1. Home
  2. /
  3. Info Kampus
  4. /
  5. 10 Universitas Swasta Termurah di Indonesia
Info Kampus

10 Universitas Swasta Termurah di Indonesia

Universitas Swasta Termurah
22   |   Posted by Siti Haliza   |   03 October 2023

MAUKULIAH.ID– Beberapa orang masih menganggap bahwa kuliah di Perguruan Tinggi Swasta (PTS) masih tergolong mahal. Padahal ada juga beberapa PTS yang menawarkan biaya lebih terjangkau dengan kualitas baik.

Meskipun biayanya murah, namun juga mementingkan kualitas dan prestasi setiap mahasiswanya. Hal ini tentu akan membuat kamu lebih semangat dalam bersaing untuk berprestasi. 

10 Universitas Swasta Termurah di Indonesia

Penasaran universitas swasta termurah di mana saja? Berikut Miku rekomendasikan universitas swasta termurah dan berkualitas di Indonesia. 

1. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta 

Jogja terkenal dengan slogan kota pendidikan, salah satu universitas swasta yang dapat menjadi pertimbangan kamu adalah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Ada berbagai fakultas yang tersedia di kampus ini dengan fasilitas yang sangat lengkap. Kisaran biaya kuliah di UMY adalah Rp12.000.000.

Untuk kamu yang berprestasi, UMY juga menyediakan berbagai beasiswa yang dapat membantu perkuliahan kamu mulai dari beasiswa KIP-Kuliah, beasiswa hifz, dan masih banyak lagi. 

2. Universitas 17 Agustus 1945

Bagi kamu yang memiliki jiwa nasionalis dapat menjadikan Universitas 17 Agustus 1945 sebagai universitas swasta pilihan. Ada berbagai fakultas yang dapat kamu pilih mulai dari Fakultas Psikologi, FISIP, FEB, Hukum, dan masih banyak lagi.

Biaya yang dikeluarkan untuk berkuliah di sini cukup terjangkau kok, SPP-nya paling murah 900.000 dan menyediakan kelas malam dan sore agar memudahkan kamu yang berkuliah sambil bekerja. 

3. Universitas Pelita Bangsa

Universitas swasta yang pertama dengan biaya kuliah yang murah adalah Universitas Pelita. Ada terdapat 4 fakultas yang dapat kamu pilih antara lain; Fakultas Ekonomi dan Bisnis,  Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Teknik, Fakultas Agama Islam. Biaya kuliah yang ditawarkan cukup terjangkau dengan kisaran Rp400.000-Rp600.000.

4. Universitas Dian Nuswantoro

Salah satu perguruan tinggi yang terkenal di Semarang adalah Universitas Dian Nuswantoro, yang telah melihat peningkatan yang signifikan dalam peringkat kualitasnya. Universitas swasta ini saat ini berada di peringkat ke-25 secara nasional dan telah mengukuhkan dirinya sebagai salah satu yang terkemuka dalam bidang teknologi informasi (IT) di Indonesia. Bahkan, prestasinya mencapai puncak dengan mendapatkan akreditasi A pada tahun 2017.

Selain itu, setiap fakultas di universitas ini menawarkan berbagai program studi yang terjangkau secara finansial biaya persemester hanya mulai dari Rp2.500.000 dan dapat diangsur beberapa kali. 

5. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

Universitas Muhammadiyah Malang atau UMM, juga termasuk dalam daftar universitas swasta yang paling ekonomis di Indonesia. Biaya kuliah di UMM memiliki rata-rata sekitar Rp10.000.000. Selain harganya yang terjangkau, UMM juga dikenal sebagai salah satu universitas swasta terkemuka di Jawa Timur, lho.

UMM memiliki sepuluh fakultas yang menawarkan 35 program studi yang beragam sesuai dengan minat dan keingina. Di antara program studi yang ditawarkan, ada lima yang cukup menonjol, seperti kedokteran, ekonomi dan bisnis, ilmu sosial dan ilmu politik, pertanian dan peternakan, serta hukum.

Selain itu, Universitas Muhammadiyah Malang juga menyediakan berbagai jenis program beasiswa, baik untuk calon mahasiswa maupun mahasiswa yang sedang menempuh studi, termasuk Erasmus, beasiswa untuk yatim piatu, alumni sekolah Muhammadiyah, Program Peningkatan Prestasi Universitas (PPUT), Kartu Indonesia Pintar (KIP), Djarum, dan banyak lainnya.

6. Sekolah Tinggi Ekonomi Mahardika (STIE)

Sekolah Tinggi Ekonomi Mahardhika, dikenal sebagai STIE Mahardhika, menawarkan biaya kuliah yang sangat terjangkau di Indonesia, dengan biaya sekitar Rp900.000 per semester. Bagi mereka yang tertarik untuk mengejar karir sebagai manajer, akuntan, atau bekerja dalam bidang keuangan, STIE Mahardhika dapat menjadi pilihan yang tepat.

Terletak di Graha Mahardhika, Surabaya, di Jalan Wisata Menanggal 42A, universitas ini menawarkan dua program studi untuk tingkat S1, yaitu akuntansi dan manajemen.

Seperti universitas lainnya, STIE Mahardhika juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk mendukung proses pembelajaran, termasuk perpustakaan, ruang diskusi, ruang baca, dan lain sebagainya.

7. Universitas Bung Karno

Universitas Bung Karno (UBK) menawarkan 27 Program Studi yang dikelola oleh 5 Fakultas, serta dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti laboratorium, studio, bengkel, perpustakaan, pusat bahasa, dan teknologi pembelajaran elektronik (e-Learning). Para dosen di UBK berperan dalam mengajar, membimbing, dan mendidik mahasiswa, serta melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Mereka senantiasa meningkatkan kualifikasi dan kompetensinya dalam berbagai bidang keahlian.

Kuliah di UBK sangat terjangkau dengan biaya sekitar Rp6.800.000/semester. Biaya tersebut mencakup biaya SPP selama 6 bulan, ujian tengah semester (UTS), ujian akhir semester (UAS), biaya pendaftaran mata kuliah (KRS), dan berbagai biaya lainnya.

8. Universitas Nasional (UNAS)

UNAS, singkatan dari Universitas Nasional, merupakan salah satu perguruan tinggi swasta tertua kedua di Indonesia. Terdapat delapan fakultas di lembaga pendidikan ini, yang mencakup beragam bidang studi, termasuk Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Hukum, Bahasa dan Sastra, Ekonomi dan Bisnis, Teknik dan Sains, Biologi dan Pertanian, Komunikasi dan Informatika, serta Ilmu Kesehatan. Kisaran biaya kuliah di UNAS adalah sekitar 4.700.000 – 14.608.000 per semester.

9. Universitas Jayabaya

Universitas Jayabaya memiliki 8 fakultas termasuk program pascasarjana. Lima fakultas tambahan meliputi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Ilmu Komunikasi, serta Fakultas Psikologi. Jumlah total program studi yang ditawarkan oleh universitas ini mencapai 21 program studi, mencakup tingkat D3, Sarjana, Magister, dan Doktor.

Biaya kuliah di Universitas Jayabaya terdiri dari uang SPP, biaya SKS, dana kemahasiswaan, dan dana pra-pendidikan. Perlu diperhatikan bahwa biaya tersebut belum mencakup uang praktikum, biaya laboratorium, dan biaya untuk semester pendek (SP). Total biaya yang harus dikeluarkan oleh mahasiswa per semester berkisar antara Rp6.500.000 hingga Rp10.375.000.

Namun, ada opsi pembayaran yang lebih fleksibel yang memungkinkan mahasiswa untuk membayar biaya kuliah dalam dua angsuran. Angsuran pertama dibayarkan saat pendaftaran mahasiswa baru untuk semester ganjil, sementara angsuran kedua harus dibayarkan sebelum ujian tengah semester (UTS) semester ganjil. Untuk informasi lebih lanjut, berikut adalah rincian biaya kuliah saat ini di Universitas Jayabaya.

10. Universitas Widya Mandala Surabaya

Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya mengukuhkan dirinya sebagai institusi pendidikan tinggi yang berkomitmen untuk memperkaya dan memajukan kehidupan. Prinsip yang diajarkan ketika berkuliah di sini adalah semangat non scholae sed vitae discimus (kita belajar bukan hanya untuk pengetahuan, tetapi juga untuk kehidupan).

Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya memiliki satu Sekolah Pascasarjana dan sebelas Fakultas yang menyajikan beragam program studi, mulai dari Diploma, Sarjana, Pascasarjana, hingga program Profesi dalam berbagai bidang, yang siap menghadapi tantangan global. Biaya pendidikan, yang disebut sebagai UKT (Uang Kuliah Tunggal), bervariasi mulai dari Rp6.000.000 hingga Rp27.500.000 per semester, tergantung pada program studi yang diambil oleh mahasiswa.

Baca juga: 100 Universitas Terbaik di Indonesia versi Webometrics 2023

Nah itu tadi rekomendasi universitas swasta termurah di Indonesia yang dapat teman-teman jadikan pilihan. Semoga dapat membantu kamu memilih universitas yang terbaik. Jangan lupa cek artikel seputar perguruan tinggi di MauKuliah.com ya!

Komentar Anda