1. Home
  2. /
  3. Featured
  4. /
  5. 10 Bahasa Pemrograman Paling Populer untuk Dipelajari 2023
Featured

10 Bahasa Pemrograman Paling Populer untuk Dipelajari 2023

651   |   Posted by Shitny Maukuliah   |   19 May 2023

MAUKULIAH.ID – Pendirian perusahaan teknologi dan startup di Indonesia saat ini terus meningkat, otomatis kebutuhan tenaga profesional pun meningkat. Itu dapat dilihat dari banyaknya lowongan yang mencari ahli web dan software development.

Kesempatan besar ini tidak mungkin dilewatkan. Tidak diragukan lagi, banyak mahasiswa yang tertarik pada bidang ini karena gaji yang menjanjikan. Kamu juga salah satunya, kan?

Langkah awal yang dapat dilakukan untuk menjadi programmer yaitu dengan menguasai bahasa pemrograman. Ini menjadi salah satu keterampilan yang wajib kamu miliki. 

Nah, kali ini, Miku akan berbagi informasi seputar 10 bahasa pemrograman paling populer untuk dipelajari 2023 menurut berbagai sumber, termasuk survei dan analisis industri, popularitas penggunaan di platform dan situs web pengembangan, permintaan pasar, serta tren dan penggunaan dalam industri perangkat lunak. 

Sumber ini termasuk dari organisasi dan situs web seperti TIOBE Index, Redmonk, Stack Overflow, GitHub, dan JetBrains yang mengumpulkan data dan menyajikan rangking popularitas bahasa pemrograman. Peringkat bahasa pemrograman juga dapat berubah seiring waktu karena faktor-faktor ini.

Baca juga: Suka Perkembangan Teknologi? Ini Dia 10 Jurusan yang Cocok untuk Pecinta Teknologi

10 Bahasa Pemrograman Paling Populer untuk Dipelajari

1.PHP 

PHP atau Hypertext Preprocessor merupakan bahasa pemrograman yang mudah dipelajari. Bahasa pemrograman tersebut dapat digunakan diberbagai platform seperti WordPress dan Drupal. Selain itu, PHP menyediakan kerangka kerja yang sangat baik untuk mengembangkan situs web ataupun aplikasi.

2. C++

C++ adalah bahasa pengkodean multiparadigma yang mendukung pemrograman OOP, generik, dan imperatif. C++ digunakan untuk membuat program yang membutuhkan kinerja yang tinggi dan memori yang rendah. C++ sangat diminati akhir-akhir ini karena menjadi salah satu bahasa pemrograman yang rumit untuk dipelajari.  

3. Kotlin
Kotlin dikembangkan oleh JetBrains yang dirilis pada Juli 2011. Bahasa pemrograman ini dirancang open source. Kotlin dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi Android,t aplikasi berbasis web dan aplikasi iOS. 

4. Python

Python adalah bahasa pemrograman back-end yang cocok untuk mereka yang baru memulai karier. Sintaksnya yang sederhana menjadi alasan mengapa bahasa pemrograman ini begitu populer bagi para programmer. Kamu juga dapat  membangun libraries dengan mudah.

5. JavaScript 

Kalau kamu bertanya “bahasa pemrograman mana yang sering digunakan?”, JavaScript adalah jawabannya. Dengan bahasa pemrograman ini memungkinkan kamu menambahkan elemen di landing page secara dinamis. Jadi, jika kamu sedang mengembangkan web aplikasi, bahasa pemrograman ini bisa menjadi pilihan.

6. Java

Java lebih banyak digunakan bagi programmer yang sedang mengembangkan aplikasi Android, game dan juga aplikasi di desktop.  Tidak hanya software engineering, bahkan data science juga menggunakan bahasa pemrograman ini. Java menjadi salah satu bahasa pemrograman yang memiliki keamanan yang kuat.

7. TypeScript

TypeScript dirancang untuk membuat pengembangan aplikasi web menjadi lebih mudah. Dengan bahasa pemrograman ini dapat memungkinkan para pengembang membuat solusi yang lebih besar.

8.Golang

Golang atau yang dikenal juga sebagai Go adalah bahasa pemrograman open-source yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi web dan aplikasi yang membutuhkan kinerja yang tinggi. Meskipun relatif baru, Go adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling populer.

9. Ruby
Tidak kalah dari bahasa pemrograman sebelumnya. Ruby menjadi slaah satu bahasa pemrograman yang populer. Ruby digunakan untuk mengembangkan situs web dan aplikasi web. 

Framework Ruby on Rails (RoR) menawarkan beberapa keuntungan, seperti keamanan yang lebih baik, maintenance yang lebih sedikit, dan kompatibilitas untuk pengembangan penuh.

10. Swift
Swift menjadi salah satu pemrograman terbaru di industri teknologi. Pemrograman ini digunakan untuk Swift mengembangkan aplikasi iOS. Banyak Pengembang beralih ke Swift karena memiliki fitur-fitur canggih.

Baca juga: 8 Skill Teknologi yang Banyak Dicari Perusahaan

Itulah 10 bahasa pemrograman paling populer untuk dipelajari 2023. Dengan mempelajari bahasa pemrograman akan memberimu banyak keuntungan. Kamu jadi lebih saja fungsi tertentu dan kapan dapat digunakan serta manfaat lainnya.

Bahkan, skill ini juga bisa diterapkan di dunia kerja. Apalagi, perkembangan bahasa pemrograman yang semakin meningkat. Tentu, akan sangat bermanfaat saat kelak kamu berkarier. 

Semoga informasi kali ini bermanfaat, ya. Jangan lupa kunjungi maukuliah.id untuk informasi lainnya.

 

Gambar: Paxels.com

Tags tidak ada

Komentar Anda