1. Home
  2. /
  3. Info Jurusan
  4. /
  5. Sarjana Humaniora: Pengertian, Jurusan, & Prospek
Info Jurusan

Sarjana Humaniora: Pengertian, Jurusan, & Prospek

Sarjana humaniora
2   |   Posted by Siti Haliza   |   17 January 2024

MAUKULIAH.ID – Lulusan humaniora kerap kali dipandang tidak sekeren lulusan lain. Padahal, lulusan humaniora ini memiliki berbagai skill dan kemampuan yang unggul dalam ranah sosial loh, Sobat Miku. Makanya, Miku mau ajak kamu lebih mengenal sarjana humaniora dan prospek karirnya yang gak banyak orang tau. Yuk, mari kita bahas!

Pengertian Sarjana Humaniora

Sarjana Humaniora adalah lulusan dari program studi yang berhubungan dengan manusia, budaya, dan masyarakat. Bidang humaniora ini memadukan pemahaman kritis, analitis, dan interpretatif terhadap berbagai aspek kehidupan manusia. Bagi Sobat Miku yang senang menggali ide, pemikiran, dan memahami kompleksitas manusia, maka jurusan humaniora adalah pilihan yang tepat.

Baca juga: 5 Kampus Swasta yang Telah Membuka Pendaftaran 2024/2025

Jurusan Sarjana Humaniora

Bagi Sobat Miku yang ingin memasuki jurusan ini, ada beberapa pilihan loh. Berikut adalah jurusan untuk sarjana humaniora. 

1. Ilmu Sastra

Jurusan pertama yang masuk dalam ranah humaniora adalah sastra. Beberapa jurusan yang termasuk dalam ilmu sastra ini ada banyak banget loh, Sobat Miku! Ada beberapa pilihan jurusan sastra yang bisa kamu pilih, di antaranya:

  1. Sastra Indonesia
  2. Sastra Inggris
  3. Sastra Jepang
  4. Sastra Cina
  5. Sastra Arab 

Di jurusan ini kalian akan banyak menganalisis berbagai objek puisi, drama, dan fiksi. Karya-karya ini dipandang sebagai tantangan intelektual yang kompleks untuk memahami manusia. 

2. Linguistik

Ilmu linguistik biasanya memfokuskan analisis pada bahasa tertentu dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman manusia mengenai berbagai kebudayaan di dunia. Bahasa menjadi aspek universal yang mendasar untuk segala interaksi manusia, pengetahuan yang diperoleh melalui studi linguistik dapat diaplikasikan dalam berbagai jurusan  hukum, psikologi,, pendidikan, hingga politik.

3. Arkeologi

Program studi lainnya yang dapat dipilih dalam ranah humaniora adalah arkeologi. Arkeologi adalah kajian tentang kehidupan manusia baik pada masa kuno maupun modern melalui peninggalan materi dan teks sejarah. Melalui studi arkeologi, analisis terhadap sisa-sisa fisik masa lalu dilakukan untuk mendapatkan pemahaman yang luas dan komprehensif mengenai budaya manusia.

4. Sejarah

Sejarah adalah cabang studi lain yang terdapat dalam kategori humaniora. Jurusan ini merupakan studi tentang perubahan budaya dari masa ke masa, mencakup semua aspek masyarakat dan kemanusiaan. Mahasiswa sejarah akan mempelajari perkembangan politik, sosial, ekonomi, ilmu pengetahuan, teknologi, medis, budaya, intelektual, agama, dan militer. 

5. Ilmu Perpustakaan

Jurusan terakhir yang masuk ke ranah humaniora adalah ilmu perpustakaan. Jurusan ini merujuk pada disiplin akademis yang sering disebut sebagai studi informasi. Fokusnya adalah pada teknik klasifikasi dan penggunaan data untuk menekankan pentingnya distribusi dan pemanfaatan pengetahuan literasi. 

Lulusan Sarjana Humaniora Kerja Apa ya?

Meskipun mungkin terdengar abstrak, gelar Sarjana Humaniora membuka pintu kepada sejumlah karir menarik dan penting. Sobat Miku, inilah beberapa prospek karir yang bisa dikejar setelah mendapatkan gelar ini:

1. Pustakawan

Posisi pertama ada pustakawan, biasanya pekerjaan ini akrab dengan lulusan dari ranah humaniora karena sering banget membaca banyak hal. Bagi Sobat Miku yang senang membaca, posisi ini pasti cocok banget!

2. Social Media Specialist

Mempelajari manusia adalah inti utama pembelajaran di jurusan humaniora. Melalui pembelajaran ini, biasanya lulusan sarjana humaniora banyak yang memilih menjadi Social Media Specialist yang berkaitan erat dengan perilaku manusia di dunia digital. 

3. Editor

Pekerjaan editor biasanya terbagi dua nih Sobat Miku, Video Editor dan Editor Buku/Naskah/Artikel. Biasanya untuk video editor, digemari sama lulusan humaniora yang senang dengan visual dan kreatif banget, sedangkan untuk editor tulisan disukai sama lulusan yang teliti banget. 

4. Jurnalis

Lulusan sarjana humaniora memiliki bekal untuk merintis karir sebagai jurnalis. Mengapa demikian? Karena mereka memiliki keahlian dalam tata bahasa dan pemahaman budaya.

Selain itu, mereka terbiasa menyampaikan gagasan dengan jelas. Sehingga, selain memiliki keahlian tata bahasa, mereka juga memiliki kemampuan komunikasi yang luar biasa.

5. Diplomat

Banyak mahasiswa humaniora bermimpi menjadi seorang diplomat. Jika seseorang mampu menguasai bahasa asing, peluangnya untuk menjadi diplomat semakin terbuka lebar.

6.Translator

Kayaknya pekerjaan ini akrab banget deh sama sarjana humaniora. Menjadi translator itu tidak hanya sekadar memahami bahasa loh Sobat Miku, jadi kita juga harus memahami budaya dan masyarakat dari bahasa yang dikuasai. Makanya, posisi translator ini banyak diisi lulusan humaniora. 

7. Content Writer dan Copywriter

Content Writer dan Copywriter merupakan pekerjaan yang membutuhkan orang-orang teliti dan kreatif. Sarjana humaniora biasanya banyak yang mengambil pekerjaan ini karena erat hubungannya mempelajari audiens dan masyarakat yang menjadi target tulisan Content Writer dan Copywriter. 

Baca juga: 8 Program Beasiswa Sarjana, Calon Mahasiswa Wajib Tahu! 

Nah itu tadi penjelasan lengkap mengenai sarjana humaniora yang wajib banget nih Sobat Miku pahami. Lulusannya punya banyak prospek yang bisa dijangkau. Oh ya, bagi kamu yang kepo dengan informasi jurusan dan kampus, jangan lupa cek artikel Miku lainnya di maukuliah.id ya!

 

sumber gambar: Pixabay

Tags tidak ada

Komentar Anda