1. Home
  2. /
  3. Info Kampus
  4. /
  5. Apa itu Cumlaude dan Summa Cumlaude? Syarat dan...
Info Kampus

Apa itu Cumlaude dan Summa Cumlaude? Syarat dan Cara Meraihnya

apa itu cumlaude
17   |   Posted by Siti Haliza   |   09 October 2023

MAUKULIAH.ID- Di dunia pendidikan tinggi, terdapat penghargaan istimewa yang diberikan kepada mahasiswa yang berhasil mencapai pencapaian akademis tertinggi. Dua penghargaan tersebut adalah Cumlaude dan Summa Cumlaude.

Dalam artikel ini, Miku akan membahas apa yang dimaksud dengan Cumlaude dan Summa Cumlaude, perbedaan, dan cara meraihnya. Penasaran? Simak di bawah ini ya.

Pengertian Cumlaude & Summa Cumlaude

Penghargaan Summa Cumlaude berasal dari bahasa Latin yang berarti “dengan pujian tertinggi.” Ini adalah salah satu penghargaan akademik tertinggi yang dapat diberikan kepada seorang mahasiswa. Untuk mencapai gelar Summa Cumlaude, seorang mahasiswa harus memiliki pencapaian akademik yang sangat luar biasa atau sempurna. 

Summa Cumlaude adalah bukti nyata dari dedikasi dan ketekunan seorang mahasiswa dalam mengejar keunggulan akademik. Ini adalah penghargaan yang langka dan hanya diberikan kepada sejumlah kecil mahasiswa yang memenuhi kriteria ketat ini. 

Sedangkan Cumlaude adalah penghargaan yang diberikan kepada mahasiswa yang mencapai tingkat keunggulan akademik yang baik. Namun, persyaratan untuk Cumlaude biasanya lebih rendah daripada Summa Cumlaude

Rata-rata IPK Cumlaude adalah 3.5 hingga 3.7, sedangkan IPK Summa Cumlaude adalah 3.75-4.00  dalam skala 4.0, tergantung persyaratan perguruan tinggi masing-masing. Cumlaude adalah bukti prestasi akademik yang baik, tetapi tidak setinggi Summa Cumlaude. Meskipun demikian, mencapai Cumlaude tetap merupakan pencapaian yang patut dibanggakan dan dapat membantu mahasiswa dalam mencari pekerjaan atau melanjutkan studi ke tingkat yang lebih tinggi.

Baca juga: Mahasiswa Baru, Simak Yuk Cara Menghitung IPK di Kampus!

Syarat Cumlaude & Summa Cumlaude

Untuk meraih predikat Cumlaude dan Summa Cumlaude hampir sama hanya berbeda pada persyaratan nilai, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi dan dijalankan selama 4 tahun yakni: 

  • Mempertahankan IPK 3.5-3.75 untuk Cumlaude, dan 3.75-4.00 untuk Summa Cumlaude
  • Tidak memiliki nilai C/D
  • Memperlihatkan pemahaman yang kuat tentang esensi dan standar akademik.
  • Mampu menyelesaikan program studi dalam kurun waktu tidak lebih dari 8 semester.

Cara Meraih Cumlaude & Summa Cumlaude

Meraih predikat Cumlaude dan Summa Cumlaude harus dipersiapkan sejak awal kuliah. Bagi kamu yang ingin mendapatkan predikat ini, berikut cara meraih Cumlaude dan Summa Cumlaude.

1. Komitmen

Untuk meraih predikat Cumlaude atau Summa Cumlaude, kamu harus menetapkan tujuan yang jelas. Sehingga dibutuhkan tekad dan komitmen yang bulat untuk mencapai prestasi akademik tertinggi ini. Jadikan tujuan tersebut sebagai sumber motivasi kamu sepanjang perjalanan akademik.

2. Pilih Program Studi dengan Bijak

Pemilihan program studi yang sesuai dengan minat dan bakat adalah langkah awal yang penting agar menjalani kuliah dengan mudah. Ketika kamu sudah minat dengan mata pelajaran yang kamu pelajari, maka kamu akan lebih termotivasi untuk belajar dan berprestasi.

3. Tetapkan Standar Tinggi

Untuk meraih Cumlaude atau Summa Cumlaude, kamu harus menetapkan standar akademik yang sangat tinggi. Ini termasuk berusaha untuk mendapatkan nilai A atau A+ dalam sebagian besar mata pelajaran. Jangan puas dengan prestasi yang hanya “cukup baik,” tetapi selalu kejar yang terbaik.

4. Kelola Waktu Dengan Bijak

Manajemen waktu yang efisien adalah kunci utama menuju kesuksesan dalam perkuliahan. Jadi, membuat jadwal yang terstruktur akan membantu kamu lebih mudah menyelesaikan tugas dan berpartisipasi dalam kegiatan kampus.

5. Tetapkan Target IPK

Untuk lebih termotivasi dalam belajar, tetapkan target IPK yang sesuai. Biasanya sih, Miku sering menetapkannya di awal perkuliahan. So, selama masa kuliah di semester itu, Miku selalu pasang kacamata kuda, biar targetnya tercapai hihi. 

Baca juga: MABA Wajib Tahu! Mengenal IP, IPK, dan Sistem Nilai di Perguruan Tinggi

Nah itu tadi penjelasan mengenai Cumlaude dan Summa Cumlaude yang jadi predikat bergengsi ketika lulus. Sobat Miku tertarik gak nih untuk mengejar predikat ini? Kalau iya, jangan lupa persiapkan sejak awal perkuliahan. Kalau Sobat Miku ingin tahu lebih banyak soal dunia kampus, jangan lupa cek artikel lainnya di maukuliah.id ya!

Komentar Anda