1. Home
  2. /
  3. Info Kampus
  4. /
  5. Mau Baca E-book? Ini Dia Situs E-book Gratis
Info Kampus

Mau Baca E-book? Ini Dia Situs E-book Gratis

Situs E-book Gratis
1328   |   Posted by Seprila Mayang   |   17 March 2023

MAUKULIAH.ID– Buku memang menjadi sebuah kebutuhan. Apalagi, kalau kamu sangat gemar membaca. Pasti, buku menjadi salah satu hal yang wajib dibeli, kan? Namun, harga buku terus meningkat dari waktu ke waktu. Malahan, beberapa buku dari penulis favorit harganya selangit, sampai sulit digapai.

Tidak perlu khawatir, kamu bisa mencoba untuk mencari buku incaran mu di situs internet. Berikut ini beberapa situs yang menyediakan e-book gratis dan juga legal.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Jurnal Ilmiah yang Benar dan Baik

Situs E-book Gratis

1. Buku Sekolah Eletkronik (BSE) 

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) meluncurkan program Buku Sekolah Elektronik (BSE) beberapa tahun lalu. Kamu dapat men-download lebih dari 1300 buku teks resmi untuk SD, SMP, SMA dan SMK secara gratis.

Jika kamu sudah mahasiswa, kamu bisa merekomendasikannya kepada adik ataupun saudara karena paket e-book yang ditawarkan lengkap, yaitu mulai dari kurikulum 2007 hingga kurikulum 2013.

Website: https://bse.belajar.kemdikbud.go.id/ 

2. OpenLibrary.org

Open Library memiliki koleksi lebih dari 20 juta e-book yang dapat kita akses secara gratis. Di Open Library, kamu dapat membaca berbagai buku mulai dari tema romantis, seni, fantasi, klasik biografi, cerita kesehatan, resep, bahkan berbagai macam buku anak-anak. Sangat lengkap, ya?

Website: https://openlibrary.org/

3. DuniaDownload.com

DuniaDownload menawarkan eBook gratis dan tidak perlu registrasi. Sama dengan Open Library, buku yang ditawarkan sangat beragam. Kamu juga dapat menjadi kontributor dengan mengunggah artikel ke situs DuniaDownload.

Situs ini menjadi salah satu situs yang menawarkan e-book dengan bahasa Indonesia. Jadi, jika kamu tidak bisa berbahasa Inggris, e-book ini bisa jadi solusinya.

Website: https://duniadownload.com/

4. Oapen

Dari situs web ini kamu dapat mengunduh berbagai jenis buku akademik secara gratis, yang mana sebagian besarnya berisi ilmu-ilmu sosial. Awalnya Oapen adalah suatu proyek yang didanai EU selama 30 bulan. Adapun tujuan proyek ini adalah menyediakan publikasi sehingga membuat buku-buku akademik lebih mudah dibaca, terutama di bidang sosial.

Website:  http://www.oapen.org/home

5. Gutenberg

Gutenberg adalah salah satu layanan pengunduhan e-book gratis pertama, tertua, dan terlengkap di dunia. Gutenberg adalah perpustakaan online dengan lebih dari 60.000 e-book. Salah satu keistimewaan Gutenberg adalah adanya sastra klasik. Bagi kamu pecinta sastra klasik, pasti ini akan sangat menyenangkan.

Website:  http://www.gutenberg.org/

6. Google Books

Google Books mirip dengan mesin pencari Google, yaitu hanya dengan mengetikkan kata kunci seperti judul buku, nama penulis, tahun terbit atau topik serupa. Beberapa e-book sebenarnya berbayar, tetapi tidak jarang juga terdapat e-book gratis. 

Website:  https://books.google.com/

Itulah rekomendasi situs e-book gratis yang bisa kamu gunakan. Dengan e-book tersebut, kamu bisa membaca sepuasnya sesuai dengan topik yang kamu sukai. Jadi, jangan berhenti membaca hanya karena tidak bisa membeli buku, ya. Bukankah banyak cara yang dapat dilakukan?

Buku adalah jendela dunia, hal tersebut menunjukkan seberapa pentingnya membaca. Dengan membaca kamu bisa mendapatkan informasi tanpa harus bertemu orang ataupun melakukan perjalanan. Selain itu, Kamu juga bisa mendapatkan banyak informasi dengan membaca artikel di maukuliah.id. Salam literasi!

 

Ditulis oleh Shitny Dwi
Disunting oleh Seprila Mayang

Tags tidak ada

Komentar Anda