1. Home
  2. /
  3. Info Kampus
  4. /
  5. Khawatir Bayar Kuliah Mahal? Ini Dia Cara Alternatif...
Info Kampus

Khawatir Bayar Kuliah Mahal? Ini Dia Cara Alternatif Pembiayaan Kuliah Terbaik Untuk Mahasiswa

310   |   Posted by Shitny Maukuliah   |   12 July 2023

MAUKULIAH.ID – Sobat Miku baru lulus Sekolah Menengah Atas (SMA)? Biasanya pilihan kita saat lulus sekolah yaitu lanjut sekolah atau kerja. Betul atau tidak? Jadi, kalau kamu tim yang mana kerja atau kuliah, nih?

Sayangnya, beberapa diantara kita mau kuliah tapi terkendala  dana. Biaya kuliah yang semakin melonjak berbanding terbalik dengan dana yang kita miliki. Ini  memang keresahan banyak orang, loh. Eits, ada cara agar kamu tetap dapat berkuliah meskipun diantara himpitan dana. Berikut ini cara alternatif pembiayaan kuliah terbaik untuk mahasiswa.

Baca juga: Apakah KIP Kuliah Bisa Untuk Jalur Mandiri? Begini Informasinya

Cara Alternatif Pembiayaan Kuliah Terbaik Untuk Mahasiswa

1. Menjadi Penerima Beasiswa

Beasiswa menjadi alternatif pertama yang bisa kamu usahakan untuk berkuliah. Biasanya beasiswa memiliki persyaratan tertentu yang harus kamu penuhi, seperti sertifikat prestasi, sertifikat bahasa, dan masih banyak lainnya. Sehingga, kamu harus mempersiapkannya dengan baik dan lengkap. 

Selain itu, Sobat Miku juga harus rajin mencari informasi beasiswa dari berbagai instansi. Tenang aja, kamu bisa mendapatkannya dengan mudah dengan mengunjungi website. Kemudian, bacalah informasi dengan detail agar tidak ada ketinggalan informasi.

2. Ikut Proyek Dosen

Bagi kamu yang sudah terlanjur menjadi mahasiswa, kamu bisa mengikuti proyek dosen sebagai alternatif pembiayaan kuliah. Pada beberapa proyek dosen, kamu tidak hanya bekerja sukarela namun akan diberikan bayaran. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan pengalaman yang sangat berarti.

Caranya gimana Miku? Mulailah dengan membangun citra yang baik di kelas, seperti  rajin datang tepat waktu, sering mengajukan pertanyaan di kelas, ajaklah dosen untuk berdiskusi, dan tawarkan bantuan kepada dosen. Dengan begitu, dosen akan percaya bahwa kamu bisa diberikan tanggung jawab.

3. Rajin Ikut Lomba

Mengikuti lomba memang bukan cara yang instan untuk menjadi alternatif pembiayaan kuliah, namun jika kamu berhasil menang, kamu akan mendapatkan hadiah dalam jumlah yang besar. 

Biasanya, perlombaan penelitian mahasiswa dalam bentuk kelompok. Sehingga, penting untuk terbentuknya kelompok yang solid dan bisa diajak kerjasama agar hasil yang didapatkan maksimal.

4. Bekerja Full Time atau Freelance

Bekerja bisa menjadi alternatif selanjutnya. Namun, untuk waktunya dapat disesuaikan dengan keadaanmu saat ini. Misalnya, kamu sudah terlanjur berkuliah reguler, maka cobalah atur waktu saat nanti mengisi Kartu Rencana Studi (KRS) dengan membuat jadwal yang memungkinkanmu bekerja paruh waktu.

Sementara, bagi kamu yang belum berkuliah, cobalah cari kampus yang membuka kelas daring atau kelas karyawan. Sehingga, kamu dapat bekerja full time tanpa perlu khawatir waktu kuliah bentrok dengan pekerjaan.

5. Berani Mulai Berwirausaha

Alternatif selanjutnya adalah berwirausaha. Kegiatan ini sering kali dilakukan bagi mahasiswa saat akan mengadakan event. Sehingga, kamu tidak perlu malu dan ragu memulai berjualan atau berwirausaha. Cobalah bangun usaha dengan modal kecil, lalu tawarkan produkmu kepada teman kelas. Setelah kamu yakin usahamu akan berkembang, tambahkan sedikit demi sedikit modal. Ingat ya, untuk memulai usaha yang terpenting adalah memulai bukan modal besar.

6. Berinvestasilah

Jika kamu sudah memiliki tabungan dari pekerjaan ataupun usaha, kamu bisa mulai berinvestasi untuk menjaga nilai uangmu. Tidak harus jumlah yang besar, namun harus dilakukan rutin. Uang yang terkumpul nantinya akan sangat berguna, misalnya sebagai dana lanjut studi.

7. Mengajukan Dana Pinjaman

Ini adalah alternatif terakhir yang harus kamu pertimbangkan resiko serta bahayanya. Sudah banyak kisah seseorang yang gali lobang tutup lobang untuk mengurangi hutang. Sehingga kalau tidak sangat terdesak lebih baik kamu jauhilah alternatif ini. 

Baca juga:  Kuliah Online, Berapa sih Biaya yang Harus Disiapkan?

Nah, itulah cara alternatif pembiayaan kuliah terbaik untuk mahasiswa dari Maukuliah. Ingat ya, Sobat Miku selama kamu berusaha, nantinya  akan ada jalan. Jadi, tetap semangat dan berjuang, ya!

 

Gambar: Canva.com

Tags tidak ada

Komentar Anda