1. Home
  2. /
  3. Info Kampus
  4. /
  5. Informasi Lengkap POLTEKIP: Prodi, Fasilitas, Syarat & Seleksi
Info Kampus

Informasi Lengkap POLTEKIP: Prodi, Fasilitas, Syarat & Seleksi

35   |   Posted by Fadhol   |   24 June 2023

Maukuliah.id – Artikel kali ini kita akan membahas semua hal tentang POLTEKIP atau Politeknik Ilmu Permasyarakatan. POLTEKIP, merupakan sebuah perguruan tinggi kedinasan yang berada di bawah naungan Kementrian Hukum Dan Hak Asasi Manusia RI. Perguruan ini di dirikan atas dasar sebuah pertimbangan adanya kebutuhan SDM / Sumber Daya Manusia di bidang permasyarakatan yang sangat mendesak, karena dengan adanya perubahan di sistem perlakukan terhadap pelanggar Hukum di indonesia dari Sistem Kepenjaraan menjadi Sitem Pemasyarakatan.

Konsep permasyarakatan pertama kali dicetuskan oleh DR. SAHARDJO, S.H dalam orasi ilmiahnya yang berjudul : Pohon Beringin Pengayoman” telah di sampaikan pada saat beliau menerima gelar Doctor Honoris Causa dari Universitas Indonesia yang bertempat di Istana Negara tanggal 5 Juli 1963. Di dalam pidatonya menyatakan bahwa tujuan pidana penjara adalah permasyarakatan. Akademi POLTEKIP ini di dirikan sebagay kawah candradimuka kader – kader permasyarakatan di Negara Indonesia yang mempunyai tugas pokok melaksanakan pendidikan di jalur pendidikan yang profesional dan di dalam program Diploma IV yang di tujukan dengan keahlian khusus pada bidang Pemasyarakatan.

Baca juga: 8 Sekolah Kedinasan yang Lulus Langsung Jadi CPNS

Mengenal Program Studi Serta Visi Dan Misi POLTEKIP

Selanjutnya kita akan membaca mengenai ada apa saja program studi yang di tawarkan oleh POLTEKIP dan apa visi misi POLTEKIP. Berikut Informasinya :

Program Studi yang di tawarkan oleh POLTEKIP :

  • POLTEKIP mempunyai program studi ( D4 – Teknik Pemasyaraktan )
  • POLTEKIP mempunyai program studi ( D4 – Manajemen Pemasyarakatan )
  • POLTEKIP mempunyai program studi ( D4 – Bimbingan Pemasyarakatan )

Visi POLTEKIP :

POLTEKIP mempunyai visi “ mewujudkan sekolah kedinasan yang bertaraf internasional di dalam mendidi kader pemasyarakatan menjadi pemimpin yang mempunyai karakter, berkualitas dan berintegritas”

Misi POLTEKIP :

  1. Menyelenggarakan dan juga mengembangkan program pendidikan baik untuk akademik maupun profesional di dalam bidang Pemasyarakatan yang bertujuan untuk menghasilkan tenaga ahli yang berkarakter pemimpin dan juga berintegritas.
  2. Menyelenggarakan penelitian terapan di dalam bidang ulmu pengetahuan dan pemasyarakatan.
  3. Penyelenggaraan kegiatan pengabdian terhadap masyarakat di dalam bidang pemasyarakatan.
  4. Melaksanakan program pengajaran yang bertujuan untuk peningkatan kemantangan intelektual
  5. Melaksanakan program pelatihan untuk menumbuhkan dan meningkatkan kemampuan professional
  6. Melaksanakan program pengasuhan dalam rangka untuk membentuk sebuah jati diri taruna yang tanggap, tanggon, trengginas dan juga welas asih
  7. Mengembangkan program Pendidikan Bertaran Internasional.

Baca juga: 15 Politeknik Kesehatan Terbaik di Indonesia

Prospek Pekerjaan POLTEKIP Yang Harus Anda Ketahui

Seorang lulusan POLTEKIP atau AKIP ( Akademi Ilmu Pemasyarakatan ) akan di tempatkan pada unit pelaksana teknis (UPT) berikut :

  1. Pada Direktorat Jendral Pemasyarakatan
  2. Lembaga Pemasyarakatan
  3. Rumah Tahanan Negara
  4. Balai Pemasyarakatan
  5. Rumah Penyimpanan Benda Sitaan
  6. Rampasan Negara

Akan tetapi banyak data yang menunjukan bahwa lulusan POLTEKIP justru malah mempunyai kedudukan yang sangatlah strategis di Kementrian Hukum dan HAM RI. Semua hal tersebut tentunya di dasari pada SDM dan juga kompetensi serta “ Jiwa Korsa”

Fasilitas POLTEKIP Sangat Mumpuni

  • POLTEKIP mempunyai ruang kuliah yang nyaman
  • POLTEKIP mempunyai perpustakaan yang ada banyak jenis buku yang dapat anda baca
  • POLTEKIP mempunyai laboratorium
  • POLTEKIP mempunyai masjid
  • POLTEKIP mempunyai padepokan seni
  • POLTEKIP mempunyai Green House
  • POLTEKIP mempunyai koperas
  • POLTEKIP mempunyai lapangan olahraga, yang dapat anda jadikan tempat untuk olahraga.

Baca juga: 7 Jurusan di Politeknik yang Memiliki Masa Depan Gemilang

Apa Persyaratan Yang Harus Di siapkan Untuk Masuk POLTEKIP ?

Poin selanjutnya kita akan membahas mengenai persyaratan yang harus anda siapkan ketika anda ingin masuk POLTEKIP. Ada cukup banyak persyaratan yang harus anda siapkan, jadi anda bisa menyicil persyaratan ini dari jauh – jauh hari.

  1. Seorang pendaftar POLTEKIP harus merupakan Warga Negara Indonesia
  2. Seorang pendaftar POLTEKIP juga harus mempunyai jenis kelamin yang jelas Pria/Wanita
  3. Pendidikan SMA sederajat dengan minimal nilai ijazah rata – rata 7.0 “ tujuh koma nol “ dengan setidaknya nilai Bahasa Inggris paling kecil 7.0 “ tujuh koma nol “ pada rapor akhir. Khusus untuk putra daerah asli Papua dan juga Papua Barat minimal ijazahnya mempunyai rata – rata 6.0 “ enam koma nol “ dan juga dengan nilai bahasa inggris minimal 6.0 “ enam koma nol “
  4. Mempunyai usia pada saat pendaftaran serendah – rendahnya berada di usia 17 tahun dan juga tidak melebihi dari 22 tahun ( harus di buktikan dengan akte kelahira / surat keterangan lahir )
  5. Pendaftar POLTEKIP harus mempunyai tinggi badan minimal 168 cm dan mempunyai berat badan ideal ( seimbang ). Khusus untuk wanita minimal mempunyai tinggi badan 158cm dan juga mempunyai berat badan yang ideal. Pengukuran tinggi badan dan berat badan akan di lakukan pada saat verifikasi dokumen asli.
  6. Pendaftar POLTEKIP harus mempunyai kondisi kesehatan badan yang sehat, tidak cacat fisik ataupun mental. Selain itu para pendaftar POLTEKIPjuga harus bebas HIV/AIDS, terjauh dan terbebas dari narkoba, tidak memakai kacamata, soflens, tidak tuli dan tidak mempnyai buta warna.
  7. Khusus untuk para pendaftar POLTEKIP yang PRIA tidak boleh mempunyai tato atau bekas tato di bagian tubuh manapun. Akan tetapi ada pengecualian bagi yang di sebabkan akrena ketentuan agama atau adat setempat.
  8. Khusus untuk para pendaftar POLTEKIP WANITA tidak di perbolehkan mempunyai tato atau bekas tato dan bertindik atau bekas tindik di anggota badan lainya selain telinga.
  9. Para pendaftar POLTEKIP juga harus membuktikan bahwa mereka belum pernah menikah, di buktikan dengan menunjukan Surat Keterangan Dari Lurah dan sanggup tidak menikah selama menjalani masa pendidikan.
  10. Para pendaftar POLTEKIP bersedia untuk di tempatkan di Unit Pelaksana (UPT) Pemasyarakatan dan Imigrasi di seluruh Wilayah Negara Indonesia.
  11. Para pendaftar POLTEKIP juga tidak boleh pernah putus studi / Drop Out (DO) dari POLITEKNIK ILMU PEMASYARAKTAN di Akademi atau sekolah kedinasan dari pemerintah yang lainya.
  12. Bersedia mengisi dan membuat formulir pernyataan serta melengekapi surat dan keterangan lainya setelah di nyatakan di terima sebagai calon Siswa/siswi POLTEKIP.
  13. Para pendaftar juga tidak boleh dalam masa atau sedang menjalani ikatan dinas atau pekerjaan dari sebuah instansi/perusahaan lainya.
  14. Khusus untuk peserta yang beraslah dari Pegawai Negeri Sipil Kementrian Hukum dan Ham, selain harus memenuhi ketentuan dari poin 1 sampai 13 harus juga memenuhi persyaratan berikut ini :
  15. Memperoleh persetujuan untuk mengikuti ikatan dinas dengan pangkat/gol

Ruang setinggi – tingginya Pengatur Muda Tk.I/(II?b) bisa dibuktikan dengan surat pengatar dari Pejabat Pimpinan Tinggi ( Pimpinan Unit Eselon I ataupun Kepala Kantor Wilayah )

  • Umur pada saat pendaftaran maximal 25 tahun dan di buktikan dengan akte/surat keterangan lahir.
  • Tidak sedang atau dalam proses pemeriksaan hukuman disiplin tingkat sedang ataupun berat yang sudah di atur pemerintah pada Nomor 53 tahun 2010. Hal tersebut harus di buktikan dengan surat Kerja.
  • Untuk mendapatkan informasi yang lebih lanjut anda dapat mengunjungi ( sscasn.bkn.go.id atau juga catar.kemenkumham.go.id )
  • Hanya di perkenankan mendaftar di 1 program pendidikan yang sesuai dengan formasi asal mula PNS atau berada di PNS jajasaran Pemasyarakatan hanya boleh mendaftar di POLTEKIP dan untuk PNS di jajaran imigrasi hanya di perbolehkan mendaftar di POLTEKIM.

Baca juga: Mau Kuliah di Kedinasan? Ini Dia Daftar Sekolah Kedinasan yang Buka Pendaftaran

Tahapan Seleksi POLTEKIP Yang Harus Anda Ketahui

  • Pertama para pendaftar POLTEKIP harus melewati tahapan seleksi administrasi
  • Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)
  • Seleksi Lanjutan
  • Seleksi Kesheatan
  • Seleksi Kesamaptaan
  • Seleksi Tulis Pskiotes dan juga wawancara
  • Seleksi Wawancara, pengamatan fisi dan juga Ketrampilan (WMPFK)

Itulah semua informasi tentang POLTEKIP yang wajib kamu ketahui, jika ingin daftar di POLTEKIP. semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu, ya. Kalau kamu mau mencari tips lainnya bisa kunjungi maukuliah.id

 

Sumber info & gambar: 
– poltekip.ac.id
– indonesiacollege.co.id
– Patriot Muda

Tags tidak ada

Komentar Anda