1. Home
  2. /
  3. Info Kampus
  4. /
  5. Persaingan Makin Ketat, Kenapa PTN Masih jadi Idola? 
Info Kampus

Persaingan Makin Ketat, Kenapa PTN Masih jadi Idola? 

Persaingan masuk PTN makin ketat
53   |   Posted by Seprila Mayang   |   31 January 2023

MAUKULIAH.ID– Kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) memang memiliki prestige tersendiri. Bagi kamu yang diterima salah satu PTN, pasti akan  muncul kebanggaan tersendiri ketika nama almamatermu disebut. 

Namun masuk di PTN bukan hanya prestige saja lho. Ternyata ada alasan lain kenapa kampus negeri masih menjadi idola. Mau tahu? Simak ulasan di bawah ini. 

Baca juga: 5 Program Studi baru dari PTN Ternama, Ada yang Booming di Internasional loh!

3 alasan kenapa PTN masih menjadi idola

1. Banyak jalur masuk 

Masuk PTN itu banyak pilihan jalur masuknya. Pada tahun lalu jalur masuk PTN ini dikenal dengan istilah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Saat ini kedua istilah tersebut telah berganti nama menjadi Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT). Selain dua jalur yang sudah disebutkan tersebut biasanya juga jalur mandiri. 

2. Biaya kuliah lebih murah 

Keunggulan lainnya, PTN diberikan dana subsidi oleh pemerintah. Karena biaya subsidi inilah yang menyebabkan kuliah di PTN lebih murah dibandingkan  PTS. Namun, ini hanya berlaku bagi mahasiswa SNBP dan SNBT ya, sementara untuk jalur mandiri biasanya mengikuti ketentuan masing-masing PTN.

3. Peluang lebih besar mendapatkan beasiswa

Biasanya beberapa PTN di Indonesia memiliki partnership dengan beasiswa di dalam maupun luar negeri. Beasiswa ini bisa membantu meringankan biaya kuliah bagi mahasiswa. Nah, jika kamu masuk di PTN tersebut maka kamu bisa menjajal untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Namun perlu diingat jika persaingannya tidak mudah. Jadi perlu persiapan yang matang bagi kamu yang menginginkan beasiswa ini.

Baca juga: Hindari 3 Kesalahan ini Saat Persiapan Masuk PTN

Jadi gimana nih? Apakah kamu siap masuk ke PTN? Pasti kamu saat ini memiliki pertimbangan tersendiri dalam menentukan kampus impianmu. Namun, pastikan pertimbangan itu telah  disesuaikan kondisi dirimu dan keluarga, ya.

Jangan lupa kunjungi maukuliah.id untuk mendapatkan informasi terbaru seputar masuk kampus. Tetap semangat ya dan selamat berjuang, ya!

 

Ditulis oleh Shitny Dwi

Disunting oleh Seprila Mayang

Tags tidak ada

Komentar Anda