1. Home
  2. /
  3. Info Kampus
  4. /
  5. QS Asia Ranking Universitas 2024 Terbaru, Kampusmu di...
Info Kampus

QS Asia Ranking Universitas 2024 Terbaru, Kampusmu di Posisi Berapa nih?

QS Asia University
228   |   Posted by Siti Haliza   |   09 November 2023

MAUKULIAH.ID- Hai Sobat Miku! Ada kabar yang sangat menggembirakan nih! Lembaga Pemeringkatan Universitas, QS Asia University Ranking 2024 telah merilis peringkat universitas terbaik di seluruh Asia pada 8 November 2023 lalu. Ada banyak universitas dari Indonesia yang masuk dalam peringkat terbaik tersebut loh!

Penasaran gak sih? Berikut Miku sajikan informasi perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi QS Asia University Rankings 2024. 

QS Asia University Rankings 2024

1. Universitas Indonesia (UI)

Posisi kampus terbaik no.1 di Indonesia versi QS Asia Ranking University ditempati oleh Universitas Indonesia (UI). Kampus kuning ini memang tidak diragukan lagi kualitas pembelajaran dan lulusannya yang unggul dan berkualitas, gak heran UI menjadi kampus top berkualitas yang banyak diincar di kalangan calon mahasiswa. 

Rangking asia: 48
Rangking nasional: 1
Overall Score: 62.9

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada (UGM) adalah salah satu universitas tertua di Indonesia yang telah berdiri sejak 19 Desember 1949. Kampus ini memiliki fasilitas yang lengkap untuk mendukung kegiatan belajar Sobat Miku. Tidak hanya itu, beberapa alumni terkenal UGM termasuk Bapak Joko Widodo merupakan lulusan kampus rakyat ini loh.

Rangking asia: 54
Rangking nasional: 2
Overall Score: 56.6

3. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Institut Teknologi Bandung (ITB) adalah universitas terbaik yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat. ITB didirikan pada tanggal 2 Maret 1959 dan telah meraih banyak prestasi di tingkat nasional dan internasional. Atas prestasinya ini, gak heran tahun 2023 ini ITB banyak menjadi pilihan calon mahasiswa baru setiap tahunnya.

Rangking asia: 60
Rangking nasional: 3
Overall Score: 54

4. Universitas Airlangga (UNAIR)

Universitas Airlangga adalah universitas yang unggul baik dalam segi prestasi akademik maupun di bidang olahraga dan musik. Universitas ini memiliki jargon “Excellent with morality” dan mendukung kegiatan pengabdian masyarakat melalui Social Project Amarta (SOSPRO) bagi mahasiswa baru. 

Rangking asia: 53.1
Rangking nasional: 4
Overall Score: 53.1

5. Institut Pertanian Bogor (IPB)

IPB merupakan salah satu universitas prestisius di dunia dengan reputasi akademik dan riset yang kuat serta jaringan internasional yang luas. Bagi Sobat Miku yang tertarik untuk belajar pertanian dan teknologi maka kampus ini adalah pilihan yang tepat. 

Rangking asia: 106
Rangking nasional: 5
Overall Score: 41.7

6. Institut Teknologi Surabaya

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) telah meraih banyak akreditasi dan sertifikasi, baik di tingkat nasional maupun internasional. Kampus ini terkenal dengan lulusannya yang unggul dibidang teknologi, makanya banyak banget calon mahasiswa yang mengantri untuk masuk ke ITS.

Rangking asia: 128
Ranking nasional: 6
Overall Score: 36.3

7. Universitas Padjadjaran (UNPAD)

Universitas Padjadjaran (Unpad), yang terletak di Sumedang, Jawa Barat, telah meraih banyak prestasi, baik di tingkat nasional maupun internasional. Salah satu fakultas terbaik di Indonesia adalah Fakultas Kedokteran UNPAD.

Rangking asia: 160
Rangking nasional: 7
Overall Score: 31

8. Universitas Diponegoro (UNDIP)

Universitas Diponegoro (Undip), yang meraih peringkat ke-177 di Asia, adalah pilihan yang tepat jika Sobat Miku mencari kampus dengan fakultas yang lengkap dan fasilitas yang mendukung. UNDIP juga memiliki prestasi yang membanggakan, seperti meraih Peringkat 1 dalam The Datapoints Impact Award pada The Asia Universities Summit 2022 lalu. 

Rangking asia: 177
Ranking nasional: 8
Overall Score: 28.8

9. Universitas Brawijaya (UB)

Universitas Brawijaya (UB), yang berperingkat ke-208 di Asia, adalah pilihan ideal bagi Sobat Miku yang mencari lingkungan kuliah yang nyaman dan biaya hidup yang terjangkau. UB juga memiliki sejarah prestasi yang mengesankan, termasuk kemenangan dalam PIMNAS sebanyak enam kali, termasuk tiga kali berturut-turut pada tahun 2015-2017.

Rangking asia: 208
Ranking nasional: 9
Overall Score: 26

10. Bina Nusantara University (BINUS)

BINUS menjadi salah satu universitas swasta terkemuka dan pilihan utama di kalangan masyarakat Indonesia. Universitas ini dilengkapi dengan fasilitas belajar terbaik yang dapat menghasilkan lulusan yang istimewa.

Di Indonesia, Binus University berada di peringkat ke-10 nasional atau kampus swasta terbaik no.1 di Indonesia. Kampus ini sangat sesuai bagi kamu yang tertarik dalam bidang entrepreneurship, ilmu komputer, desain interior, dan komunikasi.

Rangking asia: 225
Rangking nasional: 10
Overall Score: 24.6

Baca juga: 10 Kampus Swasta dan Negeri  Kampus Terbaik di Indonesia 2023, Masuk Peringkat Dunia Lho!

Itu tadi informasi lengkap kampus terbaik di Indonesia versi QS Asia University Ranking 2024. Gimana nih Sobat Miku, apakah ada salah satu universitas tersebut yang menjadi incaran kamu? Buat Sobat Miku yang ingin mencari informasi terkait jurusan dan universitas dapat mengunjungi maukuliah.id ya!

Tags tidak ada

Komentar Anda