1. Home
  2. /
  3. Featured
  4. /
  5. Yuk Ikutan Tryout! Ini Dia Manfaat Mengikuti Try...
Featured

Yuk Ikutan Tryout! Ini Dia Manfaat Mengikuti Try Out UTBK SNBT

514   |   Posted by Shitny Maukuliah   |   04 May 2023

MAUKULIAH.ID- Siapa nih yang masih mager  untuk mengikuti try out? Padahal Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) sudah semakin dekat, loh. Apalagi, materi tahun ini akan ada perubahan. So, jangan sampai kamu jadi gelagapan, ya.

Soal try out biasanya dibuat mirip dengan soal yang akan muncul nanti. Dengan begitu, kamu bisa membayangkan soal seperti apa yang harus kamu kerjakan. Nah, beberapa lembaga juga sudah menyelenggarakan try out. Sayang, kan, kalau kamu lewatkan kesempatan emas ini?

Biar kamu semakin semangat untuk mengikuti try out, nah ini dia manfaat mengikuti try out UTBK SNBT.

Baca juga: Jangan Panik! Inilah Tips Siapkan Mental Sebelum Tes SNBT

Manfaat Mengikuti Try out UTBK SNBT

1. Dapat Mengenali Situasi dan Kondisi saat Ujian

Saat berlatih mengerjakan soal try out kamu akan mengenali bagaimana keadaan di ruang ujian. Keadaan yang hening dan menuntutmu untuk tetap fokus sering kali malah membuatmu lebih tertekan.

Hali Itu bisa kamu hindari kalau kamu sudah terbiasa melakukannya. Jadi, akan lebih baik jika kamu melakukan try out ini secara berulang.

2. Mengukur Kemampuan Diri

Biasanya tidak membutuhkan waktu lama setelah pengerjaan try out, lembaga penyelenggara akan membagikan hasil kerjamu. Sehingga, kamu dapat mengevaluasi materi mana saja yang sudah kamu pahami dengan baik. Disisi lain, kamu juga bisa lebih fokus belajar untuk materi yang belum kamu kuasai.

3. Mengurangi Kecemasan

Saat merasakan kondisi yang belum pernah dialami, sering kali kita akan diserang kecemasan. Kecemasan saat ujian dapat muncul meskipun sebelumnya kamu sudah mempersiapkan diri.

Kecemasan bisa dikelola dengan membiasakan diri untuk mengenal situasi ujian. Dengan mengikuti try out kamu akan terbiasa dengan format tes, batasan waktu dan juga jenis pertanyaan yang akan dikerjakan.

4. Bisa Manajemen Waktu Secara Efektif

Soal yang harus dikerjakan saat UTBK SNBT itu banyak, loh. Jika kamu tidak bisa memperkirakan waktu dengan baik, maka bersiaplah untuk kehabisan waktu. Nah, itu tidak akan terjadi kalau kamu sudah mengikuti try out sebelumnya. Kamu tahu? Manajemen waktu yang efektif bisa kamu dapatkan dengan cara membuat strategi. 

5. Meningkatkan Kemampuan Diri untuk Lebih Fokus

Kalau amunisi perang sudah lengkap, tentu kamu bisa lebih siap, kan. Sehingga, kamu akan lebih fokus untuk mengerjakan soal ujian karena konsentrasimu sudah terasah. 

 Baca juga: Apa Saja yang Harus Disiapkan Sebelum UTBK-SNBT, Simak Yuk

Banyak juga kan manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan mengikuti try outYuk ikut try out, kalau gagal karena mencoba itu gak masalah, kok. Untuk langkah awal, kamu bisa daftarkan diri di www.maukuliah.id/tryout. Harus kamu coba, ya!

Komentar Anda