1. Home
  2. /
  3. Featured
  4. /
  5. Ragu dengan Nilai SNBT? Yuk Coba Cari Kesempatan...
Featured

Ragu dengan Nilai SNBT? Yuk Coba Cari Kesempatan Lain 

297   |   Posted by Shitny Maukuliah   |   24 May 2023

MAUKULIAH.ID –Apa yang melewatkanku tidak akan pernah menjadi takdirku dan apa yang ditakdirkan untukku tidak akan pernah melewatkanku”, salah satu ungkapan yang pernah disampaikan Umar Bin Khattab. Kayaknya ini ungkapan yang pas banget buat mengawali artikel ini, deh. Miku tau, pasti kamu lagi galau banget, kan? Jadi mending resapi quote itu dulu. Terus, lanjut baca artikel ini, ya.

Mungkin, impianmu untuk masuk ke kampus yang kamu idam-idamkan itu sudah kamu pupuk sejak pertama kali pakai seragam putih-abu-abu, kan? Tapi, kamu ragu dengan nilai SNBT? Yuk coba cari kesempatan lain aja.

Baca juga:  Hal-Hal yang Harus Dilakukan Setelah Mengikuti Tes SNBT

Kesempatan Lain Jika Gagal SNBT

  • Jalur Mandiri

Mumpung belum pengumuman SNBT, kamu bisa loh mulai mencicil persiapan ujian jalur mandiri. Cobalah komunikasikan dengan orang tua jika kamu ingin berusaha lagi di jalur Mandiri. 

Eggak usah khawatir, banyak loh kampus yang menyediakan jalur ini. Nah, berikut ini daftar Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang menyediakan jalur mandiri:

 PTN yang Menyediakan Jalur Mandiri

  1. Universitas Indonesia (UI).
  2. Universitas Gadjah Mada (UGM). 
  3. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).
  4. Institut Teknologi Bandung (ITB).
  5. Institut Pertanian Bogor (IPB).
  6. Universitas Padjadjaran (Unpad).
  7. Universitas Diponegoro (Undip).
  8. Universitas Sumatera Utara (USU).
  9. Universitas Hasanuddin (Unhas).
  10. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).
  • Beasiswa Kampus Swasta

Masuk kuliah di perguruan tinggi swasta Enggak seburuk yang kamu bayangkan, kok. Kampus swasta juga punya prestasi yang bagus, loh. Apalagi beberapa kampus swasta menyediakan beasiswa yang bisa memberikan kamu keringanan finansial. Yakin, nggak mau nyoba? Nih, Miku kasih daftar beberapa kampus swasta yang menyediakan beasiswa, ya.

Daftar Kampus Swasta yang Menyediakan Beasiswa.

  1. Universitas Bina Nusantara
  2. Universitas Islam Indonesia
  3. Universitas Pelita Harapan
  4. Universitas Al Azhar Indonesia
  5. Universitas Esa Unggul

Baca juga: Kampus Swasta yang Menyediakan Beasiswa S-1, Kuliah Gratis Sampai Lulus, Lho!

  • Daftar Beasiswa SEMESTA

Siapa sih yang enggak mau kuliah gratis? Apalagi kamu juga berkesempatan kerja lagi. Bagi kamu siswa IT boleh banget nih coba daftar Beasiswa SEVIMA Mencari Talenta (SEMESTA) 2023. Untuk informasi lebih lanjut, langsung aja kunjungi  https://maukuliah.id/beasiswa-semesta, ya.

  • Mencoba Gap Year

Bukan pilihan yang mudah sih, tapi kamu bisa jadikan ini sebagai opsi. Selama gap year ,kamu bisa menambah keterampilan dan tentunya belajar untuk persiapan ujian di tahun depan. 

Apalagi, siswa gap year memang diperbolehkan untuk mengikuti ujian di tahun yang akan datang. Malahan,  kamu masih punya kesempatan 2 kali. Ingat ya, nggak perlu malu, gap year itu nggak memalukan!

Nah itulah kesempatan lain yang bisa kamu coba dari maukuliah.id. Tenang aja, pokoknya inget quote diatas. Selama kamu sudah usaha dengan maksimal tidak perlu disesali. Good luck!

 

Gambar: Canva.com

Tags SNBT

Komentar Anda