1. Home
  2. /
  3. Dunia Kampus
  4. /
  5. Apa Penyebab Gagal Masuk PTN yang Sering Ditemui?...
Dunia Kampus

Apa Penyebab Gagal Masuk PTN yang Sering Ditemui? Yuk Simak

345   |   Posted by Shitny Maukuliah   |   08 June 2023

MAUKULIAH.ID – Halo Sobat Miku, jika gagal masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terjadi pada kamu, apa yang akan kamu rasakan? Pasti banyak diantara kalian yang merasa sedih, bukan? 

Padahal, kegagalan untuk masuk PTN bisa terjadi pada siapa saja, baik itu dari sekolah unggulan maupun sekolah umum. Terdapat beberapa penyebab gagal masuk PTN yang sering ditemui, diantaranya:

Baca juga: Calon Mahasiswa Wajib Tahu! Inilah Tips Memilih Kampus melalui Jalur Mandiri

Penyebab Gagal Masuk PTN yang Sering Ditemui

  • Tidak Memiliki Jadwal Belajar yang Teratur

Jika kamu sudah punya keinginan untuk belajar, maka segeralah jadwalkan. Biasanya, jika tidak kamu jadwalkan maka akan tertunda atau dilakukan semaunya saja. Ujung-ujungnya jadi mager. Iya, kan?

  • Tidak ada motivasi

Jenuh dan hilang motivasi bisa menjadi faktor pemicu gagal masuk PTN. Memang belajar dan mempersiapkan ujian bukanlah hal yang mudah. Maka, kamu harus mengulang terus menerus niatmu untuk melanjutkan kuliah universitas negeri, ya.

  • Senang Menunda

Menunda belajar adalah perbuatan yang sangat merugikan. Pada akhirnya kamu akan tersadar bahwa waktu yang kamu miliki tinggal sebentar menjelang ujian. Lalu, apa yang kebanyakan orang lakukan? Yaps, menjejalkan otak dengan berbagai materi di menit-menit terakhir. Tentu ini tidak akan efektif, bukan?

  • Menghafal Bukan Memahami

Banyak orang yang salah paham bahwa dengan menghafal maka ia akan dapat menjawab materi yang diujikan. Padahal, lebih dari itu seseorang harus benar-benar memahami konsep untuk bisa menjawab pertanyaan. Dalam keadaan panik seseorang cenderung hanya mengingat sesuatu yang ia pahami bukan yang dihafalkan.

  • Salah Memilih Teman

Teman yang baik akan membawa kepada keberhasilan, sebaliknya teman yang buruk akan membawa kepada jurang kehancuran. Untuk itu, kamu harus cerdas dalam memilih teman. Pilihlah teman yang sama-sama memiliki tujuan untuk berkuliah di PTN, sehingga kalian bisa belajar bersama dan saling memotivasi untuk mencapai impian masing-masing.

  • Tidak Percaya Diri 

Jangan pesimis jika kamu bukan berasal dari sekolah favorit, orang tua yang kaya raya atau jika kamu tidak bisa ikut bimbel yang mahal. Kamu harus percaya diri dan mencoba. Percayalah kamu juga punya kesempatan untuk berusaha.

  • Masalah Pribadi

Masalah pribadi seperti masalah kesehatan mental, kesulitan keuangan, atau masalah keluarga juga bisa berperan dalam kegagalan seseorang masuk perguruan tinggi. Sadari sedini mungkin permasalahan apa yang sedang kamu hadapi. Bila perlu segera minta pertolongan kepada ahli. Ingat ya! Tidak ada yang bisa menolong kamu jika kamu tidak meminta pertolongan.

Itulah beberapa faktor penyebab gagal masuk PTN yang sering ditemui dari maukuliah.id . Namun, penting untuk diingat bahwa setiap orang memiliki pengalaman dan tantangan yang unik, serta mungkin ada banyak alasan lainnya mengapa seseorang gagal di perguruan tinggi. 

Baca juga:  Apakah KIP Kuliah Bisa Untuk Jalur Mandiri? Begini Informasinya

Terus Kalau Gagal Masuk PTN, Gimana  Dong?

Eits tenang, Miku punya tips untukmu kalau gagal masuk PTN. Sobat Miku bisa menemukan kampus yang sesuai di maukuliah.id, mulai dari akademik, institut, sekolah tinggi, dan universitas semuanya ada. Tinggal pilih dan sesuaikan dengan minatmu, deh. Caranya juga mudah seperti kamu berselancar di media sosial.

Nah kalau  untuk menentukan jurusan, maukuliah.id juga menyediakan tes potensi diri (tes minat dan bakat) yang bisa kamu coba. Yuk langsung kunjungi maukuliah.id/riasec-home. Dari hasil tersebut kamu bisa memilih jurusan tanpa ragu, deh. Selamat mencoba!

 

Gambar: Canva.com

Tags tidak ada

Komentar Anda