1. Home
  2. /
  3. Info Kampus
  4. /
  5. Panduan Mengikuti Semester Pendek di Kampus, Yuk Persiapkan!
Info Kampus

Panduan Mengikuti Semester Pendek di Kampus, Yuk Persiapkan!

59   |   Posted by Shitny Maukuliah   |   01 August 2023

MAUKULIAH.ID – Halo Sobat Miku, bagaimana nilai perkuliahannya? Oke, kan? Kalau nilaimu ada yang tidak memuaskan, misalnya C, kamu bisa loh mengikuti semester pendek untuk mendapatkan nilai lebih baik. Nah, biar lebih paham apa itu semester pendek dan bagaimana panduan mengikuti semester pendek, baca artikel ini hingga tuntas, ya.

Semester pendek adalah program perkuliahan singkat yang bertujuan untuk perbaikan nilai atau mempercepat masa studi. Biasanya, program ini diadakan pada masa libur antar semester dengan durasi 4 hingga 6 minggu. Namun, untuk waktu kapan berlangsungnya setiap kampus berbeda-beda. Jadi, Sobat Miku harus cari informasinya atau menanyakan ke bidang kemahasiswaan.

Baca juga: Apakah IPK Berpengaruh Dalam Dunia Kerja?

Panduan Mengikuti Semester Pendek di Kampus

Mengikuti semester pendek ini harus dipersiapkan loh, bukan hanya mengambil waktu libur tetapi juga membutuhkan biaya tambahan. Jadi, agar kamu lebih mantap untuk mengikuti semester pendek, inilah panduan mengikuti semester pendek di kampus.

  • Perencanaan awal dan tentukan mata kuliah

Seperti yang tadi Miku sampaikan bahwa terdapat 2 macam tujuan untuk mengikuti semester pendek, nah kalau kamu yang mana tujuannya? Kalau tujuanmu untuk memperbaiki nilai, coba deh periksa lagi mata kuliah apa saja yang nilainya masih harus diperbaiki. Sementara bagi Sobat Miku yang ingin percepatan masa studi wajib membuat rencana studi yang jelas sebelum mengambil semester pendek, ya.

  • Segera Daftarkan Diri

Tahap selanjutnya adalah kamu segera mendaftarkan diri untuk mengikuti semester pendek karena kelas semester pendek di buka terbatas. Malahan, beberapa kelas batal dibuka karena hanya sedikit yang mendaftar. Jadi, setelah kamu memastikan bahwa semua syarat terpenuhi, segeralah mendaftar.

  • Atur Jadwal yang Efisien

Semester  pendek itu sangat pendek, loh. Jadi, kamu harus menggunakan waktu sebaik mungkin, jangan sampai kamu menunda-nunda tugas, eh ternyata kamu kewalahan di akhir.

Apalagi, semester antara itu bertepatan waktunya dengan persiapan Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (OSPEK). Beberapa dari Sobat Miku ingin jadi panitia OSPEK juga, kan? Nah, tentukanlah prioritasmu dan semoga bisa membagi waktu, ya.

  • Berdiskusi dengan Teman Kelas

Karena semester pendek itu kelas perbaikan dan akselerasi, biasanya kamu akan bertemu dengan teman baru yang belum kamu kenal sebelumnya. Untuk itu kamu bisa memulai komunikasi untuk sekedar sharing materi pelajaran atau bahkan berdiskusi tugas. Bukankah lebih menyenangkan kalau punya teman diskusi?

  • Buat Dirimu Nyaman 

Semester antara mengambil jatah liburanmu loh, apalagi bagi Sobat Miku yang merantau, belum bisa pulang dulu, deh. Jadi, agar di semester depan semangatmu nggak kendor, Sobat Miku bisa melakukan kegiatan yang bikin nyaman, ya. Misalnya, liburan di tempat wisata yang dekat. Namun, yang utama adalah tetap menjaga pola makan dan istirahat rutin, ya.

Baca juga: Apa Itu SKS, KRS, KST, KHS, dan IPK dalam Perkuliahan

Nah, itulah panduan mengikuti semester pendek di kampus. dari maukuliah. Gimana, kamu sudah yakin mau mengambil semester pendek? Ingat ya Sobat Miku! Perencanaan yang baik dan manajemen waktu sangat penting untuk mencapai keberhasilan akademik. Jadi, agar semester pendekmu nggak sia-sia, kamu harus persiapkan dengan matang dan terapkan panduan diatas, ya.

Oh iya, kalau kamu mau baca informasi lainnya seputar perkuliahan bisa kunjungi maukuliah.id, ya.

 

Gambar: Canva.com

 

Tags tidak ada

Komentar Anda