1. Home
  2. /
  3. Dunia Kampus
  4. /
  5. Perbedaan Institut & Universitas, Berikut Daftar Kampus Institut...
Dunia Kampus

Perbedaan Institut & Universitas, Berikut Daftar Kampus Institut Terbaik

89   |   Posted by Seprila Mayang   |   20 June 2023

MAUKULIAH.ID – Udah sering banget baca informasi tentang Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, bahkan punya cita-cita mau samaan almamater sama pak Ridwan Kamil. Eh, tapi ternyata enggak tau institut itu apa? Waduh jangan sampai begitu ya Sobat Miku. 

Apa yang dimaksud Institut?

Institut adalah lembaga perguruan tinggi yang biasanya menyelenggarakan jejang pendidikan D3 sampai S3. Ingat ya, di institut hanya 1 rumpun namun memiliki beragam fakultas. Misalnya Institut Kesenian Jakarta, dari namanya aja kita sudah bisa mengetahui bahwa kampus tersebut berfokus pada kesenian. Sehingga fakultas di dalamnya juga terkait dengan kesenian seperti film dan televisi, seni rupa dan desain, seni pertunjukan dan lain sebagainya.

Baca juga : Universitas Yang Menerima Program Ekstensi (Alih Jalur)

Apa Bedanya Institut dan Universitas?

Universitas merupakan perguruan tinggi  dengan jenjang pendidikan yang luas, mulai dari diploma sampai doktor, juga terdapat vokasi. Nah, yang membuatnya berbeda dari institut adalah di universitas itu serba ada, semua rumpun ilmu tersedia seperti kesehatan, alam, humaniora dan lainnya.  Misalnya Universitas UI yang menyediakan banyak rumpun ilmu dengan jenjang pendidikan mulai dari vokasi, sarjana, magister dan doktor.

Beberapa institut tercatat sebagai kampus terbaik di Indonesia versi T4 International College and Universities (4ICU) UniRank 2023. UniRank membuat pemeringkatan perguruan tinggi dunia dengan penilaian berdasarkan popularitas kampus. Sehingga tingkat kepercayaan publik dan algoritma situs universitas masuk dalam indikator penilaiannya. Di Indonesia hanya beberapa universitas yang dapat mengikuti pemeringkatan ini. Hal tersebut disebabkan tidak semua perguruan tinggi memiliki domain dan subdomain global, yang menjadi syarat khusus pemeringkatan ini.

Daftar Kampus Institut Terbaik

Berikut 5 Institut terbaik di Indonesia versi T4 International College and Universities (4ICU) UniRank 2023. 

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Jauh sebelum Indonesia merdeka, Pendirian Perguruan Tinggi ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan tenaga teknik yang semakin hari-semakin terkuras akibat adanya perang Dunia Pertama, maka berdirilah dengan nama Technische Hogeschool pada tahun 1920. Berjalannya waktu, pada tahun 1959 kampus ini diresmikan dengan nama Institut Teknologi Bandung. Hingga saat ini, ITB berkiprah menjadi perguruan tinggi pelopor kemajuan sains, teknologi, dan seni di Indonesia.

2. Institut Pertanian Bogor (IPB University)

IPB university lahir dengan tujuan utama penguatan pangan dengan adanya  pendidikan tinggi pertanian. Sejak tahun 2019, IPB sudah melakukan rebranding dengan melakukan pengesahan nama IPB University. Hal ini dilakukan dalam rangka membangun nama  “IPB University” sebagai brand dapat membangun asosiasi yang lebih luas.

3. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Pendirian ITS dipelopori oleh pejuang kemerdekaan yaitu Dr. Angka Nitisastro, Soedjasmono, KH. Yahya Hasyim dan Roeslan Abdul Gani sejak tahun 1957 dengan tujuan bertujuan untuk mempersiapkan Indonesia menghadapi tantangan dunia melalui inovasi teknologi. Sehingga bidang yang tersedia meliputi  Sains dan Analitika Data, Teknologi Industri dan Data Rekayasa Sistem, Teknik Sipil, Perencanaa dan Kebumian, Teknologi Kelautan, Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas, Desain kreatif dan Bisnis Digital.

Baca juga : Cek Yuk! 10 Jurusan ITB ini Jadi Rebutan di SBMPTN 2021

4. Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta

Institut Seni Indonesia berada di kota Yogyakarta yang kaya akan seni budaya, hal tersebut sangat potensial untuk perguruan tinggi dalam mengeksplorasi lebih luas . Sehingga ISI Yogyakarta memiliki peran penting berupa pembinaan dan pengembangan kehidupan seni di Indonesia agar terus lestari. Di Institut ini terdapat Fakultas Seni Rupa, Seni pertunjukan, dan Seni rekam

5. Institut Teknologi Nasional

Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung merupakan perguruan tinggi swasta di Bandung. Lokasi Itenas cukup strategis dan mudah dijangkau berbagai arah Kota Bandung. Institut Teknologi Nasional Bandung telah terakreditasi Unggul oleh BAN-PT.

6. Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta

Sama seperti institut sebelumnya, Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta juga memiliki peran penting dalam membina dan mengembangkan seni budaya dimasyarakat yang sangat beragam. Terdapat 2 Fakultas unggulan di ISI Surakarta yaitu Seni pertunjukan serta seni rupa dan desain.

Nah, gimana nih Sobat Miku? Kamu minat yang mana? pilih sesuaikan dengan minatmu ya. Sobat Miku juga bisa baca  informasi lainnya di maukuliah.id. Jadi enggak ada lagi tuh alasan ketinggalan informasi selama persiapan masuk kuliah ini. Betul tidak, Sobat Miku?

 

Ditulis oleh Shitny Dwi
Disunting oleh Seprila Mayang

Tags tidak ada

Komentar Anda