1. Home
  2. /
  3. Featured
  4. /
  5. Mengenal KIP Kuliah Merdeka: Syarat, Klaster dan Siapa...
Featured

Mengenal KIP Kuliah Merdeka: Syarat, Klaster dan Siapa yang Berhak Menerima?

638   |   Posted by Shitny Maukuliah   |   04 July 2023

MAUKULIAH.ID – Halo Sobat Miku, pernah enggak kamu bertanya “bisa enggak sih mendapatkan beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) lewat jalur mandiri?”, kalau iya kamu wajib banget mengenal tentang KIP-K ini. Pada Webinar Maukuliah Online Edufair 2023 tanggal 26 Juni 2023 lalu, Kak Anissa Luthfia Yulia Dewi, Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia dan juga seorang penerima KIP, membagikan pengalaman dan informasi seputar KIP-K.

Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) adalah program transformasi Bidikmisi yang telah berjalan dari tahun 2010. Pada 2021, KIP-K berubah nama menjadi KIP-K Merdeka. KIP Kuliah Merdeka bertujuan untuk meningkatkan potensi ekonomi dan mobilitas sosial bagi mahasiswa dari keluarga miskin/rentan miskin untuk berkuliah. Bagi siswa yang mengalami kendala atau krisis ekonomi, KIP hadir membantu Sobat Miku yang berpotensi kuliah namun terkendala biaya kuliah.

Baca juga:  Apakah KIP Kuliah Bisa Untuk Jalur Mandiri? Begini Informasinya

Apa bedanya KIP-K dan KIP-K Merdeka

KIP-K besaran biaya pendidikan dan biaya hidupnya sudah ditentukan dan rata semuanya sama. Sementara KIP-K Merdeka, besaran biaya pendidikan dan biaya hidup berbeda pada setiap klasternya.

Perbedaan KIP-K dan KIP-K Merdeka

 

Baca juga: agaimana Cara Daftar KIP Kuliah? Ini Caranya

Pembagian Klaster KIP-K Merdeka 

Pembagian Klaster ini berbeda-beda antar akreditasi program studi yaitu Akreditasi A, Akreditasi B dan Akreditasi C. Bahkan, biaya hidup juga berbeda tiap klasternya berdasarkan klaster tiap daerah.

Pembagian Klaster KIP-K Medeka

Siapa Saja yang Bisa Menerima KIP-K Merdeka

Adapun siswa-siswa yang dapat menerima KIP-K merdeka, meliputi. 

  1. Pemilik KIP saat SMA
  2. Masuk dalam DTKS atau penerima bantuan sosial
  3. Masuk dalam kelompok masyarakat miskin/rentan miskin maksimal pada desil 3 (tiga) Data Penasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE)
  4.  Dari panti asuhan atau panti asuhan

Nah, itulah informasi seputar KIP kuliah yang dibagikan oleh Kak Anissa. Oh ya, kabar baiknya KIP-K bisa untuk mendaftar PTS, PTN dengan Jalur Mandiri, Siswa Gap Year dan bisa mendaftar beasiswa lain jika sudah dapat KIP-K.

Gimana?  Jadi semakin tahu, kan? Kalau Sobat Miku mau update terus informasi seputar kampus, jurusan dan lainnya bisa cek di Maukuliah.id

 

Gambar: Canva.com

Tags tidak ada

Komentar Anda