1. Home
  2. /
  3. Info Kampus
  4. /
  5. Wajib Tahu! Ini Dia Perguruan Tinggi Terbaik di...
Info Kampus

Wajib Tahu! Ini Dia Perguruan Tinggi Terbaik di Aceh

716   |   Posted by Shitny Maukuliah   |   06 June 2023

MAUKULIAH.ID – Halo Sobat Miku, mumpung masih euforia pendaftaran kuliah, Miku kembali berbagi informasi seputar kampus terbaik lagi, nih. Beralih ke ujung pulau sumatra, kali ini kita akan membahas perguruan tinggi terbaik di Aceh.

Kota Serambi Aceh ini menyajikan nuansa Islami yang kental. Banyak kampus ternama yang menawarkan jurusan keagamaan, namun tidak sedikit juga menawarkan jurusan lainnya. Berikut perguruan tinggi terbaik di Aceh versi Webometrics 2023, diantaranya:

Baca juga: Pingin Jadi Ahli Analis Kesehatan? Ini Dia 5 Kampus Terbaik yang Bisa Jadi Pilihan

5 Perguruan Tinggi Terbaik di Aceh

  • Universitas Syiah Kuala (USK)

Universitas Syiah Kuala (USK) merupakan perguruan tinggi negeri tertua di Aceh. Tepatnya, pada tanggal 2 September 1961 kampus ini berdiri. Kini, USK telah memiliki 12 Fakultas dan Program pascasarjana dengan lebih dari 30.000 orang mahasiswa  menuntut ilmu disini. Apalagi, kampus ini menjadi salah satu perguruan tinggi kebanggaan warga Aceh dan  sudah resmi terakreditasi A. Berminat Kuliah disini?

  • Universitas Malikussaleh

Nama besar Raja Kerajaan Samudera Pasai pertama menjadi spirit tersendiri untuk membangun perguruan ini. Hingga saat ini, Universitas Malikussaleh sudah memiliki 7 fakultas unggulan. Kampus ini sudah terakreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Salah satu fasilitas dari perguruan tinggi ini adalah adanya asrama bagi mahasiswanya. Setidaknya, terdapat 72 kamar dengan fasilitas pendukung seperti dapur dan toilet.

  • Universitas Islam Negeri (UIN) Ar Raniry

Sama halnya dengan kampus sebelumnya, nama IAIN Ar-Raniry terinspirasi dari nama seorang Ulama besar pada masa Sultan Iskandar Tsani. Sampai saat ini, UIN Ar-Raniry memiliki 9 fakultas dan Program Pascasarjana. Selain itu, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry telah terakreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. 

  • Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Zawiyah Cot Kala Langsa

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Zawiyah Cot Kala Langsa adalah perguruan tinggi yang terletak di Jalan Meurandeh, Meurandeh, Kec. Langsa Lama, Kota Langsa, Aceh. Kampus ini telah berstatus terakreditasi B dan memiliki 4 Fakultas dan 18 program studi semuanya adalah program studi agama islam.

  • Universitas Almuslim

Universitas Almuslim merupakan satu-satunya universitas di Kabupaten Bireuen, Aceh. Tepatnya, kampus ini berlokasi di jalan Almuslim, Matangglumpangdua, Paya Cut, Kec. Peusangan, Kabupaten Bireuen, Aceh. Hingga saat ini, Universitas Almuslim (Umuslim) telah memiliki akreditasi B.

Selain 5 perguruan tinggi terbaik di Aceh, berikut adalah daftar perguruan lainnya yang berlokasi di Aceh.

Daftar Perguruan Tinggi di Aceh

  1. Universitas Muhammadiyah Aceh (UNMUHA)
  2. Universitas Serambi Mekkah
  3. Universitas Abulyatama
  4. Universitas Samudra
  5. Universitas Teuku Umar Meulaboh
  6. Poltekkes Aceh
  7. Institut Seni Budaya Indonesia Aceh Kota Jantho Aceh Besar
  8. Universitas Ubudiyah Indonesia
  9. Universitas Jabal Ghafur
  10. Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bina Bangsa Meulaboh
  11. Universitas Gunung Leuser Aceh
  12. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh Aceh

Baca juga: Mau Kuliah Bidan Tapi Bingung Pilih Kampus? Ini Dia Rekomendasi Kampus Terbaiknya

Sudah tau kan 5 Perguruan Tinggi Terbaik di Aceh? Mau pilih yang mana, nih? Semoga bisa menjadi referensi dalam memilih perguruan tinggi. Oh iya, jangan lupa kunjungi maukuliah.id karena disana kamu akan mendapatkan informasi lengkap seputar kampus. Tetap semangat!

 

Gambar: pmb.usk.ac.id

Tags tidak ada

Komentar Anda