKV telah meraih berbagai prestasi baik di bidang akademik maupun non akademik, universitas, lokal, regional, nasional dan internasional.

Selain 5 kampus di atas, terdapat perguruan tinggi lainnya yang menyediakan jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) di antaranya:

  1. Institut Seni Indonesia Surakarta
  2. Universitas Negeri Surabaya
  3. Universitas Negeri Makassar
  4. Institut Seni Budaya Indonesia Padangpanjang
  5. Institut Seni Budaya Indonesia Aceh
  6. Institut Seni Budaya Indonesia Papua

Baca juga: 20 Jurusan Kuliah yang Punya Prospek Kerja Bagus dan Menjanjikan

Itulah kampus dengan jurusan DKV terbaik di Indonesia. Kalau Sobat Miku mau Informasi lebih lengkap terkait kampus dan serba-serbi persiapan kuliah, kamu bisa kunjungi maukuliah.id.

Ditulis oleh Shitny Dwi

Disunting oleh Seprila Mayang

Tags tidak ada

Komentar Anda