1. Home
  2. /
  3. Info Jurusan
  4. /
  5. Jurusan Pariwisata: Prospek & Mata Kuliah
Info Jurusan

Jurusan Pariwisata: Prospek & Mata Kuliah

18   |   Posted by Siti Haliza   |   20 October 2023

MAUKULIAH.ID – Hai Sobat Miku! Adakah di sini yang sedang mencari informasi mengenai jurusan pariwisata? Wah, pas banget nih, kali ini Miku mau bahas jurusan pariwisata. Biar kamu makin tahu soal jurusan ini, yuk kita bahas sampai tuntas mulai dari mata kuliah hingga prospeknya di masa depan. Penasaran? Check this out!

Jurusan Pariwisata di Perguruan Tinggi

Studi pariwisata adalah program akademik yang mengkaji berbagai aspek dalam industri pariwisata, termasuk manajemen, industri, strategi, dan layanan hospitality. Ilmu pariwisata mencakup sejumlah disiplin ilmu lainnya seperti ekonomi, aspek sosial, budaya, dan sejarah. 

Mahasiswa dalam jurusan ini juga akan mempelajari prinsip-prinsip pengelolaan serta operasional bisnis pariwisata. Selain itu, mereka akan mendapatkan pengetahuan tentang jenis-jenis pariwisata, seperti wisata alam, wisata budaya, dan wisata kuliner.

Baca juga: Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial, Mata Kuliah dan Prospek Kerjanya

Mata Kuliah Jurusan Pariwisata

Mata kuliah di Jurusan Pariwisata

Perencanaan Operasi Perjalanan Wisata Public Relation Bahasa Asing (Bahasa Korea, Mandarin, Jepang, Prancis, Belanda)
Ekonomi Pariwisata Pengantar Ilmu Pariwisata Hukum Pariwisata
Psikologi Jasa Kepurbakalaan Indonesia Kepabeanan Cukai
Dasar-dasar Ilmu Budaya Ekonomi Pariwisata Globalisasi dan Dampak Terhadap Pariwisata
Teknik Pemanduan Wisata Tarif Dokumen Pasasi Geografi Pariwisata Internasional

Statistik Pariwisata

Sobat Miku mungkin bertanya-tanya apa saja yang dipelajari di jurusan ini. Apa yang diajarkan di program studi ini? Mahasiswa pariwisata akan mengikuti beragam mata kuliah, termasuk mempelajari Perencanaan Operasi Perjalanan Wisata, Bahasa Asing (Korea, Prancis, dan Belanda), Public Relation, hingga Hukum Pariwisata,

Ketika awal semester, kemungkinan besar akan diajarkan materi dasar atau pengantar Ilmu Pariwisata. Selanjutnya, akan ada mata kuliah Ekonomi Pariwisata yang membahas potensi keberlanjutan objek wisata dari suatu wilayah. Ini bisa melibatkan kekayaan alam, kerajinan tangan, atau situs warisan budaya.

Selain itu, dalam program studi ini, mahasiswa akan mempelajari bahasa asing seperti Mandarin, Jepang, Inggris, Korea, Belanda bahkan Prancis. Juga akan ada mata kuliah Public Relations untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dengan berbagai orang. Bagi yang tertarik menjadi pemandu wisata, terdapat mata kuliah Teknik Pemanduan Wisata.

Ketika mahasiswa sudah menguasai materi dasar maka akan diberikan tugas praktek seperti perjalanan lapangan. Di tahap ini,biasanya mahasiswa bisa merencanakan perjalanan ke berbagai provinsi di Indonesia. Praktek ini bisa mencakup pembelajaran tentang perjalanan wisata, ticketing, pemanduan, dan lainnya.

Namun, jangan menganggap enteng. Beberapa mata kuliah dalam program Pariwisata bisa cukup menantang. Salah satunya adalah Tarif Dokumen Pasasi, yang melibatkan aspek-aspek khusus dalam transportasi, seperti jenis paspor, dan IATA yang merupakan kode tiga huruf untuk bandara di seluruh dunia. Berikut adalah contohnya.

Kode IATA

Kode IATA

kode IATA

Prospek Jurusan Pariwisata

Selain terkenal asik, jurusan Pariwisata memiliki prospek tinggi di masa depan, antara lain:

1. Kementerian Pariwisata

Jika Sobat Miku tertarik untuk berkarir di sektor publik, bekerja di Kementerian Pariwisata juga merupakan pilihan menarik. Kamu akan bekerja untuk membantu mempromosikan pariwisata di negara kita dan mendukung pertumbuhan sektor pariwisata. 

2. Manajer Hotel

Untuk menjadi manajer hotel, biasanya diperlukan gelar sarjana di bidang manajemen perhotelan atau bisnis. Tanggung jawab utamanya melibatkan memastikan kenyamanan tamu selama menginap, mengawasi staf hotel, mengelola anggaran, dan meningkatkan profitabilitas bisnis. 

3. Bisnis Tour & Travel

Bekerja di bidang ini, biasanya dibutuhkan gelar sarjana dalam bidang pariwisata, manajemen bisnis, atau perhotelan.Sebagai seorang profesional di sektor ini, Sobat Miku akan membantu mengelola kegiatan harian, memenuhi kebutuhan pelanggan, dan mempromosikan paket wisata yang ditawarkan. 

4. Konsultan F&B (Makanan dan Minuman)

Menjadi seorang konsultan F&B, biasanya dibutuhkan gelar sarjana di bidang manajemen perhotelan atau kuliner. Di pekerjaan ini Sobat Miku akan membantu pemilik restoran dan kafe untuk meningkatkan operasi mereka dan menghasilkan keuntungan yang lebih besar. 

5. Industri Penerbangan/Kapal Pesiar

Bagi Sobat Miku yang minat untuk bekerja di industri ini, biasanya diperlukan pelatihan khusus dan sertifikasi. Kamu bisa memilih karir sebagai staf di industri penerbangan atau kapal pesiar. Sebagai seorang pekerja di industri ini, Sobat Miku akan bertanggung jawab untuk memberikan layanan terbaik kepada pelanggan. 

6. Blogger Travelling

Apakah Sobat Miku ada yang hobi menulis dan travelling? Maka industri ini pas banget untuk kamu jalani. Sebagai seorang blogger, Sobat Miku memiliki tugas untuk mempromosikan destinasi pariwisata dan memberikan tips serta saran kepada para pelancong.

Baca juga: 5 Jurusan dengan Peluang Lolos SNBP 2023

Nah itu tadi penjelasan lengkap mengenai jurusan pariwisata. Hm… lumayan menarik banget ya jurusan ini. Gak disangka ya, ternyata jurusan pariwisata  memiliki prospek kerja di berbagai bidang. 

Jadi gimana nih, apakah Sobat Miku tertarik dengan jurusan ini? Kalau masih mau kepoin berbagai jurusan lainnya, Sobat Miku bisa cek di maukuliah.id ya!

Tags tidak ada

Komentar Anda