1. Home
  2. /
  3. Dunia Kampus
  4. /
  5. Kursus Online Gratis Bersertifikat, Apa Saja Sih?
Dunia Kampus

Kursus Online Gratis Bersertifikat, Apa Saja Sih?

Kursus Online Gratis Bersertifikat
2198   |   Posted by Seprila Mayang   |   05 April 2023

MAUKULIAH.ID– Persaingan untuk memasuki industri kian meningkat seiring dengan ketatnya kualifikasi yang dibutuhkan. Jika kamu memiliki pengetahuan tambahan dari pelatihan bersertifikat, itu dapat membuatmu lebih berkompeten dibandingkan yang lain. Sehingga, Sobat Miku akan dinilai layak untuk menempati posisi tertentu di suatu perusahaan.

Sejak adanya pandemi, berbagai website menawarkan pelatihan yang menjamin kompetensimu meningkat. Bahkan, banyak di antaranya memberikan kursus gratis. Tentu, kesempatan ini tidak boleh kamu lewatkan. Nah, berikut ini kursus online gratis bersertifikat yang bisa kamu ikuti, meliputi:

Baca juga: 5 Tips Jitu Jika Galau Pilih Jurusan? Simak Yuk! 

Kursus Online Gratis Bersertifikat

1. RevoU

Revou merupakan salah satu kursus online yang terkenal di Indonesia. Di Revou, kamu dapat mengikuti kursus gratis serta mendapatkan sertifikat dengan mengikuti program Revou Mini Course. 

Bidang yang ditawarkan pada Revou Mini Course sangat beragam, meliputi Digital Marketing, Data Analytics, Product Management, dan Software Engineering. Selama 7 hari kamu akan berjumpa secara online dengan praktisi yang berkompeten pada bidangnya. Setelah menyelesaikan kelas, kamu akan mendapatkan sertifikat gratis. 

2. Hubspot Academy 

Hubspot adalah salah satu perusahaan pengembangan perangkat lunak dan pemasaran internet terbesar di dunia. Tidak hanya itu, hubspot juga menawarkan kursus yang dapat diakses secara online dan gratis. 

Jika kamu tertarik untuk mempelajari sales, pemasaran, dan bisnis, maka Hubspot Academy adalah pilihan yang tepat. Beberapa sub topik yang ditawarkan meliputi: Inbound marketing, Email marketing, Software, Customer service, Content marketing, Social media marketing, dan lainnya.

3. LinkedIn Learning

Sobat Miku tau Linkedin, kan? Terlepas dari fungsi situs untuk memperluas jaringan atau mencari pekerjaan, Linkedin juga memberikan fasilitas untuk belajar berbagai skill yang mendukungmu dalam membangun karir.  

Platform kursus ini menawarkan macam-macam topik yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan, seperti marketing, personal branding, bisnis, office productivity, leadership, data analysis, dan lain sebagainya. Satu kekurangan jika kamu mau menggunakan LinkedIn Learning adalah kamu hanya dapat menggunakan gratis terbatas selama 30 hari.

4. FutureLearn 

Future Learn adalah platform kursus online yang menawarkan sertifikat internasional gratis dari berbagai universitas dan organisasi kelas dunia. Di sini Anda dapat mempelajari berbagai topik mulai dari  sejarah, komputer, politik, bisnis, seni rupa, psikologi, teknik,  manajemen, hukum, sastra, media, dan lainnya. Kekurangan dari situs ini adalah tidak semua topik yang ditawarkan gratis.

5. Coursera

Coursera merupakan platform dari Amerika Serikat yang menawarkan kursus online berbayar dan gratis. Topik yang ditawarkan sangat beragam mulai dari analisis data, machine learning hingga meditasi. Kamu bisa memilih program program financial aid untuk mendapatkan kursus gratis beserta sertifikatnya. 

Baca juga: Tips Memilih Jurusan di Kampus Sesuai Bakat, Apa Saja sih?

Itulah 5 kursus gratis bersertifikat yang cocok untuk meningkatkan kemampuanmu dari maukuliah.id. Memang, tidak semua kursus gratis dan bisa diakses selamanya, namun kamu bisa memanfaatkan program trial untuk mendapatkan kompetensi yang dibutuhkan. Sehingga, kamu tetap mendapatkan keahlian dengan biaya gratis.

Ditulis oleh Shitny Dwi
Disunting oleh Seprila Mayang

Tags tidak ada

Komentar Anda