1. Home
  2. /
  3. Info Kampus
  4. /
  5. 10 Universitas Terbaik di Jawa Versi QS AUR...
Info Kampus

10 Universitas Terbaik di Jawa Versi QS AUR 2023

Universitas terbaik di Jawa
20   |   Posted by Siti Haliza   |   09 October 2023

10 Universitas Terbaik di Jawa Versi QS AUR 2023

MAUKULIAH.COM – Halo Sobat Miku, siapa nih di sini yang sedang mencari perguruan tinggi terbaik di Jawa? Kalau iya, pas banget nih. Kali ini kita akan bahas universitas terbaik di Jawa versi Quacquarelli Symonds Asia University Ranking (QS AUR) 2023.

QS AUR adalah salah satu lembaga pemeringkatan universitas internasional. Berdasarkan data dari Top Universities, indikator penilaian dari QS AUR terhadap suatu universitas yakni reputasi akademik (30%), reputasi employer (20%), faculty/student ratio (10%), jejaring riset internasional (10%), citation per paper (10%), paper per faculty (5%), dan staf dengan gelar PhD (5%).

Berikut adalah 10 universitas terbaik di Jawa versi QS AUR tahun 2023 yang dapat menjadi referensi Sobat Miku.Check it out!

Universitas Terbaik di Jawa Versi QS AUR 2023

1. Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia (UI) merupakan salah satu kampus terbaik yang terletak di Depok. Kampus ini memiliki berbagai prestasi di berbagai bidang seperti riset dan pengembangan pengetahuan. Jadi, gak heran kalau UI dinobatkan sebagai kampus terbaik di Indonesia pada posisi pertama. 

Ranking Asia: 49
Total skor: 62,2

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Ada yang mencari kampus di kota pendidikan alias Yogyakarta? Pasti kamu sudah gak asing kan dengan Universitas Gadjah Mada (UGM). Kampus ini terkenal sebagai kampus kerakyatan ini memiliki segudang prestasi. Penerapan pembelajaran di kampus ini akan berpegang teguh pada etika, integritas, dan profesionalisme. 

Ranking Asia: 56
Total skor: 57,4

3. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Institut Teknologi Bandung (ITB) memiliki potensi besar untuk menjadi salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia. Keunggulannya terletak pada reputasi akademik yang sangat baik, pencapaian yang luar biasa dalam penelitian dan inovasi, serta kemitraan yang erat dengan sektor industri.

Ranking Asia: 63
Total skor: 54,8

Baca juga: Universitas Terbaik di Indonesia Versi THE WUR 2023

4. Universitas Airlangga (Unair)

Kampus terbaik di posisi empat adalah Universitas Airlangga (UNAIR). Kampus yang terletak di Surabaya ini tengah gencar-gencarnya melakukan peningkatan kualitas pendidikan. UNAIR mendorong dosen dan mahasiswa untuk terus melakukan penelitian dan meningkatkan reputasi di bidang pengetahuan. Gimana nih Sobat Miku, apakah tertarik dengan kampus ini?

Ranking Asia: 18
Total skor: 47,5

5. Institut Pertanian Bogor (IPB)

Ada yang tertarik dengan bidang pertanian? Mungkin bisa menggali tentang Institut Pertanian Bogor (IPB) Kampus ini terkenal sebagai lembaga pendidikan pertanian dan menempati kampus terbaik di Indonesia pada posisi lima. Keberhasilan ini dapat ditarik dari kontribusi IPB dalam membangun reputasi akademik yang baik, meningkatkan penelitian, dan mengembangkan jaringan riset internasional.

Ranking Asia: 112
Total skor: 40,6

6. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

ITS berhasil mencapai peringkat keenam terbaik di Jawa. ITS terus berkomitmen untuk meningkatkan peringkatnya dengan mengadopsi berbagai strategi, termasuk penambahan staf internasional, kolaborasi internasional dalam penulisan bersama, dan pengembangan riset.

Ranking Asia: 146
Total skor: 33,1

7.Universitas Padjajaran (UNPAD)

Universitas Padjajaran (UNPAD) adalah salah satu kampus yang terletak di kota Bandung. Kampus ini memiliki 17 fakultas yang terdiri dari berbagai jurusan. Prestasi UNPAD di berbagai bidang riset pengetahuan tidak perlu diragukan lagi, gak heran kampus ini memiliki banyak peminat dan seleksi yang cukup ketat. 

Ranking Asia: =191
Total skor: 27,8

8. Universitas Diponegoro (Undip)

Universitas Diponegoro adalah salah satu universitas terbaik di posisi delapan di Jawa. Kampus ini memiliki prestasi nasional dan internasional yang begitu banyak. Gak heran banyak banget calon mahasiswa yang mengincar kampus ini sebagai kampus pilihan pertama.

Ranking Asia: =200
Total skor: 26,8

9. Universitas Brawijaya (UB)

Universitas Brawijaya (UB) terkenal sebagai kampus dengan jumlah pendaftar terbanyak. Saat ini, UB memiliki 79 jurusan yang terbagi menjadi 50 jurusan Saintek dan 29 jurusan Soshum. Reputasi dan segudang prestasi di kancah nasional dan internasional menjadikan UB sebagai kampus terbaik di Jawa. 

Ranking Asia: 225
Total skor: 24,2

10. Universitas Bina Nusantara (Binus)

Universitas Bina Nusantara (BINUS) adalah satu-satunya PTS yang masuk dalam daftar kampus terbaik di Jawa. Kampus ini terkenal dengan julukan pencetak Founder StartUp Unggulan di Indonesia. BINUS menjadikan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai landasan dari pembelajarannya, jadi ga heran lulusan dari BINUS biasanya memiliki skill yang sangat kompeten. 

Ranking Asia: 238
Total skor: 22,9

Baca juga: 10 Universitas Terbaik di Surabaya dengan Akreditasi A Terbaru

Nah itu tadi informasi lengkap universitas terbaik di Jawa versi THE AUR. Gimana nih Sobat Miku, apakah salah satu kampus di atas ada yang menjadi incaran kamu? Kalau kamu masih penasaran dengan informasi dan berita tentang dunia kampus, jangan lupa cek artikel menarik lainnya di maukuliah.id. ya!

Tags tidak ada

Komentar Anda